Comscore Tracker

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak 

Tidak ada salahnya mencoba diet ini!

Kita semua tentu setuju dengan pernyataan bahwa kesehatan itu mahal harganya. Oleh sebab itu, sudah banyak masyarakat global yang menaruh kesadaran penuh akan upaya menjaga kesehatan.

Salah satu cara yang cukup familiar di telinga kita adalah penerapan pola hidup melalui diet sehat. Salah satu diet sehat yang memiliki fokus untuk meningkatkan kesehatan otak adalah diet MIND.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, diet tersebut merupakan gabungan dari diet Mediterania dan diet DASH, sesuai kepanjangannya yaitu the Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay, lho!

1. Diet MIND dikembangkan untuk membantu meningkatkan fungsi otak

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak Pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Pada dasarnya diet MIND dikembangkan oleh para ahli, untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Termasuk mengurangi risiko terjadinya demensia dengan menggabungkan aspek dari diet Mediterania dan diet DASH.

Berdasarkan studi mengenai diet MIND yang diujikan ke beberapa partisipan, menunjukkan persentase sebanyak 52 persen lebih rendah untuk diagnosis penyakit Alzheimer. Secara sederhana, diet MIND memberi panduan untuk makan makanan nabati seperti buah-buahan tanpa memberi penekanan konsumsi secara umum.

2. Sayuran hijau merupakan komponen penting dalam diet MIND

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak Pexels.com/Rahul Pandit

Para peneliti menemukan fakta ilmiah bahwa sayuran hijau seperti bayam, brokoli, salad, selada, dan kangkung mampu menurunkan risiko penurunan kognitif dan demensia.

Kandungan nutrisi di dalam sayuran yang meliputi vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan folat memiliki manfaat bagi kesehatan khususnya dapat memperlambat penuaan pada otak. Untuk memaksimalkan asupan sayuran, kita dapat mengonsumsi enam porsi sayuran hijau dalam satu minggu.

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Didapat dari Diet Basa atau Diet Alkaline

3. Buah berry termasuk dalam menu rekomendasi untuk diet MIND

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak Pexels.com/Kristina Paukshtite

Konsumsi buah berry setidaknya dua kali seminggu dianjurkan untuk dikonsumsi dalam menjalani pola hidup sehat melalui diet MIND. Diketahui bahwa penelitian yang telah terpublikasi hanya memaparkan stroberi untuk konsumsi bagi pengikuti diet MIND.

Namun tidak ada salahnya mencoba jenis berry lainnya seperti blueberry, blackberry, dan raspberry untuk memperoleh manfaat antioksidan.

4. Menu lain yang dapat dikonsumsi dalam menjalani diet MIND

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak Pexels.com/JÉSHOOTS

Selain sayuran hijau dan buah berry, makanan yang termasuk dalam komponen diet MIND adalah sayuran lain seperti wortel dan labu, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan. Komponen yang termasuk dalam biji-bijian seperti beras merah, roti gandum, dan oatmeal, dapat dijadikan opsi untuk dikonsumsi sehari-hari secara bergantian.

Sementara jenis kacang-kacangan seperti kedelai dan lentil bisa dikonsumsi setidaknya empat kali dalam seminggu.

Minyak zaitun dapat dijadikan opsi sehat untuk menggoreng menu makanan tertentu seperti ikan. Kita dapat mengonsumsi ikan setidaknya seminggu sekali secara bervariasi baik tuna, salmon, atau sarden untuk mendapat kandungan gizi omega-3.

5. Makanan yang harus dihindari dalam diet MIND salah satunya adalah daging merah

Mengenal Diet Sehat 'MIND', Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak Pexels.com/mali maeder

Baca Juga: Tidak Melulu Sayur, 7 Makanan Enak Ini Boleh Dikonsumsi Saat Diet!

Sama seperti jenis diet lainnya, diet MIND memiliki rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan sebaiknya dihindari. Terdapat lima makanan yang harus dihindari demi keberhasilan menjalankan diet MIND dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan yang pertama adalah daging merah termasuk daging sapi, daging kambing, daging babi, dan produk-produk lain, yang terbuat dari daging.Makanan yang kedua adalah mentega dan margarin.

Ketiga yaitu keju, keempat makanan yang digoreng terutama menu restoran cepat saji, dan yang kelima adalah kue beserta manisan termasuk es krim, brownies, donat, permen, dan camilan.

Alasan para peneliti menganjurkan untuk tidak mengonsumsi lima makanan tersebut dikarenakan terdapat kandungan lemak jenuh dan lemak trans di dalamnya. Selain itu, para peneliti juga percaya makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam diet MIND memberi efek antioksidan dan anti-inflamasi untuk meningkatkan kesehatan otak.

Itulah lima hal yang harus kalian ketahui sebelum memilih untuk melakukan diet MIND. Agar bisa mendapatkan hasil, yang lebih maksimal.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Indriyani Photo Verified Writer Indriyani

Riset, data, dan kepenulisan ilmiah adalah hal yang menyenangkan untuk ditelisik. Kecintaan terhadap dunia kepenulisan ditorehkannya melalui bait-bait alinea. Business inquiries: indriyaniann124@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya