Comscore Tracker

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Ini

Dari makanan laut sampai cokelat hitam! #IDNTimesFood

Tembaga atau copper merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Karena tubuh tidak memproduksi sendiri, kamu perlu mendapatkan mikronutrisi ini dari makanan-makanan sehat.

Kamu gak perlu mengonsumsi tembaga banyak-banyak, kok. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan, mereka yang berusia 19 tahun dan di atasnya hanya perlu mengonsumsi sebanyak 0,9 miligram per harinya.

Kasus kekurangan tembaga terbilang jarang, tapi perlu diwaspadai supaya kesehatan tubuhmu tetap optimal. Berikut ini ada tujuh makanan lezat kaya tembaga yang bisa kamu tambahkan ke menu makananmu!

1. Hati sapi

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Inihati sapi panggang dengan bawang dan tomat (freepik.com/timolina)

Kerap dijauhi karena kandungan kolesterol yang tinggi, hati sapi justru menawarkan banyak nutrisi penting yang sayang banget kalau dilewatkan.

Ada sebanyak 16 miligram tembaga dalam 4 ons atau 113 gram hati sapi, dilansir laman WebMD. Jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tembaga harianmu. Bahkan, bisa dibilang begitu besar, disarankan untuk hanya mengonsumsinya seminggu sekali supaya terhindar dari gangguan kesehatan.

Kalau kamu khawatir, hati ayam bisa jadi alternatifmu, kok. Kandungan tembaganya cuma 0,5 miligram.

2. Tiram

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Initiram segar dengan kaviar dan lemon (freepik.com/lifeforstock)

Selain kemewahan dan rasanya yang lezat, kandungan nutrisi yang tinggi dan melimpah membuat tiram banyak dicari orang. Menurut laman Healthline, tiram mengandung 7,8 miligram tembaga per 100 gramnya.

Makanan laut ini pun rendah kalori dan kaya akan nutrisi esensial lainnya, seperti zinc, selenium, dan vitamin B12. Pastikan kamu gak alergi makanan laut sebelum mengonsumsi tiram, ya.

3. Biji wijen

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Inibagel dan wijen (unsplash.com/Diane Alkier)

Siapa sangka biji wijen yang kerap dijadikan hiasan justru mengandung nutrisi yang gak main-main? Menurut My Food Data, per 100 gram biji wijen bisa memberimu 2,5 miligram tembaga. Selain itu, biji wijen juga kaya serat, protein, magnesium, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Kandungan nutrisi pada biji wijen disinyalir bantu mengurangi kolesterol dan trigliserida, menurunkan tekanan darah, sampai membantu sistem imun.

Kamu tinggal menambahkan biji wijen ke masakan tumis, oatmeal, roti dan kue, yoghurt, salad, dan lain-lain. Gampang dan menyehatkan!

Baca Juga: Penting untuk Fungsi Tubuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Tinggi Omega-6

4. Jamur shitake

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Inisemangkuk jamur shitake kering (freepik.com/devmaryna)

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat atau USDA, per 100 gram jamur shitake yang dimasak mengandung 0,89 miligram tembaga. Jamur satu ini rendah kolesterol, tetapi kaya serat. Ada juga nutrisi penting, seperti zinc, mangan, dan vitamin B kompleks.

Laman Very Well Fit mengungkapkan bahwa mengonsumsi jamur shitake yang kaya tembaga bisa bantu menguatkan sistem imunmu. Selain itu, jamur dengan nama ilmiah Lentinula edodes ini juga bantu menjaga kesehatan jantungmu hingga mengurangi risiko kanker prostat. Menikmati jamur shitake paling mudah bisa dengan cara menumisnya atau menambahkannya ke dalam sup.

5. Kacang mete

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Inisemangkuk cashew atau kacang mete (freepik.com/8photo)

Per 1 ons atau sekitar 28 gram kacang mete, kamu bisa mendapatkan 0,6 miligram tembaga. Bersama kalsium dan mangan yang juga terkandung pada kacang mete, tembaga bisa bantu mencegah osteoporosis. Kandungan magnesiumnya pun bisa bantu dalam pembentukan tulang, ungkap laman Medical News Today.

Kacang mete gampang banget untuk dinikmati. Kamu bisa memakannya langsung sebagai snack atau menjadikan topping masakan setelah dicincang.

6. Ubi jalar

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Iniubi jalar yang dipotong-potong (freepik.com/Racool_studio)

Menurut laman Live Strong, tiap 1 cup atau 255 gram ubi jalar tumbuk bisa memberimu 0,7 miligram tembaga. Selain itu, warna kuning pada ubi jalar datang dari kandungan beta karotena yang begitu tinggi. Zat pigmen alami yang juga terdapat pada wortel ini penting banget untuk menjaga kesehatan matamu. Kamu cukup mengukus ubi jalar untuk bisa menikmati kelezatan dan manfaat kesehatannya.

7. Cokelat hitam

Sehat Optimal dengan 7 Makanan Lezat Kaya Tembaga Inicokelat hitam batangan (freepik.com/Racool_studio)

Dilansir laman My Food Data, per 100 gram cokelat hitam batangan dengan kandungan kakao 70--85 persen bisa memberimu 1,6 miligram tembaga. Selain itu, kamu juga dapat kandungan serat, mangan, zat besi, antioksidan, dan mineral penting lainnya.

Laman Healthline mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Pastikan kamu memeriksa kandungan gula dan tambahan lainnya pada cokelat hitam yang hendak dibeli, ya.

Nah, salah satu kunci untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang bervariasi setiap harinya. Imbangi dengan rutin berolahraga, kamu pun bisa dapatkan kesehatan yang optimal. Stay healthy!

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Jepang, Selalu Ketagihan!

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya