Comscore Tracker

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hari

Bahan pembuatannya bisa dijumpai dengan mudah, lho!

Bloomin' food atau makanan mekar belakangan tengah menjadi sorotan di dunia kuliner. Hal ini karena bentuk hidangan terkesan lebih menarik dan hampir mirip dengan bunga yang tengah mekar.

Penyematan nama tersebut pun kemudian diadaptasi oleh bermacam-macam olahan. Mulai dari makanan serba goreng dan panggang, seperti yang ada pada lima hidangan berikut ini.

1. Bloomin onion

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hariilustrasi bloomin onion (foodnetwork.com/Food Network Magazine)

Bicara soal makanan mekar, belum pas kalau tidak menjadikan bloomin onion sebagai salah satu bintang utama. Bila biasanya bawang bombai kerap dijadikan onion ring, maka kamu bisa berkreasi dengan lebih menarik.

Proses pembuatan hidangan ini cukup mudah. Pertama-tama, siapkan satu bawang dan potong dari atas ke bawah, tapi jangan sampai mengenai bagian akar dari bawang bombai ini.

Bila sudah mekar, maka tahap selanjutnya adalah mencelupkannya ke adonan kering dan basah sebelum digoreng. Siapkan telur, susu, dan garam sebagai adonan basah. Lalu pada bahan kering, masukkan bread crumbs, bubuk cabai, paprika, lada, sampai oregano.

2. Bloomin apple

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hariilustrasi bloomin apple (foodnetwork.com)

Bahan berikutnya yang tidak kalah sedap untuk disantap sebagai makanan mekar adalah apel. Buah utuh dari apel bisa dikreasikan hampir sama dengan bawang bombai, hanya saja kamu perlu mengeluarkan biji agar tidak ikut termakan.

Buat adonan pencelup dari mentega leleh, gula cokelat, dan kayu manis bubuk. Balurkan ke seluruh permukaan apel, kemudian panggang selama beberapa saat. Setelah itu, sajikan dengan saus karamel dan es krim kesukaan.

Baca Juga: 5 Kreasi Lezat untuk Menikmati Onion Ring dengan Cara Berbeda 

3. Bloomin onion bread

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hariilustrasi bloomin onion bread (unsplash.com/Madara Moroza)

Bloomin onion bread adalah salah satu santapan mekar yang menggunakan roti sebagai bahan utamanya. Gak perlu mengolahnya dari awal, kamu bisa memakai roti polos atau sourdough siap santap.

Potong permukaan roti dengan gerakan lurus dan menyamping. Kemudian campurkan mentega dan irisan bawang bombai. Oleskan ke seluruh bagian roti, lalu panggang sampai mekar dan atas roti menjadi garing.

4. Bloomin tomato

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hariilustrasi bloomin tomato (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Kalau yang satu ini, makanan mekar akan diolah dari bahan-bahan yang didominasi oleh komponen sehat dan cocok untuk menemani waktu sarapan, terutama buat anak-anak yang susah makan sayuran.

Bahan utama yang digunakan adalah tomat berukuran besar yang dipotong pada bagian tengah, samping, dan beberapa sudut yang diperlukan. Namun, jangan sampai mencapai bagian bawah sayuran.

Setelah mekar, kamu bisa menyisipkan aneka potongan sayur ke dalamnya, berikut dengan irisan bacon supaya lebih nikmat. Nah, demi menyempurnakan makanan, jangan lupa berikan dressing sebagai sentuhan akhir.

5. Bloomin potato

5 Kreasi Bloomin' Food untuk Camilan Simpel Sehari-hariilustrasi bloomin potato (delish.com/Chelsea Lupkin)

Nggak mau kalah dengan rekan-rekannya, sayuran dari kentang pun bisa lho disantap sebagai bloomin food menggugah selera. Proses diawali dengan memotong kentang menjadi dua bagian.

Setelah itu, potong kentang menyerupai lingkaran di bagian tengah, namun jangan sampai mencapai bagian bawah sayur. Balik kentang, lalu potong-potong kembali sisinya secara merata.

Setelah itu, oleskan minyak, garam, dan lada di permukaan kentang. Panggang beberapa saat dan keluarkan untuk menaruh keju. Masukkan kembali ke oven, lalu biarkan sampai komponen mekar.

Macam-macam makanan mekar ternyata bisa dibuat dengan berbagai bahan baku. Ada beberapa yang mudah untuk ditemukan, sehingga kamu bisa membuatnya dalam waktu dekat. Yuk, coba!

Baca Juga: Resep Crispy Smashed Potato, Hidangan Pembuka yang Lezat dan Sederhana

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya