Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!

Mau mencoba yang mana dulu, nih?

Selain Thailand yang telah ambil bagian lebih dulu di hati masyarakat Indonesia, negara tetangganya, Vietnam juga gak kalah menarik untuk ditelisik, lho. Seperti dari segi kuliner. Vietnam memiliki beragam makanan khas yang menggugah selera dan tak jarang cukup unik.

Berbicara soal unik, Vietnam pun memiliki olahan makanan berupa nasi yang diolah dan dibentuk sedemikian rupa agar menarik mata dan mantap di lidah seperti 5 makanan di bawah ini! Berani coba?

1. Cơm nắm

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!cooky.vn

Hidangan tradisional Vietnam ini biasanya dibuat dari beras panjang yang kemudian dibuat bola-bola terlebih dahulu sebelum disajikan. Biar tampilan lebih menarik dan menggugah selera makan, biji wijen dan daging babi cincang karamel ditambahkan terlebih dahulu. Imut banget bentuknya, ya?

2. Xôi

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!phunutoday.vn

Xôi terdapat dalam dua versi, versi gurih bernama xôi mặn dan versi manis biasa disebut xôi ngọt. Versi gurih biasanya disajikan dengan topping berupa sosis, ayam suwir, atau ham.

Sementara versi manis biasanya menggunakan buah-buahan seperti mangga, durian, kelapa, singkong, kacang hijau, dan lain-lain. Mulai dari street food sampai restoran kelas atas sering menyajikan olahan nasi satu ini, lho.

Baca Juga: 10 Olahan Khas Berbahan Nasi dari Berbagai Negara, Enaknya Nendang!

3. Cơm lam

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!dienmayxanh.com

Bukan Indonesia saja, Vietnam juga mempunyai olahan nasi dengan cara dibakar dalam bambu, nih. Yang membedakan, di Vietnam biasanya menggunakan beras ketan dengan bahan pendamping berupa daging babi atau ayam panggang, biji wijen dan kacang panggang. 

4. Bánh chưng

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!cooky.vn

Olahan nasi yang konon dibuat pertama kali oleh pangeran Vietnam, Lang Liêu ini sangat estetik, ya. Dalam membuat penganan satu ini, biasanya menggunakan berat ketan. Dengan bahan isian berupa kacang hijau, daging babi, garam, lada, bawang dan saus ikan.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, biasanya saat dimasak bánh chưng disimpan di atas cetakan kayu, lho. Totalitas banget kan bikinnya juga.

5. Bánh tét

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Unik Banget, Jadi Pengin Cicip!daubepgiadinh.vn

Penganan berbahan beras ketan yang biasa dihidangkan dengan cara dipotong berbentuk silinder ini berasal dari Vietnam selatan. Daun pisang yang bikin aroma wangi, tambahan bahan berupa kacang hijau dan daging babi bikin olahan satu ini nikmatnya kebangetan.

Bahannya yang cukup sederhana, mudah banget ditiru nih dan bisa disesuaikan juga dengan keinginan kamu untuk isiannya.

Dilihat dari bentuknya yang menarik banget begitu bikin siapa pun pengin mencicipi, ya. Namun, jika kamu yang tidak memakan babi, pastikan terlebih dahulu makanan tersebut boleh kamu makan atau tidak ya karena makanan khas Vietnam tidak akan jauh dari hewan ternak satu tersebut.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Ayam ala Vietnam yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya