Comscore Tracker

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan Hidanganmu

Gak semuanya berwarna hijau

Pesto merupakan salah satu saus tradisional yang berasal dari Italia, tepatnya dari kota Genova, Liguria, Italia Utara. Dengan rasa yang lezat, saus ini tak hanya cocok dikombinasikan dengan pasta dan bruschetta saja, lho.

Dilansir MasterClass, bahan utama saus pesto asli terdiri dari daun basil segar, minyak zaitun, kacang pinus, dan juga keju. Perpaduan bahan tersebut kemudian akan menghasilkan saus kental berwarna hijau dengan aroma herbal yang khas.

Seiring berjalannya waktu, pesto mulai mengalami perkembangan dan berbagai modifikasi, sehingga kini jenisnya jadi lebih beragam.

Berikut 5 jenis Italian pesto yang bisamenambah kelezatan hidangan. Apa saja?

1. Pesto alla genovese atau classic basil pesto

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan Hidanganmuilustrasi classic basil pesto (freepik.com/valeria_aksakova)

Pesto genovese adalah jenis pesto tradisional seperti yang telah disinggung sebelumnya. Pesto ini merupakan jenis yang paling dikenal banyak orang di seluruh dunia.

Warnanya yang hijau sangat merepresentasikan rasa dan aroma khas daun basil genovese yang digunakan. Biasanya, keju yang digunakan untuk membuat saus ini adalah jenis parmesan dengan tambahan garam, bawang putih, serta kacang pinus yang telah dipanggang. Selain itu, minyak zaitun juga menjadi komponen penting dalam pembuatan pesto jenis ini.

2. Pesto modenese

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan HidanganmuCrescentine tigelle dengan isian saus pesto. (cannamela.it)

Berbeda dengan pesto genovese, pesto modenese menggunakan lardo atau lemak dari perut babi sebagai pengganti minyak zaitun. Bahan lain yang digunakan juga cukup berbeda, diantaranya adalah keju parmigiano reggiano, bawang putih, rosemary, dan juga thyme.

Dilansir Cooks Info, cita rasa yang creamy dari pesto modenese biasa dipadukan dengan roti. Selain itu, bisa juga dijadikan isian tigelle crescentine dan borlenghi atau sebagai topping di atas piadina.

Baca Juga: Resep Pesto Risotto, Sajian Khas Italia yang Lembut dan Lezat!

3. Pesto alla trapanese atau sicilian pesto

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan Hidanganmusicilian Pesto (tuttofabrodoincucina.it)

Pesto alla trapanese berasal dari Provinsi Trapani, Italia dan dikenal juga dengan nama sicilian pesto. Penggunaan kacang almon sebagai pengganti kacang pinus, serta tambahan tomat segar, membuat pesto jenis ini memiliki rasa yang lebih ringan daripada jenis pesto lainnya.

Tomat yang biasa digunakan untuk membuat pesto ini adalah tomat ceri. Sedangkan bahan lain yang biasa ditambahkan, yaitu cabai merah yang telah dikeringkan.

4. Pesto agli agrumi atau citrus pesto

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan Hidanganmuilustrasi citrus pesto (laspeziale.it)

Seperti namanya, saus pesto ini dibuat dengan campuran kulit jeruk dan perasan lemon. Rasa saus yang segar sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan laut.

Pada dasarnya, bahan pembuatan pesto agli agrumi ini sama dengan classic pesto. Hanya saja penggunaan kacang pinus diganti dengan kacang almon yang telah dipanggang.

5. Pesto rosso atau red pesto

5 Jenis Italian Pesto yang Bisa Menambah Kelezatan Hidanganmupasta dengan pesto rosso (eatliveescape.com)

Saus yang satu ini sebenarnya memiliki berbagai macam variasi. Namun, secara umum pesto ini dibuat dengan kombinasi paprika panggang, tomat dan almon yang dikeringkan, rosemary, bawang putih, keju parmesan, dan minyak zaitun.

Penggunaan paprika panggang dalam pesto rosso membuat rasa saus ini jadi lebih kaya.

Itulah 5 jenis Italian pesto yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif saus untuk menambah kelezatan hidangan. Jangan ragu untuk mencobanya, ya!

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Lezat Berbahan Pesto, Saus Khas Penambah Cita Rasa!

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya