Comscore Tracker

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicoba

Dapat diisi menggunakan tofu, lho!

Vietnam memiliki aneka makanan enak yang populer sampai ke luar negeri. Salah satunya adalah banh mi. Olahan ini merupakan jenis roti lapis yang dibuat menggunakan baguette dengan bermacam-macam isi.

Banh mi sendiri cukup banyak ditemui di sepanjang street food kawasan Vietnam dengan ciri khas berupa hadirnya acar sayur dalam sajian. Selain itu, olahan ini ternyata memiliki ragam kreasi menarik untuk dicoba, seperti 5 hidangan berikut.

1. Grilled beef banh mi

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicobailustrasi grilled beef banh mi (unsplash.com/Ben Lei)

Olahan banh mi pertama diisi menggunakan bintang utama seperti grilled beef atau daging panggang yang menggugah selera. Selain itu, untuk menemani isian tersebut biasanya disediakan pula acar sayur dari lobak dan wortel. acar tersebut nantinya diselipkan bersama mayones dan jalapeno.

2. Lemongrass chicken banh mi

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicobailustrasi lemongrass chicken banh mi (unsplash.com/Raphael Nogueira)

Nikmatnya olahan lemongrass chicken tidak saja bisa dinikmati dengan cara biasa. Sebab kamu dapat turut melibatkan bahan tersebut untuk diolah menjadi isian dari banh mi.

Dalam membuat lemongrass chicken, kamu bisa menggunakan daging tanpa tulang. Kamu bisa memasaknya bersama bumbu-bumu, seperti serai, kecap ikan, bawang-bawangan, dan sedikit palm sugar untuk menambah rasa.

Baca Juga: Resep Vegetarian Banh Mi, Sandwich Ala Vietnam yang Cocok untuk Bekal

3. Tofu banh mi

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicobailustrasi tofu banh mi (sbs.com.au/Chris Middlton)

Bila bosan dengan isian roti lapis yang kerap diwarnai oleh keberadaan daging, maka sajian tofu banh mi ini bisa disontek. Kamu bisa menciptakan sandwich yang lezat yang berbeda dari biasanya.

Dalam pembuatan hidangan tersebut, tofu perlu dimarinasi terlebih dahulu sebelum dicampur bersama acar lobak dan wortel. Nantinya, campuran tersebut akan diiskan ke dalam roti baguette yang telah dipotong menjadi dua.

4. Salmon banh mi

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicobailustrasi salmon banh mi (unsplash.com/Eaters Collective)

Daging ikan menjadi salah satu pilihan populer dalam mengolah banh mi supaya menjadi makanan yang tetap nikmat. Bahan baku hidangan satu ini adalah ikan salmon yang telah melalui proses pemanggangan.

Salmon dapat berpadu sempurna dengan aneka sayur segar dan acar. Kamu juga bisa menambahkan saus oles yang biasa terdiri dari mayones serta saus sambal dalam roti baguette.

5. Meatball banh mi

5 Kreasi Banh Mi, Roti Lapis Baguette dari Vietnam yang Wajib Dicobailustrasi meatball banh mi (taste.com.au/Jeremy Simons)

Kreasi banh mi berikut ini masih terdiri dari isian berupa mayones, acar wortel, lobak, serta tambahan sayur segar lainnya. Namun yang membedakan adalah sorotan utama isian yang ditambah dengan meatball pedas, supaya roti lapis kian sempurna.

Itulah kelima kreasi banh mi, si roti lapis asal Vietnam yang bisa dijadikan inspirasi mengolah baguette nikmat. Berbagai isian hadir bagi kamu dan keluarga supaya tetap bisa disantap dengan berbagai cara yang tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Bubur Khas Vietnam yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya