Comscore Tracker

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!

Wajib dihindari saat hati gak konsentrasi!

Beberapa jenis makanan membantu mengurangi perasaan stres, membuat perasaan lebih bahagia, hingga membantu tidur lebih nyenyak. Namun, ternyata ada juga beberapa jenis makanan yang malah membuat perasaan cemas dan depresi, terlebih jika dikonsumsi saat mengalami gejala tersebut akan memperburuk kondisi.

Inilah 5 makanan yang wajib dihindari saat merasa cemas atau tidak konsentrasi agar gak semakin memperburuk keadaan.

1. Gula

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!tasteofhome.com

Setiap hari kamu pasti mengonsumsi perasa manis bernama gula. Ternyata saat merasa cemas, gundah atau depresi, mengonsumsi makanan mengandung gula harus dihindari.

Dalam jurnal Diabetologia, penelitian menemukan bahwa ketika kadar glukosa naik (akibat mengonsumsi gula), kadar protein yang mendorong pertumbuhan sinapsis dan neuron akan menurun.

Sederhananya, ketika kamu mengonsumsi gula, otak cenderung bekerja tidak optimal. Semakin kamu mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, semakin besar pula risiko cemas, depresi, diabetes, hingga demensia.

2. Makanan olahan

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!home.bt.com

Makanan olahan memang sering sekali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dengan tingkat kecemasan. Hal ini telah dibuktikan dalam jurnal Public Health Nutrition (2012). Dalam penelitian yang dilakukan, mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji ternyata muncul perasaan depresi dan cemas hingga 51 persen.

Penelitian serupa telah dilakukan di Inggris dengan melibatkan 3.000 orang. Hasilnya, ternyata mereka yang mengonsumsi makanan olahan cenderung mengalami perasaan depresi dan gundah dalam hatinya.

Baca Juga: 6 Kemungkinan Kenapa Kamu Bisa Depresi dan Merasa Cemas

3. Lemak trans

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!looptt.com

Lemak trans adalah lemak tak jenuh pada makanan, salah satunya dalam minyak terhidrogenasi.

Jurnal Plos One menerbitkan sebuah penelitian bahwa mereka yang mengonsumsi makanan mengandung lemak trans mengalami tingkat depresi hingga 48 persen. Sedangkan, makanan sehat ala Mediterania yang umumnya menggunakan minyak zaitun malah berhasil menurunkan berbagai penyakit, termasuk depresi.

4. Makanan yang mengandung gluten

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!ligastrohealth.com

Gluten adalah protein utama dalam gandum, jelai dan gandum hitam yang mana makanan ini sering diolah menjadi roti. Sifat gluten yang kedap udara dan bentuk tak beraturan membuatnya hanya bisa dicerna sebagian, membuat usus iritasi, mengganggu kekebalan tubuh hingga memunculkan penyakit celiac (penyakit autoimun yang diakibatkan oleh konsumsi gluten).

Laman Psychology Today menyebut jika iritasi usus sebenarnya beriringan dengan perasaan cemas dan depresi yang dialami seseorang. Hal yang sama juga diungkapkan dalam jurnal Psychiatric Quarterly, sepertiga dari mereka yang mengidap penyakkt celiac pun ternyata mengalami perasaan depresi.

5. Jus apel

Jangan Salah, Mengonsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kamu Merasa Cemas Lho!naturallydaily.com

Lain hal dengan apel utuh yang tinggi akan kandungan serat. Ketika diolah jadi jus, serat dalam apel justru berkurang dan malah sarat akan fruktosa halus. Ketika jus tersebut dikonsumsi, dampak yang ditimbulkan adalah memicu kenaikan gula darah dan memicu aliran hormon adrenalin. Gejala ini mirip dengan serangan panik atau gejala cemas.

Itulah 5 makanan yang sebaiknya dihindari jika sedang merasa cemas, gundah atau depresi agar gak memperburuk keadaan. Hati-hati saat mengonsumsinya ya!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya