Comscore Tracker

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyol

Disebut-sebut sebagai kembaran creme brulee, lho!

Crema catalana atau ada juga yang menyebutnya sebagai catalan, sepintas begitu mirip dengan creme brulee. Sebab, di bagian atas hidangan yang terbuat dari gula pasir dan sama-sama di-torch supaya mengeras dan terbakar.

Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan, terutama di dalam pilihan bahan baku. Bila creme brulee menggunakan krim sebagai bahan utama. Maka crema catalana cenderung mengandalkan kuning telur serta maizena.

Penasaran, seperti apa hidangan dari catalan ini? Yuk, cari tahu dalam lima kreasi terbaiknya berikut ini.

1. Classic crema catalan

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyolilustrasi classic crema catalan (pixabay.com/12634122)

Crema catalana klasik tercatat sebagai salah satu dessert tradisional Spanyol yang miliki sensasi rasa manis. Tekstur lembut di bagian dalam adonan, serta renyah yang diakibatkan dari proses pembakaran gula pasir di atasnya menambah kenikmatan hidangan satu ini.

Bahan utamanya sendiri tidak cuma mengandalkan kuning telur dan maizena. Ada juga pemakaian susu, kayu manis, serta lemon atau jeruk. Tidak cuma itu, crema catalana pun masih bisa dihias memakai buah segar, agar perpaduan sajian ini semakin nikmat.

2. Cream catalan with churro

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyolilustrasi cream catalan with churro (pexels.com/Expandify Marketing)

Cream catalan alias crema catalana juga tidak melulu bisa disantap secara langsung. Saking populernya sajian ini, mulai banyak orang yang menjadikan catalan tersebut disajikan bersama pendamping supaya terasa makin enak dan mengenyangkan.

Salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan churro. Makanan dari tepung, mentega, dan kayu manis ini sangat terkenal di beberapa negara. Rasanya yang nikmat, bakalan cocok begitu dicocol ke dalam crema catalana yang lembut nan manis.

Baca Juga: 5 Ragam Dessert Renyah yang Manis dari Crisp Buah, Rasanya Nagihin!

3. Chocolate crema catalan

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyolilustrasi chocolate crema catalan (unsplash.com/Alex Munsell)

Cream catalan juga memiliki rasa yang tidak monoton. Oleh karena itu, makanan ini pun terus menjamur dan lahir inovasi yang bikin mulut ingin merasakan kreasinya secara terus-menerus. Termasuk dengan mencampurkan cokelat di dalamnya.

Bahan utama dalam proses pembuatan catalan ini sama saja dengan versi sebelumnya. Perbedaan terletak pada tahapan pemberian dark chocolate, untuk menciptakan rasa yang lebih menarik sekaligus warna gelap terhadap hasil akhir olahan.

4. Catalan cream tart

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyolilustrasi catalan cream tart (unsplash.com/Irina)

Kolaborasi antara crema catalana juga dapat dipadukan secara serasi di dalam olahan tart. Perpaduannya bakal lebih seimbang lagi, karena penggunaan kulit pastri yang bikin sensasi lembut dan renyahnya begitu tajam terasa.

Sedangkan isian dari hidangan ini dibentuk dari bahan-bahan pembuatan crema catalana, mulai dari susu, maizena, kuning telur, dan lain-lain. Tinggal dipanggang, kemudian tambahkan potongan buah segar biar sajian makin perfect!

5. Coffee crema catalan

5 Hidangan dari Crema Catalana, Dessert Kuning Telur ala Spanyolilustrasi coffee crema catalan (pixabay.com/Igor Lukin)

Olahan dari crema catalana ini rupanya bisa juga dikreasikan sesuka hati dengan menghadirkan kopi sebagai salah satu rasa utamanya. Selain manis, sensasi espreso di dalam sajian juga akan bikin kamu melek seharian.

Sebelum ditambahkan ke dalam adonan, ada baiknya kopi diseduh terlebih dahulu secara terpisah. Kemudian masukan bersama kuning telur, susu, dan lain-lain. Seperti biasa, kamu dapat menambahkan buah-buahan untuk hidangan ini.

Crema catalana jadi salah satu ide untuk membuat makanan lembut nan manis. Bahan-bahannya cenderung lebih gampang ditemui, serta dapat pula dikreasikan menjadi aneka macam santapan seru. Yuk, coba!

Baca Juga: Ada Churros, 10 Street Food Khas Eropa yang Memanjakan Lidah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya