Comscore Tracker

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Ini

Rasanya... lamak bana! #LokalIDN

Sumatera Barat memang terkenal sebagai surga kuliner. Ada banyak menu makanan, minuman dan cemilan yang bisa kamu cicipi. Ketupat Padang contohnya, ia biasa dinikmati sebagai menu sarapan masyarakat Minangkabau.

Di Sumatera Barat sendiri ada beragam jenis ketupat yang populer. Mereka menyebut ketupat ini dengan katupek. Beberapa contohnya ada dalam daftar di bawah ini.

1. Katupek gulai cubadak 

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/norafajriaabdul

Ini ketupat sayurnya orang Minang. Ia merupakan ketupat yang disiram dengan gulai nangka. Selain nangka, kadang ditambahkan rebung juga ke dalamnya. Rasanya pedas dan gurih. Ketupan ini adalah ketupat yang paling umum dijumpai.

2. Katupek gulai paku 

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/tehtaluanongs

Ketupat ini menggunakan sayur pakis sebagai salah satu bahan utama. Kuah gulainya cenderung berwarna putih kehijauan. Tapi jangan salah, rasanya cukup pedas, tak kalah pedas dengan katupek gulai cubadak.

3. Katupek pical

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/cheche_kitchen

Penggemar hidangan dengan kuah kacang wajib mencoba hidangan yang satu ini. Di dalamnya ada beragam jenis sayur-sayuran, baik yang direbus ataupun dirajang dalam keadaan segar. Sayur dan ketupat ini kemudian disiram dengan kuah kacang yang gurih dan sedikit pedas.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Janur untuk Bungkus Ketupat, Berkualitas Baik!

4. Katupek gulai cancang

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/wisatakuliner.padang

Sesuai namanya, gulai cancang digunakan untuk menu yang satu ini. Jadi jangan heran jika ketupat ini kaya akan rempahnya. Namun bila dibandingkan kuah gulai untuk nasi padang, kuah gulai cancang untuk ketupat ini punya rasa yang lebih ringan.

5. Katupek kapau

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/p/CDQAc84p1S_

Tak hanya nasi kapau, katupek kapau juga populer di Sumatera Barat. Ada beragam jenis sayur yang digunakan, seperti lobak singgalang, rebung, kol, kacang panjang, dan nangka muda. Biasanya penjual katupek kapau juga menjual katupek pical.

6. Katupek pitalah

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/buburmetek

Katupek pitalah berasal dari nagari Pitalah, salah satu daerah yang ada di Sumatera Barat. Sekilas terlihat sama dengan katupek kapau, namun biasanya penjual menempatkan gulainya di dalam belanga agar suhu panasnya tetap bertahan lebih lama. Terkadang makanan ini juga menggunakan opak sebagai topping-nya.

7. Katupek gulai tauco

Traveling ke Sumatera Barat, Jangan lupa Coba 7 Varian Ketupat Iniinstagram.com/goonerslandbouw

Dibanding ketupat lainnya, ketupat ini sangat cocok buat kamu yang tidak kuat dengan makanan pedas. Penggunaan tauco sebagai salah satu bumbu dasar memberi rasa yang lezat yang unik. Di dalam lontong ini ada buncis, tahu, dan tempe. Terkadang juga ada potongan  hati atau ampela ayam yang menambah kenikmatannya.

Itu dia 7 ketupat yang bisa kamu nikmati ketika liburan di Sumatera Barat. Selain ketupat-ketupan ini masih banyak ragam ketupat lain yang harus kamu cicipi.

Di antara 7 ketupat tadi, ketupat mana yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 5 Trivia Sate Lokan, Kuliner Khas Pesisir Selatan di Sumatera Barat 

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya