Comscore Tracker

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selera

Bali tidak hanya terkenal dengan kuliner dagingnya #LokalIDN

Sebagai daerah tujuan wisata, Bali sangat terkenal dengan aneka makanan khasnya. Namun, makanan khas yang populer di Bali biasanya hanyalah berbau daging. Sebagai contoh babi guling yang sudah dikenal sampai ke dunia Internasional atau ayam betutu dan sate lilit yang sangat menggoda selera dan diminati oleh banyak masyarakat dan wisatawan.

Namun, Bali tidak selalu terkenal dengan makanan dagingnya. Ada juga makanan dengan bahan sayur-sayuran yang tidak kalah terkenal dan menggoda selera. Berikut adalah lima makanan vegetarian khas Bali yang diminati masyarakat.

1. Serombotan

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selerainstagram.com/serombotan.bugeria/

Jika kamu pernah ke Bali pastinya tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khas terkenalnya ini.

Serombotan merupakan makanan khas yang begitu terkenal di Bali. Orang Bali biasa menyebutnya dengan salad sayur khas Bali. Jenis sayurannya pun beragam ada kacang panjang, bayam, tauge, terong, dan kangung. Sayuran tersebut dimasak tidak terlalu lama.

Bumbunya pun beraneka ragam seperti sambal nyuh yaitu kelapa parut yang diberi bumbu, sambal bumbu kacang yang terdiri dari kacang yang dihaluskan kemudian diberi bumbu, serta uyah sere limau yang dalam bahasa Indonesia artinya campuran terasi, garam, dan jeruk limau.

Rasanya tentu saja sangat menggoda selera dan sangat digemari oleh masyarakat.

2. Sayur Gonda

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selerainstagram.com/paonmakmo/

Pernah mendengar sayur ini ? Sayur gonda merupakan sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat Bali.

Sayur gonda sebenarnya adalah gulma padi yang bisa dimanfaatkan dan dimakan sebagai sayur. Sayur gonda biasa direbus dan dicampur dengan bumbu merah, maupun sambal goreng. Penampilannya sekilas mirip dengan sayur kangkung. Namun, bagi kamu yang baru mencicipinya rasanya memang agak sedikit pahit. Jika sudah lama menikmatinya rasanya akan enak dan bikin ketagihan.

Baca Juga: 7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidah

3. Sayur Plecing Kangkung

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selerainstagram.com/ornellachrislie/

Selain serombotan, jika kamu berkunjung ke Bali kamu akan mendapati sayur ini di berbagai rumah makan di Bali. Sayur plecing adalah sayur yang terkenal dan salah satu paling khas di Bali. Sayuran yang digunakan adalah sayur kangkung.

Di Bali, kangkung merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan. Hal ini untuk dijadikan bahan makanan ternak babi. Namun, kangkung yang usianya muda juga bisa dijadikan sayur plecing.

Kangkung direbus kemudian ditambahkan sambal plecing yang rasanya asam, pedas, dan gurih yang menggugah selera.

4. Sayur Nangka

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selerainstagram.com/andrianda/

Bali merupakan salah satu daerah yang cukup banyak tanaman nangkanya. Hampir seluruh rumah penduduk memiliki nangka. Mereka memanfaatkan nangka yang usianya muda untuk dijadikan sayur nangka selain digunakan sebagai bahan membuat lawar.

Sayur nangka merupakan salah satu makanan wajib saat ada acara adat dan perayaan hari suci. Bumbu yang digunakan biasanya menggunakan bumbu kuning khas bali dengan kuah yang melimpah.

Perlu kamu ketahui, orang Bali terutama kaum tua memiliki cara menikmati sayur nangka yang unik yaitu dengan "megerosang" yang artinya sayur nangka diambil satu mangkuk kemudian kuahnya diseruput seperti kopi dan nangka mudanya dimakan menggunakan tangan. Kebiasaan makan ini masih ada hingga sekarang.

5. Sayur Ares

5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selerainstagram.com/pre_sella

Bali terkenal dengan tanaman pisang. Hal ini karena pisang menjadi komponen utama dalam upacara adat. Hampir semua bagian batang dimanfaatkan termasuk batang pisang. Sayur yang terbuat dari batang pisang inilah yang dinamakan sayur ares.

Sama seperti sayur nangka sayur ares juga menjadi makanan wajib acara adat dan keagamaan di Bali. Batang pisang muda diiris tipis kemudian dicuci dan diremas sampai hancur kemudian diberi garam dan direbus bersama bumbu kuning khas Bali sama seperti sayur nangka. Rasanya sungguh enak dan menjadi sayur favorit masyarakat Bali.

Itulah lima makanan vegetarian atau sayur khas Bali yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Jangan lewatkan!

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!

I Putu Yoga Sadhu Photo Verified Writer I Putu Yoga Sadhu

Lulusan Pendidikan.Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya