Comscore Tracker

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkan

Terdapat bermacam-macam kreasi dari olahan daging ini

Gyro merupakan salah satu olahan daging panggang yang cukup populer di beberapa wilayah, seperti Yunani. Makanan ini menjadi kian terkenal lantaran dimasak menggunakan metode rotisserie dengan berbagai pendamping menggugah selera.

Salah satu saus pendamping yang akrab dalam gyro disebut dengan tzatkiki. Saus ini dibuat menggunakan campuran dari greek yogurt, mentimun halus, bawang putih, cuka, lada, serta minyak zaitun.

Terdapat bermacam-macam kreasi olahan dari gyro yang wajib untuk dicoba, lima di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Chicken gyro wraps

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkanilustrasi chicken gyro wraps (pixabay.com/djpresc16)

Gyro memiliki beragam bahan baku utama yang tidak terbatas, salah satunya bisa diolah menggunakan daging ayam. Untuk lebih memudahkan, ada baiknya gunakan jenis daging tanpa tulang untuk dipanggang.

Setelah itu, siapkan roti pita dan susun isian yang terdiri dari irisan buah tomat, selada, mentimun, saus tzatkiki, serta ayam yang telah dimasak terlebih dahulu. Bila suka, kamu juga dapat menambahkan bawang-bawangan di dalamnya.

2. Gyro pizza

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkanilustrasi gyro pizza (pexels.com/Horizon Content)

Selain disantap memakai roti pita, bahan lainnya yang tidak kalah enak untuk disandingkan bersama adalah piza. Kenikmatan daging panggang yang memiliki sensasi asap khas ini akan menambah selera ketika disantap.

Selain itu, kamu bisa menggunakan gyro dari daging sapi atau kalkun. Gabungkan sebagai topping bersama sour cream, mozarella, keju feta, bawang-bawangan, hingga irisan tomat dan timun untuk menambah kesegaran.

Baca Juga: 6 Saus Celup Khas Yunani, Ada yang Berbahan Dasar Terung!

3. Gyro bowl

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkanilustrasi gyro bowl (pixabay.com/Samir Biscevic)

Gyro bowl menjadi salah satu inspirasi makan siang yang mengenyangkan dengan menghadirkan aneka bahan pendamping di piring yang sama. Sumber karbohidrat dari versi ini bisa didapatkan melalui nasi atau quinoa.

Susun nasi sebagai dasar, kemudian letakkan gyro dari domba atau sapi. Setelah itu, sisipkan bawang merah besar yang telah dipotong, irisan tomat dan timun, selada, keju feta, serta saus tzatkiki.

4. Vegetable gyro

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkanilustrasi vegetable gyro (pixabay.com/💌🌸🌷Marion 🌷🌸💌 Wellmann)

Meski identik dengan daging-dagingan, bukan berarti olahan gyro tak bisa digantikan dengan aneka sayur yang menggugah selera. Bahan tersebut dapat berupa zukini yang dipanggang dengan bumbu gyro instan.

Setelah itu, siapkan roti pita dan susun sayur-mayur kesukaan di dalamnya. Misalnya daun arugula, selada, tomat, mentimun, bawang merah besar, dan saus tzatkiki supaya lebih segar saat disantap.

5. Gyro salad

5 Hidangan Serba Gyro untuk Makan Siang Unik dan Mengenyangkanilustrasi gyro salad (pixabay.com/Samir Biscevic)

Gyro salad dapat dijadikan alternatif hidangan bagi kamu yang ingin menyajikan daging dan sayur secara seimbang. Sehingga perpaduan sayur-mayur yang segar mampu menetralkan rasa daging yang gurih.

Gunakan sayuran yang terdiri dari selada, tomat, mentimun, dan bawang bombai. Sementara daging bisa memakai versi sapi. Setelah itu, olah dressing yang terbuat dari saus tzakiki

Kelezatan gyro ternyata bisa terbentuk dalam banyak kreasi, sehingga kamu bisa menyesuikan dengan kesukaan maupun kebutuhan sehari-hari. Nah, kalau di antara 5 hidangan di atas, kira-kira mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Variasi Pie Khas Yunani yang Lezat dan Nikmat, Bikin Gagal Diet!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya