Comscore Tracker

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan Kulkas

Pastikan kamu gak asal menyimpan ya

Kulkas atau lemari es memang salah satu alat elektronik yang tergolong penting, karena dengan lemari es kita bisa menyimpan makanan jadi tahan lama dan tidak cepat busuk. Tapi kamu harus tahu, tidak semua makanan dan bahan makanan bagus disimpan di dalam lemari es lho.

Alih-alih ingin makanan awet dan tahan lama malah makanan itu cepat busuk dan menghasilkan bau tajam jika dimasukkan ke dalam lemari es. Berikut adalah 5 makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es atau kulkas jika tidak ingin cepat busuk dan bau. 

1. Pisang

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan KulkasNationalgeographic.com

Pertama yaitu buah pisang. Buat kamu yang suka makan pisang pastinya ingn menyetok banyak buah ini untuk dimakan tiap hari. Bukan hanya enak untuk dimakan buah pisang juga bagus untuk pencernaan dan menjadi antioksidan bagi tubuh kita.

Tapi jangan simpan buah pisang di dalam kulkas ya. Jika dimasukkan ke dalam kulkas dalam waktu lama, pisang bukannya awet dan segar, tapi malah cepat busuk. Hal ini karena suhu dingin di dalam kulkas nantinya akan mengubah kulit pisang menjadi kehitaman dan lama kelamaan akan busuk karena terdapat banyak air. 

2. Alpukat

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan KulkasKaltimoke.com

Bahan makanan yang kedua yaitu buah alpukat. Buah yang satu ini memang salah satu buah yang unik karena alpukat matang setelah dipetik dari pohonnya. Buat kamu pecinta buah yang satu ini jangan pernah masukin di dalam lemar es atau kulkas ya.

Suhu dingin akan menghambat kematangan alpukat. Terlebih lagi buah alpukat yang sudah matang dan kamu belah, jangan dimasukkan ke dalam kulkas karena nantinya alpukat akan berubah menjadi kehitaman dan tidak enak lagi untuk dimakan. Alangkah baiknya simpan buah yang satu ini di luar kulkas dengan dibungkus kertas supaya terjaga kematangannya. 

3. Bubuk Kopi

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan KulkasAgrowindo.com

Ketiga bubuk kopi. Nahan minuman ini jangan kamu simpan di dalam kulkas karena bubuk kopi salah satu penyerap bau yang cepat. Jadi ketika bubuk kopi dimasukkan ke dalam kulkas, bubuk kopi akan menyerap bau dari bahan makanan yang lain sehingga akan mengubah rasa kopi nantinya ketika diminum.

Sebaiknya simpanlah bubuk kopi di dalam toples yang rapat dan ditaruh di ruangan yang terdapat cahaya dan sirkulasi udara yang cukup supaya awet. 

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan KulkasAbiummi.com

Yang keempat yaitu bawang merah dan bawang putih. Kedua bumbu masakan ini memang salah satu bumbu masakan yang harus ada dan penting. Kebanyakan ibu-ibu rumah tangga mempunyai stok yang banyak untuk kedua bumbu masakan ini.

Tapi ingat, jangan masukkan bawang merah dan bawang putih ke kulkas ya. Suhu dingin dan lembab nantinya akan membuat bawang merah dan putih akan cepat busuk dan nantinya akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kulkas. Sebaiknya bawang merah dan putih di taruh di tempat kering supaya awet. 

5. Sayur Kubis

5 Bahan Makanan Ini Malah Cepat Busuk Jika Dimasukkan Kulkasarbamedia.com

Yang terakhir yaitu sayur kubis. Ketika kita ingn masak sayuran pastinya menggunakan sayuran yang mash segar. Tapi kalau kamu beli sayur kubis dalam jumlah banyak jangan pernah dimasukkan ke dalam kulkas ya. Bukan tetap segar, sayuran ini malah cepat busuk meskipun bisa bertahan di kulkas 2-3 hari. 

Selain itu, selama sayuran ini di dalam kulkas, bau tajam dari sayuran ini akan mengganggu kualitas rasa dari makanan yang lain apalagi sampai busuk. Sebaiknya sayuran yang satu ini jangan dimasukkan ke dalam kulkas ya. Simpan saja di luar kulkas supaya bau tajamnya ketika busuk tidak mengganggu makanan yang lain. 

IBNU MUZAQI Photo Verified Writer IBNU MUZAQI

selalu yakin dalam melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya