Comscore Tracker

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air 

Enak, segar, dan sehat!

Bicara tentang sesuatu yang menyegarkan sekaligus menyehatkan, buah-buahan pasti jadi pilihan banyak orang. Rasanya yang manis dan kandungan air yang tinggi pasti bikin siapa pun merasa segar dan kehilangan dahaga. Namun, tahukah kamu kalau sayuran juga kaya kandungan air? Biarpun gak semanis buah-buahan, sayuran menawarkan banyak vitamin dan mineral penting.

Beberapa sayur di bawah ini cocok kamu campurkan ke jus favoritmu. Beberapa bisa kamu olah ke berbagai masakan atau camilan sesuai seleramu. Apa pun bentuk olahannya, tujuh sayur di bawah ini bisa bantu membuatmu segar dengan kandungan airnya yang banyak!

1. Selada

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air pixabay.com/marzena7-4247462

Sayuran yang selalu ada di dalam impitan roti hamburger ini ternyata punya kandungan air sebesar 96 persen. Gak mengherankan kalau terasa menyegarkan dan memberikan tekstur renyah pada hamburger. Selain air, selada juga kaya vitamin A dan K. Selada pun mengandung folat yang bagus untuk ibu hamil, dilansir Healthline. Semua nutrisi penting ini bisa kamu dapatkan dengan minim kalori dan mengenyangkan pula karena kandungan air dan seratnya!

2. Seledri

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air pixabay.com/stevepb-282134

Siapa yang suka seledri nih? Ada kabar bagus buatmu. Seledri punya kandungan air sebanyak 95,43 persen. Gak cuma itu saja, mengutip Medical News Today, seledri juga memberimu vitamin A, vitamin K, folat, dan potasium. Sama seperti selada, sayuran yang bertangkai renyah ini minim kalori tapi kaya serat. Seledri cocok kalau kamu jus atau tinggal dicocol ke mayo. Nyam!

3. Kembang kol

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air freepik.com/KamranAydinov

Sayuran penuh nutrisi dan menyegarkan, kembang kol pasti tebersit dalam benak. Untuk 100 gram kembang kol, Healthline menuturkan kalau kamu bisa dapat setidaknya 59 ml air dan 3 gram serat. Selain itu, sayuran ini juga mengandung kolin yang gak banyak ditemukan pada bahan pangan, lho. Kolin itu sendiri nutrisi penting untuk mendukung kesehatan otak dan metabolisme tubuh. Makin tergoda gak nih untuk menyantap kembang kol?

Baca Juga: 5 Resep Sayur Lodeh yang Mudah Dibuat, Cita Rasa Istimewa!

4. Kubis

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air freepik.com/8photo

Gak mengejutkan kalau sayuran satu ini masuk dalam daftar. Dengan kandungan air sebanyak 92 persen, kubis bisa bantu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu. Sayuran hijau ini kaya vitamin C, vitamin K, folat, dan antioksidan glucosinolates yang disebut Healthline mampu melindungimu dari beberapa jenis kanker. Olahan kubis fermentasi seperti kimci dan sauerkraut juga bisa menjaga kesehatan pencernaanmu, lho.

5. Bayam

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air pexels.com/jhowell

Yap, bayam pasti masuk dalam daftar. Bayam mengandung 91,4 persen air. Kandungan nutrisinya pun segudang. Mengutip Medical News Today, bayam mengandung magnesium, kalsium, zat besi, potasium, vitamin A, vitamin K, dan folat. Sayur hijau kaya serat ini bisa kamu jadikan jus. Padukan dengan buah-buahan segar untuk menambah rasa manis!

6. Kale

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air pixabay.com/pompi-2101529

Sayur kale gak mau ketinggalan dengan kandungan air mencapai 89,63 persen. Jumlah nutrisinya pun gak main-main. Medical News Today menuturkan kalau kale mengandung vitamin A, C, dan K, kalsium, protein, sampai lemak sehat omega-3. Zat besi dan beberapa vitamin B pun ada.

Namun, disarankan untuk memasak kale sampai matang, ya. Beberapa sumber seperti Healthline mengatakan kalau kale mentah mengandung goitrin yang bisa mengganggu fungsi tiroid. Proses pemasakan bisa mengurangi senyawa ini.

7. Brokoli

Gak Cuma Buah! 7 Sayuran Segar Ini Juga Kaya Kandungan Air unsplash.com/louishansel

Terakhir dalam daftar ada brokoli. Sayuran renyah ini punya kandungan air sebesar 89,3 persen. Selain air, brokoli juga sumber serat, zat besi, potasium, vitamin C, vitamin K, dan antioksidan yang baik. Medical News Today menyebutkan kalau mengukus adalah cara memasak brokoli yang paling menyehatkan. Kalau kamu mau, memakannya secara mentah juga gak kalah menyehatkan. Namun, catatannya kamu sudah cuci bersih, ya!

Nah, dari tujuh sayur di atas, mana nih yang paling sering kamu santap?

Baca Juga: 5 Kreasi Muffin Sayur yang Cocok Dijadikan Inspirasi Menu Sarapan

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya