Comscore Tracker

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimu

Bikin kinerja dan semangatmu makin meningkat!

Fokus dan konsetrasi saat bekerja merupakan sangat penting dalam melakukan sesuatu. keduanya menentukan keberhasilan seseorang sekaligus meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi. Namun terkadang kelelahan fisik dan psikis dapat membuat kemampuan seseorang untuk fokus dan berkonsentrasi jadi berkurang. 

Nustrisi yang diserap oleh tubuh ternyata memiliki andil yang banyak untuk mempengaruhi tingkat konsentrasi dan fokus. bukan hanya untuk meningkatkan daya kerja otak, makanan juga bisa memperbaiki mood yang juga turut andil dalam mempengaruhi fokus dan konsentrasi seseorang.

Beberapa makanan ini yang ternyata berperan besar dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu. Jadi jangan pernah lewatkan salah satu diantara ke-12 makanan ini sebagai menu sarapan sehat agar konsentrasi dan fokus kamu saat bekerja tetap terjaga. Ini dia daftar makanannya.

1. Blueberry

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimublueberrycouncil.org

Sarapan dengan semangkuk Blue beri mampu membuat otak tetap aktif di siang hari. Buah yang satu ini termasuk dalam kategori super food yang mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat hingga lima jam setelah dikonsumsi. Hal ini karena kandungan antioksidan berupa antosianin, proanthocyanidins, resveratrol dan tannin yang terkandung di dalam blueberry.

2. Teh Hijau

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimudabur.com

Minum 1 sampai 4 cangkir teh hijau sepanjang hari ternyata mampu meningkatkan kewaspadaan, fokus dan kinierja mental. Hal ini karena kandungan kafein dan I’theanine yang terkandung di dalamnya. L’theanine mampu mengobati kecemasan, darah tinggi, mencegah Alzheimer bahkan untuk mengobati kangker, selain itu l’theanine akan merangsang aktivitas alfa otak.

Sementara kafein mampu memberikan energi, merangsang kinerja pikiran dan tubuh. Dibutuhkan 30 menit bagi I’theanine dan kafein untuk mencapai otak namun baru mencapai tingkat maksimal hingga lima jam setelah dikonsumsi.

Kombinasi I’theanine dan kafein dalam dosis rendah dapat berinteraksi untuk menghasilkan kemampuan yang lebih baik dalam memusatkan perhatian dengan peningkatan kecepatan dan akurasi.

3. Alpukat

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimucaliforniaavocado.com

Alpukat mengandung 75 persen lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sehat yang juga terkandung dalam minyak zaitun.  Lemak tak jenuh tunggal ini membantu meproduksi asetilkolin yang memperkuat memori. Kandungan tirosin yang tinggi dalam alpukat juga meningkatkan fokus. Kandungan yang terdapat dalam buah ini juga memperbaiki aliran darah ke otak dan bersifat sebagai antiinflamasi.

Baca Juga: 7 Olahan Makanan Lezat Dari Bahan Arang, Pewarna Alami

4. Pisang

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimuvox.com

Kandungan potassium, mangan, vitamin C dan serat yang dtinggi di dalam buah pisang membantu memperkuat daya ingat. kandungan vitamin B6 di dalamnya juga membantu memproduksi serotin, norepinephrine dan dopamine yang membantu meningkatkan konsetrasi.

5. Sayur Berwarna Hijau

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimusimplyrecipes.com

Sayuran berwarna hijau kaya akan antioksidan dan karotenoid yang berfungksi untuk meningkatkan kekuatan otak sekaligus melindunginya. Sayuran hijau juga mengandung vitamin B yang terbukti membantu daya ingat, fokus, kesehatan otak.

Sayuran ini juga mengandung asam folat yang meningkatkan kejernihan pikiran. Bahkan sayuran hijau seperti bayam mengandung potassium yang mempercepat hubungan antar neuron yang membuat otak jadi lebih responsif.

6. Coklat Hitam

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimucargill.com

Coklat hitam mengandung sejumlah kafein yang terbukti meningkatkan fokus. Kandungan magnesiumnya juga membantu menghilangkan stress dengan merangsang pelepasan endorphin dan serotin yang membuat kamu merasa lebih baik sekaligus meningkatkan mood.

7. Yogurt

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimusplendidtable.org

Kombinasi protein dan kalsium dalam yogurt membantu kamu untuk focus. Tirosin asam amino yang terkandung dalam yogurt memiliki peran penting dalam memproduksi dopanim neurotransmitter dan noradrenalin, kedua hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fokus.

8. Biji Rami

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimuonedio.co

Biji rami mengandung magnesium, vitamin B, asam lemak omega 3 dan berserat tinggi. Kandungan ini membantu untuk kejernihan mental, penurunan berat badan dan tentu saja meningkatkan fokus.

9. Kacang Kacangan

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimuunited-supplements-shop.com

Kadang-kacangan adalah sumber antioksidan dan vitamin E yang membantung menghambat penurunan kognitif yang terus berkurang seiring bertambahnya usia. Ia juga kaya akan minyak esensial dan asam amino yang membantu fokus.

10. Salmon

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimucooking.nytimes.com

Salmon kaya akan kandungan DHA dan asam lemak Omega-3. Omega-3  inilah yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi fungsi otak. Sehingga tidak mengherankan jika ikan ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin meningkatkan daya ingat, kekuatan otak dan konsentrasi mereka.

11. Telur

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimusimplyrecipes.com

Seperti salmon, Telur juga sumber omega-3 yang baik. Asupan omega 3 ini memiliki efek yang baik pada memori dan mood. Telur juga mengandung kolin, senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otak sehat. 

12. Kopi

Konsumsi 12 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fokus dan Konsentrasimubrockpress.com

Kopi mengandung kafein yang berfungsi merangsang sistem saraf pusat wang  mempengaruhi area spesifik otak yang bertanggung jawab atas memori dan konsentrasi. Minum beberapa cangkir kopi, bisa menenangkan pikiran sekaligus membuat kamu tetap terjaga.

Selain pengaruh makanan, tentunya ada perawatan kesehatan lainnya yang mampu meningkatkan fokus otakmu. Jangan terlalu lelah dan terlalu sering begadang contohnya. Yang penting, tetap rajin minum air putih dan makan makanan sehat ya!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Penang yang Kini Hadir di Surabaya, Kamu Sudah Cobain?

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Siantita Novaya

Just For You