Comscore Tracker

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!

Jangan anggap enteng ya!

Pada umumnya kita sering menyepelekan soal kebersihan makanan sebelum menyantapnya dan seringnya tak peduli soal sanitasi makanan tersebut. Padahal seperti yang kita ketahui, sumber penyakit terbesar ada pada makanan yang kita makan dan bisa saja bakteri atau pestisida yang tertinggal pada makanan ikut masuk ke dalam tubuh juga.

Berikut lima makanan yang harus kamu cuci terlebih dulu sebelum dikonsumsi, jangan sampai meremehkannya ya!

1. Semua buah-buahan umumnya mengandung bakteri patogen oleh karena itu perlu dicuci

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!Pexels/Trang Doan

Entah buah-buahan tersebut akan dikupas maupun tidak, seyogyanya kita harus tetap membersihkannya sebelum dikonsumsi karena buah-buahan biasanya mengandung bakteri patogen dan pestisida.

Saat kita mengabaikan kebersihan, tentu saja bakteri patogen dan pestisida akan ikut termakan dan menyebabkan sakit perut. Selain itu jangan hanya dicuci dengan air saja karena air takkan menghilangkan bakteri dan sisa pestisida yang menempel pada buah-buahan.

2. Jangan melupakan makanan kaleng juga karena luarnya sering dihinggapi bakteri

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!Pexels/Valeria Boltneva

Entah itu makanan yang berupa kornet sapi, sarden maupun makanan dan minuman kaleng lainnya harus juga kamu cuci sebelum mengkonsumsinya. Mungkin memang benar, isi kaleng tersebut bersih tetapi luarnya kan tetap saja kotor dan mengandung banyak bakteri yang kita tidak ketahui.

Nah oleh karena itu sebelum mengkonsumsinya, usahakan bersihkan kalengnya terlebih dulu setelah itu kalengnya bisa kamu buka untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Kerap Dianggap Tidak Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Tubuh

3. Seafood

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!Pexels/Alex Favali

Makanan laut seperti kerang harus juga kamu bersihkan sebelum memakannya karena ada bakteri yang hinggap entah di cangkangnya maupun bagian dalam kerang yang akan dimakan.

Meski hanya bagian dalam yang kamu makan bukan berarti kamu hanya membersihkan bagian dalamnya saja karena bakteri bisa berpindah dari luar ke dalam. Bersihkan kerang dengan air garam sebelum akan dimasak untuk mengurangi kontaminasi bakteri berbahaya.

4. Jamur

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!Pexels/Engin Akyurt

Meski jamur tampak bersih, nyatanya jamur menyerap banyak kotoran saat tumbuh. Oleh karena itu kamu harus membersihkan jamur sebelum memasaknya untuk mengurangi kontaminasi bakteri dan zat berbahaya. Cukup dengan merendam jamur pada baskom yang berisi air, kamu sudah mengurangi kontaminasi bakteri pada jamur.

5. Jangan lupa juga membersihkan beras sampai bersih

Waspadai, 5 Makanan Ini Harus Dicuci Sampai Bersih Sebelum Dikonsumsi!Pexels/Buonesia Carol

Beras yang tak dicuci bersih biasanya akan cepat bau dan apek. Oleh sebab itu usahakan sebelum dimasak, bersihkan beras secara maksimal agar terhindar dari bau. Konon biasanya beras memang akan tetap bau bila kita tak membersihkannya dengan maksimal dan menyeluruh. Nah bersihkan dengan benar ya sebelum dimasak agar terhindar dari bau yang tak diinginkan.

Jangan disepelekan ya!

Baca Juga: 7 Kemasan Makanan yang Selama Ini Salah Menggunakannya

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You