Comscore Tracker

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!

Banyak khasiatnya!

Kanker memang merupakan penyakit yang membunuh dan kerap kali menakutkan bagi setiap orang. Hal ini karena ketika kanker hinggap maka cara menghilangkannya sulit dan bisa terus menempel di tubuh.

Bahkan kanker kerap menyebabkan kematian bila tubuh sudah tak mampu lagi menghalaunya. Salah satu buah yang mengandung senyawa antikanker adalah nangka. Nah berikut lima kandungan senyawa yang bisa melawan kanker, apa saja ya?

1. Saponin

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!theguardian.com

Saponin merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat dan bentuknya menyerupai busa sabun. Saponin bisa menurunkan kolesterol, tingkatkan daya tahan tubuh dan tentunya bisa bertindak sebagai antikanker karena saponin merupakan senyawa fitokimia yang berkhasiat. Saponin sendiri mampu berikatan dengan sel kanker dan mencegah sel kanker tersebut memperbanyak diri.

2. Isoflavon

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!thefreshmarket.com/

Isoflavon merupakan salah satu kelompok senyawa flavonoid yang ditemukan dalam nangka. Senyawa ini ternyata bisa bertindak sebagai antikanker dan mampu menurunkan resiko kanker rahim terjadi. Seperti yang kita tahu bila kanker rahim merupakan pembunuh nomer satu bagi wanita, maka dengan rajin mengonsumsi buah satu ini tentunya resiko kanker tersebut bisa dicegah.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Kanker Otak Glioblastoma yang Menyerang Agung Hercules

3. Fitonutrien

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!rfsdelivers.com

Kandungan lainnya yang bermanfaat sebagai antikanker adalah fitonutrien. Senyawa ini biasanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan. Berkat adanya fitonutrien maka tahap awal pembentukan kanker bisa dicegah. Selain itu berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa fitonutrien memang bisa menjadi salah satu senyawa antikanker yang efektif menangkal kanker, yaitu salah satunya kanker darah atau leukemia.

4. Antioksidan

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!loopjamaica.com/

Ya selain antikanker tentunya nangka memiliki senyawa antioksidan yang mampu melindungi DNA dari kerusakan dan radikal bebas. Bahkan antioksidan ini mampu mencegah terjadinya mutasi sel kanker sehingga sel kanker tidak menyebar dan membahayakan tubuh. Tak hanya itu, antoksidan yang terkandung dalam nangka pun efektif untuk perbaiki sistem pencernaan.

5. Lignan

Mampu Halau Sel Kanker, Ini 5 Kandungan Zat Alami Pada Nangka!yelp.com

Senyawa terakhir yang bisa bertindak sebagai antikanker adalah lignin. Tak hanya bertindak sebagai antikanker, lignin atau lignan juga mampu menurunkan resiko tubuh terkena kanker menurut berbagai penelitian. Biasanya lignan mampu menurunkan resiko kanker rahim seperti isoflavon.

Buah nangka memang murah namun manfaatnya sangat besar untuk kesehatan. Yuk rutin konsumsi buah nangka supaya kita pun terhindar dari resiko kanker yang berbahaya!

Baca Juga: Waspadalah, Ini 7 Gejala Awal Kanker yang Sering Diabaikan Pasien

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You