Comscore Tracker

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan 

Enak dan menyehatkan!

Minuman soda kemasan memang menyegarkan. Sayangnya, kandungan gulanya yang tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. Beberapa orang punya kebiasaan minum soda yang sulit dihilangkan. Rasanya, mereka gak bisa melewatkan satu hari tanpa minum minuman berkarbonasi ini.

Apa kamu satu di antaranya? Kamu gak perlu khawatir. Ada beberapa minuman alternatif soda yang bisa kamu coba. Rasanya gak kalah enak dan segar kok, bahkan menyehatkan! Simak deh enam minuman alternatif soda yang segar dan gak membosankan di bawah ini!

1. Infused water

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Freepik/azerbaijan_stockers

Siapa sih yang gak kenal infused water? Minuman yang sempat booming beberapa tahun lalu ini bisa jadi pilihan sehatmu, lho! Kamu tinggal memasukkan potongan buah dan sayuran segar, seperti lemon, jeruk, semangka, stroberi, timun, sampai daun mint ke dalam air.

Supaya makin segar, bisa juga tambahkan es batu. Gak cuma enak dan segar, infused water juga menyehatkan.

2. Sparkling water

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Pixabay./manfredrichter-4055600

Kalau kamu minum soda untuk mencari sensasi menggelitiknya, kau bisa coba sparkling water. Sama seperti soda, sparkling water merupakan minuman berkarbonasi. Bedanya, sparkling water menggunakan karbonasi alami dari sumber mata airnya.

Menurut laman Healthline, sparkling water membantu kemampuan menelan, menambah rasa kenyang, dan mengatasi sembelit.

Beberapa produsen minuman menambahkan kandungan-kandungan tertentu untuk menambah cita rasa. Supaya sehat, pilihlah sparkling water yang bebas atau minim tambahan gula.

3. Jus atau smoothies

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Freepik/freepik

Jus akan selalu jadi pilihan enak dan sehat bagi siapa pun. Tinggal memotong buah dan sayuran, lalu lumatkan dengan blender saja kamu sudah dapat minuman sehat pengganti minuman berkemasan. Kamu juga bisa bereksperimen dengan buah dan sayuran yang punya cita rasa berbeda-beda. Dijamin sehat dan gak bakal membosankan deh!

Baca Juga: Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

4. Teh

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Freepik/Racool_studio

Minuman yang memberikan efek relaksasi ini bisa jadi alternatifmu selanjutnya. Teh kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kamu bisa memilih teh hijau yang dinobatkan menjadi salah satu minuman paling menyehatkan di dunia.

Teh bisa kamu nikmati dalam keadaan panas atau dingin sesuai selera. Kamu bisa menambahkan perasan lemon juga supaya segar. 

5. Kopi

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Freepik/freepik

Kopi gak cuma membuatmu berenergi dan menambah konsentrasi saja. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung hingga kanker, lho.

Kopi tanpa tambahan banyak gula, krimer, dan susu adalah pilihan yang paling menyehatkan. Kalau kamu terlalu sensitif terhadap kafeina, kamu bisa memilih menikmati kopi decaf.

6. Air kelapa

6 Minuman Alternatif Pengganti Soda yang Segar dan Gak Membosankan Pixabay/moho01-3895945

Air kelapa merupakan sumber vitamin dan mineral yang gak bisa disepelekan. Gak cuma jadi penghilang dahaga, kandungan elektrolit yang terkandung di dalamnya juga bikin tubuhmu segar dan berenergi. Cocok banget diminum setelah olahraga, minuman ini mudah didapat dan menyegarkan!

Nah, di antara minuman di atas, mana nih yang jadi pilihanmu selanjutnya? Yuk, mulai kurangi kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang bisa mengganggu kesehatan dari sekarang!

Baca Juga: 6 Minuman Lezat yang Bikin Kulit Sehat dan Glowing, Ada Favoritmu?  

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya