Comscore Tracker

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate Indonesia

#WorldCup2018 Ukuran dagingnya lebih jumbo dibanding sate

Saat berjalan-jalan di Rusia, gak lengkap rasanya jika kamu belum menikmati kuliner di sana. Meski memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan Indonesia, tapi tetap saja banyak makanan dan minuman Rusia yang nampak menggugah selera.

Ngomong-ngomong soal makanan Rusia, ternyata ada lho kuliner di sana yang mirip makanan Indonesia. Orang-orang menyebutnya sate Rusia. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Kalau di Indonesia namanya sate, di Rusia disebut shashlik

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaBbc.co.uk

Makanan mirip sate ini namanya shashlik yang dalam bahasa Rusia artinya daging yang ditusuk. Awalnya shashlik terbuat dari daging kambing. Namun di Rusia kamu juga dapat menjumpai makanan ini terbuat dari dari daging sapi, ayam, dan babi.

2. Potongan daging shashlik lebih besar dibanding sate

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaVideoblocks.com

Berbeda dengan sate Indonsesia, ukuran potongan daging shashlik lebih besar. Makanan ini biasanya gak ditusuk pakai bambu, tapi pakai tusukan besi. Shashlik biasanya dimasak di atas panggangan yang disebut dengan mangal.

3. Shashlik mudah dibeli di banyak tempat

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaThesmartlocal.com

Makanan ini cukup mudah kamu dapatkan di Rusia dengan harga yang beragam. Kamu dapat membelinya di pedagang kaki lima, pasar, pusat kuliner, dan restoran. Meskipun begitu, terkadang shashlik yang dijual pedagang kaki lima gak kalah enak dengan menu di restoran lho.

4. Langkah awal membuat shashlik

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaChefkoch.shanghai-scout.com

Siapkan daging kambing, bawang merah, bawang hijau, bawang bombay, tomat, lemon, cuka, mentega, garam, dan lada. Taruhlah potongan daging ke dalam mangkuk kemudian taburi dengan garam, lada, bawang bombay yang dicincang, satu sendok the lemon lalu diaduk rata. Tutuplah adonan tadi dan diamkan di kulkas selama 2-3 jam.

5. Cara memasak shashlik

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaWithoutbaggage.com

Tusuklah daging yang telah didiamkan tadi bergantian dengan irisan bawang. Lalu pangganglah Shashlik di atas bara api sembari lumuri dengan mentega. Putar-putarlah agar daging matang secara merata. Proses ini memakan waktu sekitar 15-20 menit.

7. Shashlik siap disajikan

Lezatnya Shashlik, Kuliner Khas Rusia yang Mirip Sate IndonesiaThesmartlocal.com

Setelah masak, ambil daging dari tusuk sate lalu tempatkan di atas piring. Hiasilah daging dengan bawang hijau, potongan tomat, dan irisan lemon. Selanjutnya shashlik siap dihidangkan bersama nasi atau saus delima.

Kelihatannya enak ya. Apakah kamu tertarik mencicipi kuliner khas Rusia yang satu ini?

Iis E. Photo Community Writer Iis E.

A curious woman, sharing for healing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You