Comscore Tracker

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!

Tak terduga ya?

Pada umumnya, orang biasa mengonsumsi buah-buahan setelah kulitnya dikupas terlebih dahulu. Ada beberapa buah yang kulitnya menyatu dengan buah, ada juga yang bisa langsung dikupas dengan mudah. Tak mesti harus langsung dibuang, kulit buah-buahan ternyata memiliki beberapa khasiat kesehatan bagi tubuh, lho. Gak percaya?

Berikut ini beberapa kulit buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, pastikan kamu tak langsung membuang kulitnya saat akan disantap dagingnya ya?

1. Kulit mentimun

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/krzys16

Biasa disantap sebagai lalapan atau acar, kulit mentimun terbukti ampuh menurunkan berat badan dan memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, kulit mentimun juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan mempertajam penglihatan. Tentu saja, dalam kulit mentimun tersimpan zat-zat penting seperti: Vitamin K, kaya serat, tinggi beta karotin dan berkalori rendah.

2. Kulit mangga

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/Robert-Owen-Wahl

Tahukah kamu, kulit mangga memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Karena kandungannya tersebut itulah, kulit mangga memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, melancarkan peredaran darah, diabetes, dan obat cacing. Selain rasa dagingnya yang manis dan harum, kamu juga bisa menggunakan kulitnya untuk kesehatan.

3. Kulit lemon

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/Ajale

Mencegah kanker, menghilangkan racun, memperkuat tulang dan gigi, menurunkan berat badan dan kolesterol, merupakan beberapa manfaat dari kulit lemon. Kandungan vitamin C, senyawa pektin, potassium dan antioksidan yang terkandung dalam kulit lemon memiliki pengaruh besar untuk kesehatan tubuh.

4. Kulit semangka

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/congerdesign

Asam amino citrulline yang terkandung dalam kulit semangka bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga kesehatan bisa tetap terjaga. Khasiat lain dari kulit semangka di antaranya adalah menurunkan berat badan berlebih, membersihkan kulit menjadi lebih cerah, dan menambah nutrisi.

Baca Juga: Selalu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Buah Pisang Untuk Kesehatan

5. Kulit pisang

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/stevepb

Kandungan lutein dan antioksidan yang terdapat dalam pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan mampu mengatasi infeksi pada mata. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan sebagai masker wajah agar membuat kulit lebih mulus. Bisa juga untuk memutihkan gigi, dan menghaluskan tumit yang pecah, kulit pisang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan umum lainnya.

6. Kulit apel

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/jackmac34

Tidak semua orang tahu, nyaris semua khasiat kesehatan pada buah apel ternyata terletak pada kulitnya. Hal ini bukan tanpa maksud, karena dalam kulit apel terkandung beberapa zat baik bagi tubuh di antaranya: quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium dan flavonoid. Tak main-main, kulit apel banyak memiliki khasiat: melindungi serangan kanker, kesehatan jantung dan pencernaan, mengatasi anemia, kesehatan tulang dan gigi, kesehatan mata, masalah pernafasan dan khasiat kesehatan lainnya.

7. Kulit jeruk

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/seal1837

Di balik rasanya yang asam manis menyegarkan, kulit jeruk juga ternyata memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, kulit jeruk juga berkhasiat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengatasi masalah pernafasan serta kesehatan mulut dan tenggorokan.

8. Kulit nanas

8 Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Dulu Ya!Pixabay.com/Security

Siapa sangka, kulit nanas yang bertekstur keras ternyata memiliki kandungan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan perut kembung. Sebagai anti-inflamasi juga, kulit nanas juga bermanfaat meredakan demam, asam urat, sinus dan peradangan.

Meski kulit, ternyata ada banyak manfaat kesehatan tak terduga dari bagian luar buah-buahan di atas ya? Jadi, jangan buang dulu kulit buah yang kamu makan saat buka puasa nanti ya?

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lho

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You