Comscore Tracker

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!

Gak selamanya buruk kok!

Biasanya orang-orang mencap buruk sebuah kebiasaan ngemil karena konon ngemil bisa menggagalkan diet dan membuat tubuh menjadi gemuk. Walau demikian ngemil tak selalu membuat dampak buruk kok karena masih ada hal baik dari kebiasaan ngemil. Nah berikut lima manfaat ngemil untuk tubuhmu yang sering kamu lupakan begitu saja, asal jangan berlebihan saja ya!

1. Tubuhmu mendapatkan nutrisi yang beragam

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!Pixabay/Piviso

Terkadang tubuh perlu nutrisi beragam dan hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan kebiasaan ngemil. Asalkan ngemilnya makanan sehat saja dan kurangi kebiasaan ngemil junk food. Nutrisi yang beragam ini dibutuhkan tubuh untuk metabolisme dan pertahanan dari sakit. So, jangan buru-buru judge bila ngemil berdampak buruk bagi tubuh karena ngemil sehat justru bermanfaat untuk keseimbangan tubuh.

2. Mampu cegah binge eating

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!Pexels/Adrienn

Binge eating merupakan kebiasaan menyantap makanan enak dengan porsi yang berlebihan hingga menyebabkan perut kekenyangan. Kebiasaan ini sebenarnya buruk karena memaksa sistem pencernaan bekerja 2 kali lipat. Namun dengan menerapkan kebiasaan ngemil jelas akan mengurangi perilaku binge eating karena perut tak pernah merasa kosong.

Baca Juga: Ngemil Anti Melar! Ini 5 Ide Camilan Sehat yang Bisa Kamu Coba

3. Metabolisme tubuh meningkat

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!Pixabay/Sasint

Kebiasaan ngemil sehat pun akan membuat metabolisme tubuh meningkat yang tentu dampaknya kamu akan lebih semangat dengan berbagai aktivitas serba padat yang menemanimu setiap hari. Tentunya kamu pun terhindar dari berbagai kemungkinan sakit karena setiap hari metabolisme tubuhmu selalu terjaga. So, pertahankan kebiasaan ngemil sehatmu ya!

4. Mudah berkonsentrasi

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!Pixabay/rawpixel

Terkadang ngemil pun bisa membuat konsetrasi otak meningkat karena kadar glukosa yang diubah menjadi energi meningkat untuk disalurkan ke otak. Kondisi ini akan mencegahmu merasa suntuk dan mudah lelah apalagi bila pekerjaan menumpuk dan deadline semakin dekat. Jangan mengharamkan ngemil karena hal tersebut sama sekali tak salah kok! Asal jangan berlebihan saja.

5. Cegah lesu setelah jam makan siang

Jangan Terus Mencap Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil yang Bisa Kamu Dapat!Pixabay/Mabel Amber

Biasanya setelah jam makan siang selesai, perut kita akan merasa sangat kenyang karena asupan karbohidrat yang banyak. Tapi sayangnya kondisi ini menyebabkan tubuh terasa lesu, malas bahkan mengantuk karena banyaknya asupan makanan yang masuk ke tubuh. Berbeda ketika kamu sedikit demi sedikit ngemil, ketika jam makan siang masuk tentu kamu takkan berlebihan menyantap jamuan. Hal ini karena perutmu tak dibiarkan dalam kondisi lapar. So, ngemil tetap mempunyai manfaat positif untuk tubuh kok.

Nah jangan mengharamkan ngemil ya!

Baca Juga: 7 Resep Overnight Oats Lezat, Bikin Ngemil Lanjut Tanpa Takut Gendut

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You