Comscore Tracker

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib Dikonsumsi

Sudah tahu?

Kalium merupakan elemen yang sangat penting untuk tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh. Kalium mempunyai berbagai manfaat seperti mengendalikan tekanan darah, menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh dan mengendalikan kinerja jantung.

Kekurangan kalium bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh seperti tubuh mudah lelah, otot lemas bahkan ginjal bisa kronis. Kebutuhan kalium bisa didapat dengan asupan makanan bergizi, berikut lima makanan yang bisa memenuhi kebutuhan kalium sehari-harimu yuk konsumsi!

1. Kentang

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib DikonsumsiPexels/Pixabay

Kentang memiliki kadar kalium paling besar dibandingkan dengan makanan lainnya. Kandungan yang besar ini tentunya mampu mencukupi kadar kalium dalam kehidupan sehari-hari. Selain kalium kentang juga mengandung karbohidrat, vitamin C, serat serta vitamin B6 untuk memenuhi kebutuhan tubuh lainnya.

Namun sebaiknya sebelum dikonsumsi pastikan kentang dikukus dahulu bukan digoreng. Konsumsi kentang goreng sangat tidak dianjurkan karena kentang goreng bisa memunculkan senyawa akrilamida yang bersifat karsinogen.

2. Alpukat

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib DikonsumsiPexels/Foodie factor

Tak banyak orang tahu ternyata alpukat memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi dari pisang. Selain itu alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh seperti omega 6 yang sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun kadar lemak ini seringnya dihindari oleh sebagian orang padahal justru lemak tak jenuh baik untuk dikonsumsi. Kandungan kalium yang tinggi tentunya mampu untuk memenuhi kebutuhan kalium sehari-hari.

Baca Juga: Selain Enak, 6 Makanan Fermentasi Ini Baik Buat Kesehatan Pencernaan

3. Kacang-kacangan

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib DikonsumsiPexels/R Khalil

Kacang-kacangan juga mengandung kalium yang lumayan untuk memenuhi asupan sehari-hari. Tak hanya kalium, kacang-kacangan juga mengandung serat nabati dan juga protein yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari kecuali bagi pemilik alergi kacang.

4. Bayam

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib DikonsumsiPexels/Rodolfo

Tentunya semua orang tahu bila bayam mengandung zat besi yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang kekurangan zat besi. Selain itu bayam juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin A, asam folat dan magnesium. Tentunya berbagai nutrisi ini penting untuk kesehatan tubuh dan kandungan kaliumnya sangat baik untuk asupan sehari-hari.

5. Pisang

5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib DikonsumsiPexels/Pixabay

Buah yang berwarna kuning ini memang mengandung kalium yang tentunya sangat baik bagi tubuh. Tak hanya kalium, pisang pun mengandung vitamin B, provitamin A dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, pisang pun mampu mengirimkan oksigen ke otak sehingga konsentrasi otak dapat meningkat lagi setelah konsumsi pisang. Oleh sebab itu saat otak tak dapat berkonsentrasi, konsumsi pisang dapat menjadi altrenatif terbaik untuk meningkatkan konsentrasi otak lagi.

Makanan apalagi yang menurutmu kandungan kaliumnya cukup tinggi?

Baca Juga: Makanan Ini Tenyata Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You