Comscore Tracker

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak 

Ayo, semangat bikin kue lagi! 

Pernah dengar istilah baking blue? Kejenuhan bisa menyerang siapa saja dan dari profesi apapun. Tak terkecuali para bakers alias si pembuat kue. Pasti ada kalanya pernah mengalami kondisi timbul rasa bosan dan malas yang luar biasa saat harus berkutat kembali membuat kue. Padahal, list orderan kue sedang banyak-banyaknya.

Bukan hanya gak ada mood untuk bikin kue, bahkan melihat mixer, loyang, oven atau mencium bau mentega pun rasanya ingin muntah dan bikin emosi. Syndrom baking blue ini akan menjadi masalah jika tidak segera diatasi. Buat kamu yang tengah mengalami baking blue, berikut adalah cara yang efektif untuk mengatasinya. Yuk, simak!

1. Healing sejenak 

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak ilustrasi pergi berlibur (pexels.com/Andre Furtado)

Seperti yang banyak disarankan orang jika jenuh melanda, pergilah berlibur. Coba ingat-ingat kapan terakhir kalinya kamu pergi ke tempat wisata? Bagaimana kamu gak jenuh jika setiap harinya hanya berkutat dengan tepung, mentega, loyang, mixer dan oven.

Mungkin yang kamu butuhkan adalah liburan. Berhenti sejenak dari aktivitas baking. Ambillah cuti selama beberapa hari. Pergi ke suatu tempat yang kamu suka. Entah itu pegunungan, pantai, atau wisata lain. Lepaskan penat di sana selama beberapa hari.

2. Lakukan me time 

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak ilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri alias me time adalah cara yang efektif untuk mengistirahatkan kejenuhan. Ada kalanya seseorang butuh kesendirian untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Aktivitas me time dilakukan sesuai yang disuka. Membaca buku favorit pasti seru buat yang hobi baca. Menonton serial film kesukaan bisa menjadi hiburan dan mengumpulkan energi baru. Membuat barang handicraft juga bisa menjadi keasikan sendiri.

Baca Juga: 5 Olesan Favorit untuk Baking, Bikin Sajian Makin Cantik dan Enak!

3. Putar musik  

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mendengarkan musik bisa bikin hati tenang dan membangun mood. Karenanya, kamu bisa menyetel musik saat membuat kue. Sebelumnya, buatkan dahulu playlist lagu-lagu yang bikin semangat yang disukai.

Cara ini bisa membantu proses membuat adonan kue atau roti menjadi lebih menyenangkan. Dengan penuh semangat dan mood yang happy, tak jarang kamu pun akan ikut bersenandung mengikuti irama dan lirik lagunya.

4. Bereksperiman dengan resep baru  

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak ilustrasi berkreasi dengan resep baru (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berkreasi dengan berbagi resep baru bisa menjadi cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Resep baru yang berbeda akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu dalam membuat kue atau roti.

Carilah resep kue yang unik, kekinian, dan berbeda dari yang lain. Kamu bisa mencarinya di media online ataupun buku resep, lalu lakukan improvisasi. Selain untuk mengusir rasa jenuh, cara ini juga akan menambah varian menu baru pada bisnis toko kuemu.

5. Tumbuhkan motivasi   

5 Tips Efektif Menghadapi Baking Blue, Healing Sejenak ilustrasi membuat roti (pexels.com/Felicity Tai)

Membangkitkan motivasi pada diri sendiri memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi, cobalah untuk memunculkan kembali alasan mengapa kamu begitu mencintai dunia baking.

Apakah dunia perbaking-an memang merupakan cita-citamu sejak kecil? Apakah ada pengalaman menyenangkan yang membuatmu suka membuat kue? Dengan mengingat kembali hal-hal yang membuatmu suka dengan dunia baking, akan membuatmu jadi termotivasi kembali.

Rutinitas membuat kue berulang kali tanpa diselingi tahap refreshing memang bisa menyebabkan kondisi baking blue. Semoga kelima tips di atas bisa membantu supaya kamu bersemangat kembali saat membuat kue. Happy baking again, friends!

Baca Juga: Baking 101: Terapkan 5 Tips Mudah Ini agar Kue Tidak Bantat 

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya