Comscore Tracker

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!

Jangan dipercaya dulu ya!

Diet vegan atau vegetarian memang kian populer di dunia kesehatan. Diet ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan dan menghindari dari risiko penyakit berbahaya. Namun sayangnya masih ada mitos yang beredar di masyarakat dan salah. Namun mitos ini seringnya dipercaya padahal kenyataannya tidak seperti itu. Berikut lima mitos mengenai diet vegetarian, jangan diikuti ya!

1. Berat badan pasti turun

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!chattanooga-charm.com

Faktanya diet vegetarian tidak akan menjamin berat badan pasti turun. Hal ini terjadi pada vegetarian yang masih suka mengonsumsi makanan olahan dan sintesis. Biasanya berat badan akan turun dengan sedikit demi sedikit itupun hanya bagi vegetarian sejati atau benar-benar sudah mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan. Kalau kamu mengaku vegetarian tapi masih konsumsi junk food dan makanan sintesis lainnya jangan harap berat badanmu bisa turun dan ideal.

2. Kurang aman bagi ibu hamil

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!momtricks.com

Mungkin diet vegetarian memang kurang tepat bila dilakukan pertama kali saat hamil. Namun kalau kamu sudah melakukan diet vegetarian dalam waktu yang lama sebelum hamil maka itu diperbolehkan. Khawatirnya saat kamu memutuskan menjadi vegetarian pertama kali pas saat kamu hamil, hal-hal seperti kenaikan berat badan yang drastis, diabetes dan hipertensi bisa terjadi.

Nah namun ada baiknya saat hamil perbanyak konsumsi kacang-kacangan, kacang hijau dan buah kering ya sebagai sumber protein bagi tubuhmu

Baca Juga: Coba 7 Metode Diet ini, Jika Ingin Punya Badan Seperti Idol KPop

3. Selalu lapar

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!care2.com

Banyak orang berpikir bila melakukan diet vegetarian seseorang akan mudah lapar. Padahal itu hanya mitos. Lapar biasanya disebabkan karena kamu kurang konsumsi makanan yang mengandung serat. Oleh sebab itu saat menjadi vegetarian perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti kacang-kacangan, protein nabati dan lain sebagainya.

4. Asupan protein tidak mumpuni

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!food.ndtv.com/

Biasanya kita hanya berpikir asupan protein berasal dari daging dan telur. Padahal itu sama sekali tak benar karena protein juga dapat berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Bahkan kandungan protein dari tumbuhan ini juga setara dengan daging. Jadi jelas anggapan salah bila diet vegetarian membuatmu kekurangan protein.

5. Energi banyak berkurang

5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!livekindly.com

Gak ada hubungannya diet vegetarian dan kekurangan energi. Saat kamu lemas bisa saja kamu kekurangan vitamin B12 atau zat besi. Kedua zat ini biasanya bisa kamu dapat di susu dan telur. Namun saat memutuskan diet vegetarian tentunya kandungan zat besi yang tinggi bisa kamu dapat dalam bayam, buncis, kacang mete dan biji-bijian. So, jangan beranggapan kamu lemas karena kehilangan banyak energi karena memutuskan diet vegetarian ya!

Sebaiknya, pelajari lebih jelas terlebih dahulu mengenai diet vegetarian sebelum mencobanya ya!

Baca Juga: Ini 7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You