Comscore Tracker

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!

Sebelum olahraga, nyamil ini dulu saja biar sehat

Energi sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi energi bukan hanya berasal dari daging, ikan, dan telur saja. Energi juga bisa berasal dari buah-buahan yang sehat. Berikut adalah delapan buah yang memiliki energi tinggi dan cocok banget dibuat sarapan.

1. Buah Salak

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!pixabay.com/Reisefreiheit_eu

Buah salak memiliki ciri khas yaitu kulit buahnya bersisik. Buah yang dalam bahasa inggris dikenal dengan snake fruit ini memiliki banyak manfaat. Antara lain mencegah dan mengobati kanker prostat, diare, dan menjaga kesehatan mata. Buah salak juga mengandung energi, yaitu setiap 100 gramnya terdapat 77 kalori.

2. Buah Rambutan

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!itsmontse.com

Buah rambutan memiliki ciri khas kuliat luarnya memiliki bagian seperti rambut. Buah rambutan matang dan rasanya manis apabila kulit luarnya berwarna merah. Buah rambutan mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan lainnya. Energi yang terkandung dalam 100 gram buah rambutan sebesar 82 kalori.

3. Buah Sawo

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!pixabay.com/damrithep

Buah sawo merupakan buah tropis yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah sawo memiliki rasa yang manis pada saat matang. Buah sawo berkhasiat dapat menyehatkan tulang dan gigi. Kandungan energi pada 100 gram buah sawo sebesar 92 kalori.

4. Buah Apokat

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!pixabay.com/coyot

Buah apokat sangat lezat jika dijadikan jus ditambah dengan susu kental coklat. Buah apokat banyak sekali manfaatnya, di antaranya meningkatkan kesehatan mata, menangkal radikal bebas, menyehatkan jantung, dan lainnya. Kandungan energi buah apokat di setiap 100 gramnya sebesar 93 kalori.

Baca Juga: 6 Buah yang Bisa Mengatasi Kolesterol Usai Makan Daging

5. Buah Pisang

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!unsplash.com/Fátima Fuentes

Buah pisang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah pisang dapat dijadikan bermacam-macam olahan. Buah pisang banyak jenisnya, seperti pisang ambon, pisang mas kirana, pisang agung, pisang kepok, dan lainnya. Buah pisang dikenal juga sebagai penambah energi. Dalam 100 gram buah pisang terkandung 99 kalori.

6. Buah Srikaya

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!pixabay.com/41330

Buah srikaya memilki nama latin annona squamosa. Buah srikaya termasuk buah tropis. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah srikaya juga dapat dijadikan es krim, smoothies, jus, dan lainnya. Berdasarkan kandungan energinya, dalam 100 gram buah srikaya mengandung 101 kalori.

7. Buah Nangka

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!pixabay.com/DEZALB

Buah nangka memiliki rasa dan bau yang khas. Buah nangka memiliki daging buah berwarna kuning dan memiliki biji yang biasa disebut beton. Dalam 100 gram buah nangka, terdapat kandungan energi sebesar 106 kalori.

8. Buah Durian

8 Buah yang Mengandung Energi Tinggi, Cocok Dijadikan Camilan!unsplash.com/Jonny Clow

Dan yang terakhir adalah buah durian. Buah yang mempunyai kandungan energi tertinggi yaitu sebesar 140 kalori di setiap 100 gramnya.

Makan buah itu sehat lho! Makanya jangan bosan-bosan makan buah ya.

Baca Juga: Lagi Diet? Buah-buahan Ini Sebaiknya Gak Kamu Konsumsi Berlebihan

Nugroho Nugroho Photo Writer Nugroho Nugroho

Mahasiswa di Institut Pertanian Bogor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya