Comscore Tracker

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!

Mau ideal juga harus sehat

Memiliki tubuh yang langsing dan ideal memang impian setiap laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk menurunkan berat badan karena terlihat langsing akan membuat rasa percaya diri hadir. Namun banyak yang melakukan jalan pintas untuk menurunkan berat badan salah satunya dengan cara diet ekstrim atau berbahaya. Nah berikut 5 cara diet yang tak boleh kamu lakukan karena akan membahayakan dirimu sendiri, sudah tahu?

1. Diet cacing pita

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!oomph.co.id/

Ini adalah diet paling ekstrim dan bisa mematikan. Meski konyol banyak yang melakukan praktik berbahaya ini. Caranya cukup meminum kapsul yang berisi cacing pita di dalamnya, lalu lambat laun tubuh akan kurus karena cacing pita menyerap semua nutrisi yang ada dalam tubuh.

Diet ini sangat berbahaya, bisa menyebabkan kematian dan berbagai masalah medis lainnya. Selain itu setiap negara sudah melarang praktik diet berbahaya ini karena sangat berisiko terhadap kesehatan.

2. Diet ala hollywood

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!Pexels/Bruno

Nah untuk yang belum tahu, diet ini menjadikan buah anggur sebagai konsumsi utama. Setiap hari kamu harus mengkonsumsi buah atau jus anggur tanpa makanan lain. Kalori yang dimiliki buah anggur memang kecil yaitu hanya 800 kalori saja. Buah anggur juga memang memiliki enzim yang dapat membakar lemak sehingga berat badanmu akan turun dengan cepat. Namun diet ini bisa membuatmu memiliki masalah kesehatan karena asupan lainnya seperti karbohidrat dan protein tidak ada.

3. Diet tidur

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!Pexels/Bruce Mars

Sesuai namanya diet ini memang mengusung konsep 'tidur' didalamnya. Pelopor diet ini adalah seorang musisi terkenal bernama Elvis Presley. Untuk melakukan diet ini memang mudah yaitu saat lapar melanda kamu hanya butuh tidur untuk mengatasinya. Hal ini supaya kamu tidak merasa lapar dan tidak ada timbunan lemak. Namun justru ketika kamu bangun tidur justru kamu akan merasa lapar yang tidak bisa ditahan. Diet ini jelas berbahaya karena tidak ada asupan nutrisi untuk tubuh.

Baca Juga: 7 Ramuan Minuman Kayu Manis yang Hangat & Sehat, Bisa Buat Diet Lho!

4. Diet master cleanse

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!Pexels/Rawpixel

Bagi yang belum tahu, diet ini merupakan diet yang terjadi selama 10 hari dan dipelopori oleh Stanley Burroughs. Para pengikut diet ini hanya boleh mengkonsumsi sirup maple, jus lemon dan cayenne pepper dalam kurun waktu 10 hari.

Meski mampu menurunkan badan secara drastis dalam waktu singkat tetapi diet ini sangat berbahaya karena tubuh kekurangan nutrisi bahkan selama 10 hari tidak mendapatkan asupan gizi seperti karbohidrat dan protein. Saat kamu melakukan diet ini kamu akan mengalami rasa sakit kepala yang luar biasa, konstipasi dan badan terasa lemas.

5. Diet kol

Jangan Ikuti, 5 Diet Berbahaya Ini Bisa Mengancam Kesehatan!Pexels/Pixabay

Dengan melakukan diet ini kamu akan mengalami rasa lapar yang teramat sangat, metabolisme tubuh melemah, serta kekurangan protein. Hal ini karena konsumsi kubis atau kol memang tidak bisa mengganti kekurangan nutrisi pada tubuh sehingga berbahaya. Meski begitu diet ini memang bisa menurunkan badan dalam waktu singkat namun tidak disarankan karena beresiko terhadap kesehatan.

Nah jangan lakukan diet ekstrim ini ya!

Baca Juga: 7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You