Comscore Tracker

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahur

Supaya makin kuat berpuasa!

Salah satu nutrisi penting yang wajib disantap saat sahur adalah protein. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, mengonsumsi cukup protein saat sahur juga bikin kamu makin kuat berpuasa. Hal ini karena protein perlu lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan karbohidrat, tutur laman Harvard Health of Publishing

Kalau dirasa asupan proteinmu masih kurang dalam menu makanan sahur, coba santap tujuh makanan kaya protein di bawah ini yang cocok banget jadi camilan pendamping sahur, deh!

1. Yoghurt yunani

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/topntp26

Kalau kamu ingin camilan sehat kaya protein dengan cita rasa kuat, coba yoghurt yunani, deh. Yoghurt satu ini punya tekstur yang lebih tebal daripada yoghurt biasa. Rasanya pun lebih tajam.

Menurut laman Healthline, kandungan protein per porsinya (224 gram) bisa mencapai 20 gram. Camilan ini sangat mengenyangkan, apalagi kalau kamu tambahkan topping, seperti buah-buahan dan granola. Gak cuma jadi kenyang lebih lama, kamu juga dapat tambahan asupan vitamin dan mineral penting buat kesehatan tubuhmu selama puasa.

2. Kacang-kacangan

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/freepik

Ukurannya yang kecil-kecil bukan berarti gak mengenyangkan. Justru, kacang-kacangan merupakan salah satu pilihan snack paling menyehatkan dan mengenyangkan.

Kacang sehat dengan kandungan protein tertinggi jatuh pada kacang tanah. Dilansir laman Medical News Today, per 100 gram kacang tanah mengandung 25,8 gram protein, lebih banyak dari kacang almon yang cuma sekitar 21,15 gram. Selain itu, kacang tanah juga kaya antioksidan, polifenol, asam amino, serat, dan mineral penting lainnya.

Ingat, ya, untuk memilih kacang tanpa rasa-rasa alias murni tanpa tambahan gula ataupun garam. 

3. Selai kacang

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/azerbaijan_stockers

Gak cuma dalam bentuk utuhnya, kacang pun menawarkan banyak protein sekalipun dalam bentuk selai atau butter. Menurut laman Very Well Fit, per dua sendok makan atau 32 gram selai kacang bisa memberimu 7 gram protein. Hal ini membuatnya jadi salah satu sumber protein nonhewani yang baik dan cocok bagi kamu yang vegetarian. Kamu bisa cocol selai ini dengan batang seledri atau potongan apel. Enak, sehat, dan bikin kuat berpuasa!

Baca Juga: Lezat! 5 Makanan Sehat Penambah Berat Badan buat Kamu yang Diet Gemuk

4. Keju

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/freepik

Baik keju lembaran ataupun string cheese, keduanya bisa bantu tambah asupan protein dalam menu sahurmu. Keju bentuk ini mudah didapat dan mudah pula dimakan. Mengutip laman Healthline, keju cheddar lembaran bisa memberimu sekitar 7 gram protein. Sementara, untuk string cheese, kamu bisa dapat 8 gram protein, tutur laman WebMD. Kamu tinggal pilih saja mana yang sesuai seleramu.

5. Edamame

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/stockking

Siapa yang belum pernah coba edamame, nih? Edamame ini masuk ke golongan kacang kedelai. Mengutip laman Medical News Today, tiap 155 gram edamame yang masih ada dalam kulitnya bisa mengandung 18,5 gram. Selain itu, kacang kedelai satu ini juga banyak mengandung vitamin C dan K, kalsium, zat besi, hingga folat. Kurang lengkap apalagi, tuh?

Edamame pun gampang banget dinikmati. Cukup direbus dengan sedikit tambahan garam, kamu sudah dapat tambahan asupan protein untuk menjalani aktivitasmu selama berpuasa seharian.

6. Telur rebus

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik/timolina

Telur adalah makanan enak, mengenyangkan, dan baik bagi kesehatan. Sediakan sebutir telur rebus untuk tambahan protein pada menu sahurmu selanjutnya, deh. Dilansir laman WebMD, dalam sebutir telur rebus berukuran besar terdapat paling tidak 6 gram protein. Ada juga vitamin A dan D, kalsium, dan zat besi dalam telur.

7. Biji labu

Bikin Kenyang, Ini 7 Camilan Enak Kaya Protein untuk Dampingi Sahurfreepik.com/jcomp

Kalau kamu ingin kudapan yang tergolong ringan, coba santap biji labu. Laman Healthline menuturkan kalau per 28 gramnya, kamu bisa dapat 7 gram protein. Selain itu, biji labu juga kaya fosfor, lemak jenuh, dan lemak sehat omega-6. Labu pas banget untuk dinikmati setelah menyantap makanan utama saat sahur.

Nah, di antara tujuh pilihan di atas, mana yang ingin kamu coba, nih? Selamat berpuasa!

Baca Juga: Lezat! 5 Makanan Sehat Penambah Berat Badan buat Kamu yang Diet Gemuk

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya