Comscore Tracker

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!

Cocok untuk pengganjal lapar #LokalIDN

Kuliner Sumatera Barat memiliki banyak varian. Kebanyakan orang mengira kalau hidangan yang ada di ranah Minang ini identik dengan cita rasa pedas. Tak salah menang, karena banyak hidangan utamanya yang menggunakan cabai sebagai bumbu utama.

Tapi untuk urusan dessert atau kudapan, warga Sumatera Barat juga menyukai kudapan yang bercita rasa manis. Contohnya olahan-olahan dari pisang yang bisa kamu lihat di bawah ini. 

1. Bubur Kampiun

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/just_eka_kitchen

Di dalam bubur kampiun ada banyak jenis bubur yang dicampurkan. Contohnya seperti bubur hitam, bubur candil, bubur kacang hijau dan kolak pisang. Konon bubur ini tercipta dari lomba membuat bubur yang diadakan tahun 60an. Nama kampiun sendiri adalah plesetan kata champion.

2. Pangek Pisang

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/junkofoodinary

Pangek pisang dibuat dengan memasak pisang dalam campuran santan, vanili, garam, kunyit dan daun pandan. Pisang ini dimasak dengan cara dipangek, yaitu proses memasak makanan hingga kuahnya mengental. Dulunya pangek pisang disajikan sebagai bentuk penghormatan dari warga Solok Selatan

3. Pisang Kapik

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/cheche_kitchen

Pisang kapir artinya pisang yang dijepit. Sebelumnya, pisang tanpa kulit dipanggang dulu di atas bara. Setelah warna luarnya sedikit kecokelatan, pisang lalu dijepit dengan alat kusus hingga pipih. Biasanya pisang kapik ini ditaburi dengan campuran kelapa parut dan gula jawa.

Baca Juga: 9 Kudapan Berbahan Pisang Khas Nusantara dengan Kuah dan Saus Lezat 

4. Pisang Panggang Kuah Santan

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/marrybian

Mekipun dimasak dengan cara dipanggang, namun kulit pisang tetap digunakan. Setelah pisang masak, kulit pisang baru dibuang. Pisang ini kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih dan manis. Biasa ditambah roti tawar atau roti gabin juga di dalamnya.

5. Pisang Ketan

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/samba.ibu

Kalau Thailand punya mango sticky rice, maka Sumatera Barat punya pisang goreng ketan. Pisang digoreng seperti biasa lalu dihidangkan bersama ketan dan taburan kelapa. Kadang biasa ditambahkan susu kental manis atau durian agar rasanya bertambah nikmat.

 

6. Lapek Pisang

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/aneka.kue.unik

Lapek pisang terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan. Pisang ini kemudian diaduk dengan kelapa parut dan tepung beras ketan. Setelah adonan rata, adonan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Lapek pisang ini asyik dinikmati selagi hangat

 

7. Godok Pisang

7 Varian Olahan Pisang yang Populer di Sumatera Barat, Semuanya Lezat!instagram.com/via_via

Sama seperti lapek pisang, godok pisang juga menggunakan pisang yang sudah dihaluskan. Adonan pisang itu kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung terigu, gula, kelapa parut, dan garam. Setelah semua tercampur rata, adonan ini kemudian digoreng.

Itu dia 7 varian pisang yang populer di Sumatera Barat. Bahan dan proses pembuatannya cukup sederhana. Bagi kamu penggemar olahan pisang, olahan mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 5 Kuliner Sumatera Barat Selain Nasi Padang yang Terkenal Enak 

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya