Comscore Tracker

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Melting

Terdapat banyak makanan nikmat untuk disajikan

Keju adalah salah satu produk susu yang mempunyai tekstur dan rasa beragam. Umumnya, keju dipakai sebagai penambah rasa asin dan creamy, sehingga suatu makanan jadi terasa lebih nikmat.

Dalam berbagai varian keju, string cheese menjadi salah satu favorit yang kerap digunakan untuk menggantikan mozarella. Hal tersebut lantaran sifat keju yang fleksibel dan mudah lumer ketika dipanaskan.

Keju string kerap kali dijual dalam kondisi terpotong memanjang. Berikut 5 kreasi makanan dari string cheese yang wajib kamu cicipi.

1. String cheese meatloaf

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Meltingilustrasi string cheese meatloaf (pexels.com/Evgeniy Alekseyev)

Meatloaf merupakan salah satu olahan daging cincang populer yang dibentuk mirip roti. Teknik penyajiannya pun begitu mirip, yakni dengan cara mengiris bagian daging serupa roti tawar yang baru keluar dari panggangan.

Selain daging, bahan yang dipakai dalam pembuatan meatloaf adalah penggunaan telur, sosis, bawang-bawangan, tepung roti, bumbu perasa, dan khusus dalam kreasi ini gunakan pula string cheese di dalamnya.

2. String cheese bread

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Meltingilustrasi string cheese bread (pexels.com/Mariana Kurnyk)

Kenikmatan roti memang tidak melulu disajikan dalam versi original. Sebab, selalu terdapat inovasi baru dengan menambahkan komponen penambah rasa, sehingga roti menjadi kian menarik untuk disantap.

Sama seperti roti pada umumnya, kamu perlu menambahkan tepung terigu, ragi, gula, bawang putih, mentega, dan tentukan isian sesuai selera, salah satunya dengan menggunakan string cheese.

Baca Juga: 7 Manfaat Cream Cheese, Bisa Jadi Alternatif Sehat Pengganti Mentega

3. String cheese manicotti

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Meltingilustrasi string cheese manicotti (tasteofhome.com/Taste of Home)

Sama seperti ragam keju lainnya, string cheese sangat pas bila disandingkan bersama aneka pasta. Salah satu yang direkomendasikan adalah manicotti. Pasta jenis ini berbentuk tabung dengan ruang besar yang biasanya digunakan sebagai isian.

Pada kreasinya kali ini, bahan isian tersebut dapat diolah menggunakan daging cincang yang telah dicampur memakai saus marinara. Kemudian taruh keju string di atas pasta, dan panggang selama beberapa saat.

4. String cheese sticks

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Meltingilustrasi string cheese sticks (pexels.com/Chan Walrus f)

Dalam menghadirkan olahan keju meleleh, belum lengkap bila tidak menjadikan cheese sticks sebagai salah satu makanan yang direkomendasikan untuk diolah sendiri di rumah. Bukan cuma mozarella, string cheese pun bisa diolah dengan cara yang sama.

Sebab keju string sudah memiliki bentuk serupa batang korek api, maka proses pembuatannya pun bisa langsung dengan mencelupkan keju ke dalam telur, tepung, dan breadcrumbs secara bergantian, lalu dinginkan sejenak sebelum digoreng.

5. String cheese pizza

5 Kudapan dari Keju String, Pengganti Mozarella yang Tak Kalah Meltingilustrasi string cheese pizza (pexels.com/Cats Coming)

Membuat piza sendiri di rumah memiliki banyak keuntungan. Salah satunya karena kamu bebas menentukan sendiri topping yang akan digunakan pada olahan roti bundar asal Italia tersebut.

Namun, sebuah piza belum dapat dikatakan sempurna bila tidak menghadirkan keju di dalamnya. Tidak cuma cheddar atau mozarella, karena string cheese pun mampu mengambil alih dengan rasa yang tidak kalah enak.

String cheese mempunyai beragam cara menarik untuk diolah karena sifatnya yang tidak jauh berbeda dengan mozarella. Nah, kalau kamu sendiri tertarik untuk membuat salah satu makanan di atas memakai keju berbeda?

Baca Juga: 5 Hidangan Cheese Frittata untuk Menu Makan Praktis Berbahan Telur

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya