Comscore Tracker

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos 

Jangan lewatkan jajanan kaki lima di Qatar 

Menjadi tuan rumah bagi pesta sepak bola terbesar sejagat, Qatar juga memiliki street food populer yang tak kalah menarik untuk dicoba. Tak sedikit wisatawan yang mencicipi berbagai street food yang dijajakan di pinggir jalan kota-kota besar negeri kaya minyak tersebut.

Inilah deretan street food populer di Qatar yang bisa kamu cicipi selama berada di sana. Ada falafel hingga khaboos. Yuk, simak!

1. Shawarma 

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos ilustrasi Shawarma (pexels.com/RODNAE Productions)

Nama makanan yang pernah muncul sekilas di film Avenger ini termasuk street food yang paling populer di Qatar. Makanan sejenis sandwich ini sangat terkenal hingga ke beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Secara visual, bentuk shawarma mirip dengan kebab, yakni berisi irisan daging panggang dengan acar sayuran, tomat, dan saus. Bedanya, shawarma menggunakan roti pita sebagai pembungkusnya.

2. Falafel  

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos ilustrasi Falafel (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Falafel adalah sejenis makanan vegetarian yang cukup populer di Qatar. Mirip seperti kroket atau perkedel di Indonesia, falafel terbuat dari adonan tepung yang berbentuk bola dan digoreng garing.

Isian falafel adalah buncis atau kacang arab yang dicampur dengan bawang putih, daun parsley, dan bumbu rempah lainnya. Falafel bisa dijadikan sebagai sarapan ataupun camilan. Umumnya, falafel disajikan dengan roti pita atau salad.

Baca Juga: 5 Jajanan Street Food Paling Populer di Tokyo, Wajib Dicoba!

3. Luqaimat 

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos ilustrasi Luqaimat (instagram.com/thefoodiefaaz)

Luqaimat adalah makanan khas Qatar yang menyerupai donat. Suguhan manis ini terbuat dari adonan yang dibentuk menjadi bulatan kecil dan digoreng. Tekstur luqaimat renyah di luar, namun lembut di dalam.

Masyarakat Qatar biasa menyajikan luqaimat dengan taburan biji wijen di atasnya kemudian dicelupkan ke dalam madu atau sirup manis. Selain sebagai dessert, luqaimat juga bisa dinikmati sebagai teman minum kopi.

4. Ragag 

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos ilustrasi Ragag (instagram.com/tradi.ae)

Ragag ini tak jauh berbeda dengan crepes pada umumnya. Crepes ala Qatar ini bertekstur tipis seperti kertas, dilipat, atau digulung berbentuk kerucut. Camilan lokal yang populer di Qatar ini memiliki tekstur renyah seperti wafer.

Banyak variasi topping ragag yang bisa dipilih. Mulai dari dari rasa manis sampai ke gurih. Seperti madu, telur atau keju. Crepes tipis, kuliner tradisional dari Arab ini paling nikmat disantap bersama dengan teh hangat.

5. Khaboos  

5 Street Food Populer di Qatar, Falafel hingga Khaboos ilustrasi Khaboos (instagram.com/chefmiera_asrani)

Khaboos merupakan camilan favorit khas Qatar sejenis roti. Berbentuk pipih atau flat, adonan roti khaboos terbuat dari Maida yang merupakan tepung terigu dari India.

Kudapan satu ini umumnya disajikan dengan saus dan hummus. Khaboos memiliki cita rasa gurih dan lembut. Teksurnya yang padat cukup mengenyangkan.

Makanan pinggiran alias kaki lima selain harganya terjangkau, rasanya pun tak kalah lezat dengan makanan mahal di resto. Dari kelima street food Qatar di atas, kuliner manakah yang sudah pernah kamu cicipi?

Baca Juga: 5 Street Food Populer Khas Portugal, Sangat Menggoda!

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya