Comscore Tracker

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipat

Mau coba buat piza lipat isi nanas?

Piza memiliki cukup banyak variasinya sendiri yang selalu membuat penikmatnya tak gampang bosan. Terdapat beberapa tipe piza yang bisa dibuat, salah satunya adalah calzone.

Calzone merupakan tipikal piza lipat yang adonan utamanya berbentuk mirip dengan pastel. Sehingga topping yang biasa ditaruh pada bagian atas dough, kini akan dijadikan sebagai isian.

Nah, untuk lebih banyak mengenal varian piza lipat bernama calzone, simak 5 kreasi berikut yang dapat dimasak sendiri.

1. Ham and pineapple calzone

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipatilustrasi ham and pineapple calzone (taste.com.au/ - N/A)

Olahan calzone berikut ini memiliki perpaduan menarik antara penggunaan nanas dan ham. Buah pada adonan bisa memberi kesan segar, sementara ham mampu membuat makanan jadi tambah gurih.

Hidangan ham and pineapple calzone ini cocok disajikan bila kamu merupakan pencinta makanan kaya rasa. Tambahkan saus dan calzone pun siap disantap.

2. Italian sausage calzone

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipatilustrasi italian sausage calzone (tasteofhome.com/Taste of Home)

Salah satu bahan baku yang bisa digunakan sebagai isian calzone datang dari sosis. Olahan daging tersebut lebih mudah ditemukan serta gampang diolah sebagai pemberi rasa gurih.

Supaya isian tidak monoton, tambahkan adonan filling menggunakan bayam, saus marinara, dan aneka keju kesukaan.

Baca Juga: Bikin Ngiler, 9 Fakta Piza Andaliman Kuliner Khas Kota Balige

3. Cheesy chicken calzone

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipatilustrasi cheesy chicken calzone (delish.com/Ethan Calabrese)

Belum lengkap rasanya bila tidak mengolah ayam menjadi isian dalam suatu hidangan, tak terkecuali calzone. Kudapan ini bisa dijadikan inspirasi bila kamu sedang ingin menikmati piza lembut dan creamy.

Tak cuma ayam, kehadiran cream cheese dan bayam pun bisa membantu isian dari cheesy chicken tersebut tampil lebih nikmat.

4. Lasagna calzone

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipatilustrasi lasagna calzone (pillsbury.com/Gerry Speirs)

Piza lipat bisa dikreasikan sesuka hati, misalnya dengan menambahkan isian pasta lasagna ke dalam adonan pastel. Bahan tersebut bisa dicampur dari saus marinara, ricotta, serta daging cincang.

5. Spinach and mushroom calzone

5 Kreasi Calzone Menarik Hati untuk Memanjakan Penggemar Piza Lipatilustrasi spinach and mushroom calzone (foodnetwork.com/Food Network Kitchen)

Kenikmatan bayam dalam piza bisa kamu dapatkan melalui olahan spinach and mushroom calzone. Sayur hijau tersebut bisa dimasak dengan jamur dan keju untuk ditambahkan ke dalam adonan piza.

Tekstur hidangan yang lebih berwarna membuat hidangan spinach and mushroom calzone jadi lebih legit saat disantap.

Kelima kreasi dari calzone di atas bisa dijadikan inspirasi dalam mengolah piza menjadi hidangan praktis. Jangan lupa untuk membuat salah satu makanan di atas sebagai camilan hari ini.

Baca Juga: 9 Tipe Piza yang Perlu Dikenal, Tak Semuanya Sama 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya