Comscore Tracker

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaan

Sekalian bisa meningkatkan kepopuleran makanan lokal!

Perayaan ulang tahun biasanya identik dengan hidangan kue atau cake yang dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan tampilan yang unik-unik. Tapi kini, sudah tidak zaman lagi kalau merayakan ulang tahun hanya berpatokan dengan hidangan cake itu-itu saja.

Kamu bisa mengkreasikannya dengan hidangan kuliner nusantara juga, lho. Bisa, dong, seperti contohnya tumpeng. Namun, kamu bisa menggantinya dengan makanan nusantara lainnya, yaitu sebagai berikut.

1. Kue klepon

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaankue klepon (Instagram.com/puddingsichantiek)

Kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah populer di mana-mana. Kue yang terbuat dari tepung beras ketan yang di tengahnya diisi campuran gula merah ini sangat disukai oleh berbagai kalangan sehingga cocok untuk camilan yang menyenangkan.

Tak hanya itu, klepon yang memiliki rasa manis itu juga bisa, lho, dijadikan sebagai hidangan perayaan. Kamu bisa buat dengan ragam kreasi yang berbeda.

2. Nasi tutug oncom

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaannasi tutug oncom (Instagram.com/kulinercirebon)

Nasi tutug oncom merupakan kuliner nusantara khas Sunda. Sajian tersebut identik dengan nasinya yang beraroma khas banget, karena memakai beberapa bumbu rempah khas.

Karena nasi tutug oncom ini diolah dengan cara diaduk bersama bawang putih, kencur, cabai, dan oncom hitam, rasanya jadi benar-benar mantap. Karena itu, nasi tutug oncom bisa juga, lho, dibuat sebagai makanan perayaan yang spesial.

3. Bandros

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaanbandros (Instagram.com/infocimahi.co)

Bandros adalah jajanan kuliner dari Jawa Barat, tepatnya dari kota Bandung. Hidangan ini dibuat dengan campuran kelapa parut, tepung beras, dan santan. Rasanya makin mantap jika disantap bersama pelengkap sausnya.

Selain itu, bandros juga bisa dibuat dengan rasa manis. Biasanya ditaburi dengan gula pasir. Kuliner bandros ini sangat enak dinikmati dengan segelas teh atau secangkir kopi. Selain itu, kuliner bandros pun masih lezat jika dibuat sebagai hidangan perayaan spesial.

4. Ayam nusantara

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaankuliner ayam (Instagram.com/kuesabine_bytutiputu)

Negara Indonesia memiliki keberagaman kuliner yang nagih banget, seperti halnya kuliner ayam. Kita juga memiliki kuliner ayam dengan berbagai macam olahannya selain ayam goreng. 

Misalnya hidangan ayam tuturuga yang berasal dari Manado, lawar ayam khas Bali, ayam nasu palekko khas Makassar, atau ayam kesrut khas Banyuwangi. Nah, dengan keberagaman itulah kamu bisa mencoba untuk membuatnya menjadi hidangan yang lezat untuk perayaan.

5. Serabi

Selain Tumpeng, 5 Kuliner Lokal Ini Wajib Coba buat Hidangan Perayaanserabi (Instagram.com/dapuromapadang)

Serabi sangat terkenal dengan rasanya yang enak banget. Dan juga serabi memiliki dua macam rasa yang bisa kita nikmati, yaitu bisa asin maupun manis. Serabi dengan rasa asin memakai topping bumbu oncom serta dilengkapi saus, sedangkan rasa manisnya memakai kuah gula merah yang nikmat.

Kini, serabi sudah bisa dinikmati dengan berbagai macam varian rasa, lho. Misalnya memakai topping durian, cokelat, atau ayam. Hidangan serabi pun sangat cocok dijadikan makanan perayaan yang unik.

Nah, gimana menurutmu? Menjadikan kuliner nusantara sebagai perayaan hari raya spesial perlu dicoba sesekali. Sekalian kamu bisa mendukung makanan-makanan lokal agar bisa ditingkatkan lagi kepopulerannya. Jadi, coba buat hidangan ulang tahun yang unik dan kaya cita rasa nusantara, yuk.

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learn and learn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya