Comscore Tracker

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Catur

Bisa buat ide jualan atau hadiah, nih!

Battenberg cake adalah olahan hidangan berlainan warna yang disusun menggunakan dua atau lebih kue, mirip serupa pola papan catur. Kemudian dilapisi menggunakan marzipan. Yakni bahan pelapis dari icing sugar dan almond.

Kudapan tersebut memiliki penampilan cantik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hadiah atau ide jualan. Nah, untuk menambah referensi, berikut ini terdapat lima kreasi battenberg yang bisa kamu jadikan ide memasak dalam waktu dekat.

1. Classic battenberg cake

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Caturilustrasi battenberg cake (thespruceeats.com/The Spruce)

Battenberg memiliki olahan klasik yang populer dalam dunia masak-memasak, makanan tersebut ditandai dengan warna kue merah muda serta kekuningan. Dua kue tersebut kemudian ditempel satu sama lain menggunakan selai aprikot.

Sementara bahan utama kue dibentuk dari tepung terigu, mentega, telur, dan susu. Namun beberapa versi turut menambahkan almond dalam adonan. Setelah kue matang dan disusun, maka battenberg sudah bisa dilapisi menggunakan marzipan hingga semua komponen tertutup rata.

2. Choco almond battenberg cake

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Caturilustrasi chocolate almond battenberg cake (youtube.com/Home Cooking Adventure)

Kreasi kue battenberg berikut ini cocok disajikan bagi kamu pencinta hidangan berbasis cokelat. Sebab rasa utama yang dihadirkan tidak jauh-jauh dari bahan berwarna gelap menggugah selera tersebut.

Dalam proses pembuatannya, adonan kue dapat dibagi menjadi dua, di mana masing-masing perlu ditambahi cokelat serta ekstrak almond. Setelah kue disusun, kamu tinggal melapisi hidangan memakai marzipan.

3. Battenberg choco raspberry

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Caturilustrasi choco raspberry battenberg cake (bbcgoodfood.com/Sarah Cook)

Dalam hidangan battenberg cake berikut ini, kamu bisa menggunakan kue cokelat yang disandingkan bersama raspberry cake. Kedua rasa hidangan yang berlainan tersebut mampu menciptakan rasa yang nikmat, lho!

Jika biasanya olahan battenberg disatukan memakai selai aprikot, dalam versi ini kamu dapat mengganti komponen tersebut menggunakan raspberry jam. Sehingga rasanya jadi lebih legit.

Baca Juga: 7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah Nikmat

4. Battenberg cheesecake

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Caturilustrasi battenberg cheesecake (tastemade.co.uk)

Tak melulu dijadikan kue mainstream, olahan battenberg berikut ini cocok untuk disajikan sebagai cheesecake berwarna-warni. Rasa kue keju yang lembut berpadu dengan manisnya battenberg klasik.

Dalam pembuatan, kamu bisa menggunakan remahan biskuit sebagai dasar. Kemudian lapisi setiap sisi cheesecake memakai potongan battenberg. Isi memakai filling yang telah diberi pewarna, kemudian tutup dengan marzipan.

5. Battenberg macarons

5 Kreasi Hidangan Bergaya Battenberg yang Miliki Pola Papan Caturilustrasi battenberg macarons (realfood.tesco.com)

Berbeda dari jenis yang telah disebutkan, kreasi battenberg berikut ini tidak diolah menggunakan bahan baku dari kue bertekstur lembut. Melainkan diganti memakai macaron.

Supaya makanan manis tersebut semakin mirip dengan battenburg, pastikan bahwa warna yang digunakan dalam adonan adalah kuning dan merah muda. Sehingga kamu bisa memasangkan kue dalam kondisi berlainan warna, mirip battenberg klasik.

Kreasi battenberg di atas dapat dijadikan beberapa ide untuk mengolah makanan jadi tampil lain dan menarik. Sebagai pencinta hidangan manis, kira-kira apakah kamu tertarik membuat salah satu sajian di atas?

Baca Juga: 9 Fakta Rosette, Kue Asal Swedia yang Mirip dengan Kue Kembang Goyang

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya