Comscore Tracker

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendang

Dijamin bikin nambah terus #LokalIDN

Kikil adalah salah satu bahan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal memberi sensasi unik tersendiri.

Ada banyak cara untuk mengolah bahan yang satu ini. Cita rasa yang ditawarkannya pun beragam, dari yang manis hingga ekstra pedas. Bagi kamu yang ingin mengolah kikil, beberapa kreasi di bawah ini bisa jadi inspirasi. 

1. Lontong Kikil

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/dapoer_bigle

Ada banyak jenis lontong yang bisa kamu nikmati untuk sarapan. Jika ingin sesuatu yang beda, cobalah lontong kikil. Pada dasarnya lontong kikil memiliki cita rasa yang sama dengan gulai kikil, namun umumnya kuahnya punya cita rasa yang lebih ringan. 

2. Gulai Tunjang

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/yustinayuliana

Gukai tunjang adalah gulai kikil khas Sumatera Barat. Biasanya gulai tunjang punya rasa yang lebih kuat dan kuah yang lebih pekat dari gulai kikil pada umumnya.

Gulai ini juga punya cita rasa pedas yang menggugah selera. Jadi jangan heran jika masakan yang satu ini menjadi salah satu menu terlaris di restoran Padang.

3. Oseng Kikil

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/yoanitasavit

Bagi pencinta makanan dengan cita rasa pedas manis, oseng kikil bisa dijadikan pilihan. Rasa manis ini berasal dari kecap dan gula yang ditambahkan ke dalamnya. Namun jika ingin rasa pedas yang lebih kuat, kamu tinggal menambahkan jumlah cabai yang digunakan di dalamnya.

Baca Juga: 9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!

4. Kikil Kecap

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/kaka_is0204

Sama seperti oseng kikil, kikil kecap juga menu kikil yang memiliki cita rasa manis. Bumbu yang digunakan sama dengan bumbu ayam kecap. Bagi kamu yang tak kuat pedas, makanan yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Kamu pun bisa menambahkan kentang, tahu atau bahan lain ke dalamnya.

5. Kikil Mercon

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/dapur_maria88

Kikil mercon cocok buat kamu yang ingin mencicipi masakan pedas dengan rasa pedas yang ekstra. Tapi hati-hati, meskipun punya cita rasa yang nikmat, makan masakan yang terlalu pedas dengan porsi yang banyak bisa menimbulkan rasa sakit pada perutmu, apalagi buat kamu yang belum terbiasa dengan makanan seperti ini.

6. Sate Kikil

6 Kreasi Olahan Kikil Khas Nusantara yang Lezatnya Nendanginstagram.com/eatandcouple

Tak hanya daging dan usus, kikil juga nikmat dijadikan sate. Apalagi kikil yang dibakar memiliki tekstur uniknya sendiri. Kamu bisa menikmatinya dengan beragam jenis kuah, entah itu kuah kacang atau kuah sate padang. Jangan lupa tambahkan lontong atau nasi juga agar kamu lebih kenyang.

Itu dia olahan kikil khas nusantara yang bisa jadi inspirasimu. Agar kikilnya tidak alot, perhatikan betul cara pengolahan kikil ini.

Nah, di antara olahan kikil tadi, olahan mana yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: 7 Tips Mengolah Kikil Supaya Bebas Amis & Tak Alot, Buktikan Sendiri!

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya