Comscore Tracker

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!

Pencinta makanan dengan banyak rasa wajib coba, nih

Di industri kuliner, neapolitan memiliki arti tersendiri yang merujuk pada olahan es krim tiga rasa, mulai dari cokelat, stroberi, hingga vanila. Perpaduan warna dan rasanya kerap kali diadaptasi untuk makanan lain, agar terasa lebih variatif.

Berikut ini terdapat lima olahan dengan tema neapolitan yang patut untuk diketahui. Supaya kamu mendapat referensi untuk mengolah hidangan anyar dalam waktu dekat ini. Yuk, simak baik-baik!

1. Neapolitan tacos

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!ilustrasi neapolitan tacos (foodnetwork.com/valerie bertinelli)

Hidangan bertema neapolitan ini paling cocok apabila dijadikan salah satu pencuci mulut di siang hari. Perpaduan rasa cokelat, vanila, dan stroberi pun berpadu dengan serasi dari bahan-bahan yang digunakan.

Meskipun mengusung tema taco, tapi media yang digunakan dalam kudapan bukanlah tortila, melainkan waffle atau pizelle rasa cokelat. Kemudian berikan beberapa scoop es krim vanila dan lengkapi bersama irisan stroberi segar.

2. Neapolitan cheesecake

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!ilustrasi neapolitan cheesecake (pexels.com/Olenka Sergienko)

Sajian cheesecake yang mengusung neapolitan sebagai salah satu kreasinya tentu akan memberikan perpaduan warna dan rasa yang berbeda. Sama seperti hidangan lain, variasi ini pun akan terdiri dari tiga rasa utama.

Pertama-tama, gunakan wafer cokelat sebagai crust makanan. Kemudian buat isian dengan cream cheese, gula, hingga heavy cream. Bagi adonan jadi tiga bagian untuk masing-masing ditambah lelehan cokelat, cokelat putih, ekstrak vanila, dan stroberi dengan pewarna merah.

Susun adonan sesuai urutan, mulai dari warna paling gelap, putih, kemudian merah muda. Bila suka, silakan menambahkan ekstra topping untuk mempercantik makanan serba warna-warni tersebut.

Baca Juga: 5 Ragam Makanan Manis dari Krim Bavaria yang Bikin Kecanduan

3. Neapolitan bars

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!ilustrasi neapolitan bar (tasteofhome.com/Taste of Home)

Neapolitan berikutnya bisa didapatkan melalui hidangan yang terbuat dari sereal rice krispie. Kemudian diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan camilan bar yang renyah dengan warna-warni khas es krim neapolitan.

Susunan bahan yang dipakai dalam santapan ini terdiri dari rice krispie, stroberi yang telah dihancurkan, pewarna merah, rice krispie cokelat, chocolate chips, serta marshmallow untuk merekatkan makanan.

Lelehkan marshmallow dan mentega, kemudian campur dengan masing-masing rice krispie yang memiliki warna serta rasa seragam. Susun di loyang mulai dari rasa cokelat, vanila, dan stroberi. Biarkan dingin selama beberapa saat. 

4. Neopolitan cupcake

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!ilustrasi neapolitan cupcakes (pexels.com/Jess Bailey Designs)

Perpaduan tiga rasa dari es krim neapolitan berikutnya bisa didapatkan dari olahan cupcake. Kamu bisa menggunakan rasa-rasa tersebut sebagai adonan utama, filling, serta topping menggugah selera.

Gunakan adonan kue vanila sebagai dasar cupcake. Kemudian isi memakai baking cokelat dan chocolate chips. Sementara itu, rasa stroberi didapatkan dari percampuran antara buah tersebut bersama whipped cream.

5. Neopolitan bundt cake

5 Camilan Bertema Neapolitan, Punya Tiga Rasa yang Manjakan Lidah!ilustrasi neapolitan bundt cake (delish.com/Carrie Stalk)

Kreasi olahan bertema neapolitan berikutnya bisa diterapkan dalam pembuatan bundt cake. Salah satu kue berbentuk lingkaran dengan bagian tengah yang dibuat berlubang ini memang menjadi kesukaan banyak orang.

Adonan yang dipersiapkan pun bisa diambil dari kemasan bolu siap pakai yang dicampur telur dan mentega. Bagi menjadi tiga wadah, masing-masing ditambah dengan lelehan cokelat, ekstrak vanila, dan sirup stroberi.

Susun di dalam loyang bundt secara berlapis, kemudian panggang beberapa saat. Setelah itu, kamu bisa menyajikan hidangan ini menggunakan ekstra chocolate ganache yang menggugah selera.

Neapolitan menjadi salah satu istilah populer untuk mengkombinasikan tiga rasa dalam suatu makanan. Bagi pencinta vanila, cokelat, hingga stroberi, lima santapan di atas bisa menjadi inspirasi terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Penyajian Sundae untuk Es Krim yang Tidak Membosankan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya