Comscore Tracker

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezat

Ternyata roti bisa dibikin kebab yang nggak kalah enak lho!

Roti tawar merupakan salah satu alternatif makanan pokok yang biasanya diolah sebagai makanan untuk pagi hari. Roti sendiri cenderung memiliki masa kedaluwarsa yang singkat lantaran mereka jarang yang menggunakan pengawet. 

Nah, roti yang tidak habis termakan biasanya akan terbengkalai dan berakhir dibuang karena akan memasuki waktu kedaluwarsanya. Sebelum itu terjadi, ada baiknya olah roti-roti tawar tersebut menjadi camilan enak agar lebih cepat habis. Lima berikut ini adalah contohnya.

1. Roti tawar kering

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezatlatimes.com

Roti tawar yang masih banyak sisa sebaiknya segera diolah agar lebih mudah dimakan atau jadi bisa disimpan lebih lama. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu di dapur untuk mengolah sesuatu, maka metode pemasakan satu ini bisa ditiru.

Bagelen atau roti tawar kering adalah makanan yang sering dijadikan pelarian apabila roti tawar sudah tidak disentuh lagi. Mengeringkan roti akan membuat teskturnya menjadi garing dan renyah, cocok sebagai teman minum kopi atau teh di sore hari.

Untuk membuat roti tawar kering pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan kedua sisi roti yang sudah dipotong-potong menggunakan mentega dan gula pasir. Jika sudah tercampur rata maka kamu hanya perlu memasukan roti ke dalam oven dan panggang sampai kering.

2. Puding cheesecake roti tawar

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezatyoutube.com/cocopaw cooking

Cheesecake menjadi salah satu makanan penutup yang paling sering dimodifikasi untuk memudahkan pembuat dalam menyesuaikan bahan yang bisa mereka temukan baik itu di swalayan maupun lemari pendingin. Dalam contoh ini, ada cheesecake versi ekonomis yang dibuat dari roti tawar.

Betul, kamu enggak salah lihat. Cheesecake satu ini memang memiliki bahan dasar roti tawar. Jadi kalau ada stok berlebih yang tidak segera dimakan, akan jauh lebih baik dibuat makanan penutup ini saja.

Dalam mengolah roti menjadi cheesecake, kamu perlu menghaluskan bahan-bahan seperti roti, susu cair, gula pasir sampai tidak ada buliran-buliran yang mengganggu. Setelah itu masak bersama bubuk agar-agar dan parutan keju dalam api sedang.

Jangan lupa masukan tepung maizena agar adonan mengental sempurna. Jika sudah terlihat masak, baru simpan di wadah dan biarkan hingga dingin. Kamu bisa juga menghias puding cheesecake roti tawar ini menggunakan parutan keju atau krim.

Baca Juga: 5 Roti Khas Korea yang Bikin Ngiler, Ide Usaha Baru Industri Kuliner!

3. Risol roti tawar

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezatcookpad.com/Retno D

Mengolah gorengan kesukaan tidak memerlukan waktu lama jika kamu dapat memanfaatkan roti menjadi risol. Makanan dengan ciri khas menggunakan kulit dadar tersebut memang selalu hadir dalam berbagai jamuan di dalam negeri, maka tidak heran jika banyak sekali penggemar risol di Tanah Air.

Berbagai risol hadir dengan isian yang dapat disesuaikan berdasarkan stok makanan di rumah. Ada yang bercita rasa asin dan bisa juga diisi cokelat atau potongan pisang untuk mendapatkan rasa yang manis.

Membuat dadar risol dari roti tawar tergolong mudah. Kamu hanya cukup memotong bagian kulit roti kemudian pipihkan seluruhnya sampai tipis. Masukan isian yang diinginkan, lalu rekatkan menggunakan telur agar isian tidak bocor.

Basahi adonan menggunakan telur lalu gulingkan di atas tepung roti sampai kulit roti tertutupi seluruhnya. Sebelum dimasak, ada baiknya masukan dulu ke dalam kulkas agar lebih enak.

4. Pizza roti

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezatmyfoodstory.com

Selain dibuat menjadi pengganti kulit dadar untuk risoles, kali ini roti juga bisa dipakai untuk dough pizza lho! Jadi kamu yang belum pernah membuat adonan pizza dan malas ribet di dapur, bisa menggunakan makanan satu ini agar lebih cepat dan praktis.

Untuk memaksimalkan rasa, sebaiknya kamu buang pinggiran kulit roti. Jika ingin membuat pizza dalam porsi besar, maka kamu cukup menaruh lembaran roti ke dalam teflon hingga seluruhnya penuh dan tak menyisakan ruang.

Isian pizza bisa disesuaikan tergantung selera. Namun ada baiknya oleskan roti menggunakan margarin atau mentega agar isian bisa menempel sempurna. Nah, kamu bisa memakai saus tomat atau saus sambal yang diberi potongan sosis dan parutan keju. Sebaiknya gunakan keju yang dapat meleleh jika dipanaskan ya.

Tidak harus menggunakan oven, kamu dapat memanfaatkan wajan atau teflon yang dipanaskan di atas kompor. Pastikan api dalam kondisi stabil dan merata agar tidak membuat roti menjadi gosong dan menimbulkan rasa pahit.

5. Kebab roti

Cepat Kedaluwarsa, 5 Cara Gampang Olah Roti Tawar Jadi Makanan Lezatcookpad.com/Widya Tri Septianis

Kebab umumnya dibuat dengan melibatkan daging, sayuran, aneka saus, dan yang paling penting adalah kulit tortila untuk membungkus semuanya. Nah, kalau kamu tidak sempat berbelanja kulit tortila atau di tempatmu berada bahan tersebut sulit ditemukan, maka kamu dapat menggunakan roti tawar sebagai penggantinya.

Tidak berbeda jauh dengan olahan kebab biasa, kamu juga bisa memakai aneka ragam jenis daging untuk dijadikan bahan utama. Bahkan jika tidak ada, kamu boleh menggunakan sosis atau ayam. Untuk sayur mayur sendiri, kamu dapat menyiapkan selada, tomat, dan sayur lain yang kamu suka.

Sebelum memasukan bahan-bahan, ada baiknya roti dibuang terlebih dahulu bagian kulit cokelatnya, lalu pipihkan roti agar tidak mudah sobek saat dibentuk. Masukan daging dan sayur, tambahkan mayones serta saus, kemudian lipat menyerupai kebab.

Nah, itu dia kelima ide mengolah roti tawar yang sudah tidak dimakan menjadi camilan enak dan sedap. Sedikit kreativitas akan membantumu memanfaatkan berbagai jenis makanan yang tersisa di dapur, buat semenarik mungkin agar orang rumah lahap memakan masakanmu.

Baca Juga: Resep Roti Sobek Cokelat ala Sari Roti, Cara Bikinnya Gampang 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya