Comscore Tracker

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halaman

Anak rantau pasti kangen pengen pulang

Jika sudah membahas kampung halaman, yang pertama kali muncul di benak adalah momen berkumpul dengan keluarga. Suasana yang hangat, dan nyaman terasa begitu syahdu meskipun hidup dan makan seadanya buatan ibu. Menu sederhana buatan ibu memang selalu bikin rindu, ya.

Ya, masakan apa pun buatan ibu akan selalu menjadi spesial karena kebersamaan itulah yang membuat suasana makin lengkap. Meskipun lauk tahu, tempe, dan sambal pun akan tetap terasa nikmat. Berikut menu-menu sederhana buatan ibu yang akan membuatmu bernostalgia, dan selalu bikin rindu untuk pulang ke kampung halaman. Yuk, simak!

1. Tempe penyet sambal kemangi

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamantempe penyet kemangi (instagram.com/ibuchef_indo)

Menu pertama tidak jauh dari bahan wajib olahan kedelai, yaitu tempe. Tiada hari tanpa tempe dan tahu goreng, rasanya sampai bosan, ya? Namun, ibu biasanya akan menambahkan sambal dan membuat tempe penyet sambal kemangi sebagai lauk makan siang dengan sepiring nasi panas.

Ya, hanya satu lauk saja dijamin anak-anaknya sudah pasti lahap dan ngabisin nasi. Sampai hari ini, tempe penyet sambal kemangi buatan ibu memang belum ada tandingannya.

2. Bening kelor pepes ikan

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamanbening kelor pepes ikan (instagram.com/makanenak.banyuwangi)

Siang-siang yang panas, ibu membuatkan bening kelor dengan jagung muda didalamnya memang paling the best. Segar bening kelor makin lengkap dengan pedas dan nikmat pepes ikan sebagai lauknya.

Aroma pepes ikan yang dibungkus dengan daun pisang, membuat menu satu ini sangat dirindukan bagi kebanyakan anak rantau. Kalaupun ada yang menjualnya di warteg, dijamin tidak ada yang lebih enak selain buatan ibu, ya.

3. Lodeh nangka muda

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamanlodeh nangka muda (instagram.com/dhinilarasati)

Menu ketiga ini tidak kalah dirindukan, yaitu lodeh nangka muda. Ya, ibu biasanya masak lodeh nangka muda ini dalam porsi besar untuk seluruh anggota keluarga. Lodeh nangka muda buatan ibu, biasanya akan dipanaskan beberapa hari atau biasa disebut blendrang.

Menurut Kamus Jawa Indonesia, Blendrang adalah sisa masakan bersantan yang sudah dipanaskan berkali-kali. Herannya, semakin lama dipanaskan akan semakin nikmat rasannya. Biasanya blendrang ini didampingi tempe, tahu goreng atau dadar jagung sebagai pelengkap. 

4. Lontong sayur

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamanlontong sayur rumahan (instagram.com/norita_foods)

Menu keempat selanjutnya adalah lontong sayur buatan ibu. Biasanya ibu akan membuat lontong sayur ketika ada pengajian dirumah, atau teman opor ayam ketika lebaran tiba. 

Mungkin kamu bisa dengan mudah menemukan lontong sayur, ya. Namun percayalah, lontong sayur buatan ibu akan jauh lebih nikmat rasanya daripada beli di luar. Setuju?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa ala Kampung, Obat Rindu Keluarga

5. Nasi goreng terasi

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamannasi goreng terasi (instagram.com/triyani_tn)

Menu kelima ini sepertinya sudah identik dengan ibu, ya. Ketika malam-malam tidak ada lauk, dan hanya ada nasi di rice cooker. Ibu akan membuatkan nasi goreng terasi, dengan sisa sayuran di kulkas, orek telur, potongan mentimun dan kerupuk sebagai pelengkap.

Tidak jarang pula, ibu membuatkan kita nasi goreng terasi ini sebagai menu sarapan hingga bekal kita. Meski kadang bisa bikin ngantuk, namun nasi goreng buatan ibu akan selalu membuat kita kangen pulang. 

6. Sop ikan

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamansop ikan (instagram.com/asyiknyamemasak)

Menu selanjutnya tidak kalah bikin kangen adalah sop ikan. Dulu waktu kecil, ketika anak-anaknya sedang kurang enak badan, ibu pasti membuatkan masakan berkuah. Salah satunya adalah sop ikan yang hangat.

Disantap dengan sepiring nasi panas, yang awalnya tidak nafsu makan dijamin lahap makannya. Sop ikan yang hangat makin nikmat dengan cinta sang ibu membuat sensasi makan bangkit dan badan menjadi bugar kembali. Siapa yang rindu ibu?

7. Rendang daging

7 Menu Sederhana Buatan Ibu yang Selalu Bikin Rindu Kampung Halamanrendang daging (instagram.com/gertrudewan)

Menu terakhir ini tidak kalah dirindukan untuk pulang ke kampung halaman, adalah rendang. Rendang buatan ibu, selalu ditunggu-tunggu untuk dinikmati saat momen lebaran selain opor ayam.

Bahkan ibu selalu menyiapkan menu ini saat anak-anaknya pulang, dan membawakan sisanya untuk dibawa berangkat anaknya. Wah, jadi inget ibu kan? Apakah kamu ada rencana pulang kampung dalam waktu dekat ini? Jangan lupa selalu ngasih kabar ke ibu ya.

Baca Juga: Resep Gulai Talang, Enaknya Bikin Rindu Kampung Halaman

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya