Comscore Tracker

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmat

Pencinta ikan wajib coba, deh!

Ikan tim atau steamed fish merupakan salah satu proses memasak menggunakan metode kukus. Rasa makanan yang dihasilkan pun makin enak sekaligus lembut karena tidak melibatkan penggorengan sebagai proses pembuatannya.

Terdapat banyak sekali bumbu-bumbu masak yang dapat dipakai untuk mengolah ikan tim. Mulai dari khas dalam negeri sampai beberapa kawasan di Asia, berikut 5 inspirasi olahan steamed fish yang bisa kamu coba.

1. Steamed fish with ginger

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmatilustrasi steamed fish with ginger (food52.com/Julia Gartland)

Ikan tim pertama ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk disantap terutama ketika cuaca sedang kurang baik atau dingin. Penggunaan bumbu utama seperti jahe mampu membuat rasa ikan jadi semakin enak dan hangat.

Selain itu, terdapat tambahan berupa kecap ikan berikut dengan daun bawang untuk mempertajam aroma masakan. Jenis ikan yang dapat dimasak seperti ini cukup beragam, di antaranya adalah baramundi.

2. Thai steamed fish

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmatilustrasi thai steamed fish (asianinspirations.com.au)

Olahan ikan kukus yang satu ini datang dari Thailand dengan ciri khas berupa penggunaan lime sehingga menghasilkan daging ikan yang lembut dan segar ketika disantap.

Tak cuma itu, beberapa versi dalam masakan tersebut pun kerap kali ditambahi dengan irisan cabai, serai, sampai jahe. Salah satu jenis ikan yang menjadi langganan untuk diolah sedemikian rupa adalah kakap.

Baca Juga: 9 Kreasi Olahan Ikan ala Jepang yang Wajib Masuk Bucket List-mu

3. Steamed fish with tauco

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmatilustrasi steamed fish with tauco (asianfoodnetwork.co)

Hidangan tim ikan berikut ini cukup sering dimasak terutama di Indonesia. Hal tersebut lantaran adanya penggunaan tauco alias bumbu fermentasi dari kedelai yang terkenal karena rasa dan aroma yang unik.

Tauco ini biasanya diolah terpisah sebagai saus, sehingga bisa disantap bersama ketika ikan telah melalui proses pengukusan.

4. Chinese steamed fish

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmatilustrasi chinese steamed fish (asianinspirations.com.au)

Membahas soal olahan ikan kukus belum lengkap rasanya bila tidak menyinggung versi chinese food. Salah satu makanan berupa steamed fish menjadi favorit lantaran rasa dan pengolahan yang menarik.

Berbeda dari ikan tim jahe biasa, khusus pada olahan ini bahan baku yang digunakan cenderung lebih banyak, seperti sichuan peppercorn, jahe, minyak wijen, daun bawang, kecap ikan, daun ketumbar, dan beberapa turut menambahkan shaoxing wine ke dalam sajian.

5. Garlic steamed fish

5 Inspirasi Olahan Ikan Tim dengan Berbagai Bumbu Populer yang Nikmatilustrasi garlic steamed fish (foodnetwork.com/Food Network Kitchen)

Khusus untuk hidangan yang satu ini didominasi oleh pemakaian bawang putih sehingga rasa ikan semakin gurih dan beraroma.

Tidak cuma itu, kecap ikan dan jahe menjadi bagian yang wajib hadir dalam masakan. Bisa pula disertai dengan tambahan kacang kapri supaya olahan makin ramai.

Nah, itu dia kelima bumbu masak untuk ikan tim yang dapat dijadikan inspirasi dalam mengolah ikan tanpa mengurangi banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain memiliki rasa yang enak, lauk-lauk di atas bisa jadi inspirasi hidangan sehari-hari yang lebih sehat.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Laut yang Lezat, Rasanya Gurih dan Renyah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya