Comscore Tracker

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantik

Aneka makanan ini diambil dari berbagai olahan hits!

Kuning telur menjadi salah satu bahan dalam proses pembuatan kue yang cukup penting. Setiap pengolahan memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain, namun umumnya keberadaan sumber lemak ini bisa memberi warna yang cantik dan rasa enak.

Khusus untuk kudapan pencuci mulut, terdapat sekitar lima olahan hits yang nggak bisa dijauhkan dari bahan ini. Mana saja kudapan yang dimaksud? Simak daftar ini, yuk!

1. Custard tart

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantikilustrasi custard tart (unsplash.com/Anshu A)

Custard tart belakangan selalu mencuri perhatian, lantaran tidak cuma praktis untuk diolah. Melainkan terdapat tampilan cantik yang menunjang selera makan agar lebih meningkat ketika mencicipi hidangan ini.

Mirip dengan tart pada umumnya, diperlukan dua bahan utama dalam proses pembuatan custard tart ini. Yakni kulit dasar yang terbuat dari pastri atau adonan tepung, serta isian super melting dari kuning telur.

Secara spesifik, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terutama untuk isian, ditunjang menggunakan kuning telur, susu, krim, telur utuh, ekstrak vanila, dan gula demi mempermanis makanan.

2. Quindim

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantikilustrasi quindim (pixabay.com/Fabiana pfernandes)

Brazil memiliki salah satu kudapan penutup populer dengan warna kuning menawan yang disebut dengan quindim. Singkatnya, makanan ini merupakan custard khas negeri tersebut yang juga memiliki tekstur lembut.

Diperlukan cukup banyak sekali penggunaan kuning telur dalam makanan ini, agar menghasilkan santapan yang lembut, creamy, dan berwarna terang. Selain itu, tambah kelapa parut, butter, dan garam.

Di tempat terpisah, siapkan loyang dan taburkan gula sebelum menuangkan adonan. Panggang dengan teknik au bain marie beberapa saat, lalu sajikan.

Baca Juga: 5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!

3. Doughnut with egg yolk filling

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantikilustrasi doughnut with egg yolk filling (unsplash.com/Aneta Voborilova)

Sejauh ini, pilihan donat ber-filling manis memang menduduki makanan favorit dengan ragam bentuk populer. Namun bukan berarti savory donuts mengalami ketertinggalan dan nggak ada usaha untuk mengembangkan rasa makanan.

Justru, ada pula pilihan donat yang menggunakan kuning telur asin sebagai salah satu terobosan cemerlangnya. Perpaduan rasa gurih dan manis bersatu padu, serta siap memanjakan lidahmu.

Untuk bisa membuat donat seperti itu, pastikan jenis kue yang kamu buat adalah donat tanpa lubang. Lalu siapkan kuning telur asin rebus yang dicampur dengan mentega, krim, gula, serta sejumput garam untuk isian.

4. Mooncake with salted egg yolk

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantikilustrasi mooncake with salted egg yolk (unsplash.com/Huong Ho)

Mooncake alias kue bulan menjadi salah satu bagian dari tradisi di beberapa negara di Asia yang secara khusus dibuat untuk menyelenggarakan suatu perayaan atau festival tertentu. Makanan ini bisa dikreasikan bersama bahan lain, tak terkecuali kuning telur.

Demi menyeimbangkan rasa makanan, hidangan ini bisa diisi menggunakan pasta kacang merah bersama kuning telur asin. Sedangkan kulit makanan perlu diolah dari campuran antara tepung, sirup emas, hingga minyak.

5. Egg yolk pastry

5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantikilustrasi egg yolk pastry (unsplash.com/Alexandr Dzyuba)

Egg yolk pastry menjadi salah satu makanan lainnya yang populer dari hidangan bertemakan Chinese food. Kudapan unik tersebut umumnya menggunakan gabungan antara lotus paste dan kuning telur asin sebagai isian utama.

Gunakan kulit pastri siap pakai. Kemudian potong-potong sesuai ukuran yang dikehendaki, serta letakkan kuning telur dengan dibalut oleh pasta. Sisipkan secara rapi di atas permukaan kulit. Setelah itu masak dengan proses pemanggangan.

Setelah mengenal beragam jenis hidangan yang bisa diolah menggunakan kuning telur, ide untuk memasak kudapan memakai bahan ini pastinya akan bertambah. Nah, buat kamu yang menyukai makanan asin, lima makanan di atas bisa segera diolah dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Hidangan dari Miso Karamel, Kudapan Manis dan Umami!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya