Comscore Tracker

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!

Ikuti aturannya yang benar

Di masa pandemi tentunya orang-orang kebanyakan memutuskan untuk tetap diam di rumah. Oleh sebab itu menyediakan makanan kaleng tentunya merupakan pilihan karena selain tahan lama, makanan kaleng cenderung praktis saat dimasak.

Namun tetap saja kamu harus mengikuti aturan yang benar saat mengonsumsi makanan kaleng tersebut selama masa karantina di rumah dan inilah 5 tipsnya!

1. Selalu masak sebelum dikonsumsi 

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!nationalpost.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan langsung memakan makanan kaleng meski sudah dalam keadaan matang. Selain lebih menggugah selera jika dalam keadaan hangat, tentunya beberapa bakteri dan virus yang potensial bisa hilang dan rusak jika kamu memasaknya dulu sebelum dikonsumsi.

2. Jangan membiarkannya dalam keadaan terbuka 

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!Pexels/Gustavo

Meski makanan kaleng awet namun tetap saja jika sudah dibuka segelnya akan segera membusuk. Oleh sebab itu ada baiknya setelah dibuka kamu langsung memasaknya.

Mikroorganisme di udara dan kandungan oksigen akan membuat makanan tersebut cepat membusuk jika dibiarkan terlalu lama dalam udara terbuka.

Baca Juga: 8 Tips Mencegah Makan Berlebihan saat #DiRumahAja

3. Pakai teknik khusus 

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!Pexels/One Shot

Karena makanan kaleng sudah matang, maka cukup masak selama 5-10 menit saja. Jangan terlalu lama memasaknya karena gizinya bisa hilang dan makanan tersebut bisa-bisa sudah tak layak dikonsumsi lagi.

4. Periksa kandungan yang tertera 

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!Pexels/Gustavo

Jangan asal beli makanan kaleng dulu meski kamu panik karena adanya pandemi. Cobalah untuk memeriksa kandungan makanan tersebut. Siapa tahu justru makanan tersebut tidak halal atau kandungan pengawetnya terlalu banyak. Alih-alih sehat, yang ada kamu akan cepat sakit jika mengonsumsi pengawet berlebih.

5. Pilih menu yang berbeda-beda 

Jangan Tiap hari, 5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Kaleng selama Pandemi!Pexels/Gustavo

Meski kamu yakin jika makanan kaleng yang kamu beli cenderung aman dan mengandung gizi, ada baiknya kamu tidak mengonsumsi makanan tersebut setiap hari. Pilihlah menu makanan yang berbeda-beda supaya tidak bosan dan kebutuhan gizi pun seimbang. Tak masalah mengonsumsi makanan kaleng asalkan kamu pintar memilih dan memilahnya.

Itulah 5 tips jitu saat mengonsumsi makanan kaleng. Meski di tengah pandemi tetap saja tubuh tetap memerlukan makanan bergizi. Selain meningkatkan imun tubuh tentunya tubuh yang sehat akan mampu menghalau penyakit seperti virus.

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 9 Tips Menekan Nafsu Makan Secara Alami, Biar Gak Makan Melulu! 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya