Comscore Tracker

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!

Bumbu ini memang sudah jadi idola masyarakat di Indonesia

Bumbu kecap tampaknya sudah begitu melekat di lidah masyarakat Indonesia. Sensasi gurih dan manis pada komponen ini, bisa membuat bahan ekonomis sekalipun jadi terasa naik kelas.

Macam-macam masakan bisa semakin maksimal jika ditambahi memakai bumbu kecap, lima olahannya bisa disontek dari hidangan favorit masyarakat tanah air yang ada di dalam daftar berikut ini.

1. Telur masak kecap

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!ilustrasi telur masak kecap (unsplash.com/Yeh Xintong)

Telur selalu dijadikan andalan ketika membuat lauk makan untuk santapan siang ataupun malam. Bahan ini tetap lezat ketika digoreng, direbus, bahkan dipanggang sekalipun. Namun, telur kayaknya belum lengkap kalau tak dibumbui memakai kecap.

Tak sesimpel itu, diperlukan bumbu halus dari bawang yang ditumis bersama daun salam. Tambahkan air dan kecap, kemudian masukan bintang utama dari makanan ini, yaitu telur rebus yang telah dibersihkan dari cangkang kulitnya.

2. Tahu kecap

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!ilustrasi tahu kecap(unsplash.com/Andrew Haimerl (andrewnef))

Tahu menjadi salah satu bahan kesukaan masyarakat Indonesia yang memiliki rasa cenderung tawar. Maka dari itu, diperlukan rendaman air garam atau bumbu yang kaya rasa supaya tahu jadi lebih maksimal.

Oleh sebabnya, kenikmatan tahu akan jadi terasa dekat dengan kita lantaran adanya percampuran bumbu halus dan kecap. Mirip akan telur, tahu juga bisa digoreng terpisah sebelum dimasak dengan bumbu serta kaldu.

3. Tempe buncis kecap

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!ilustrasi tempe buncis kecap (yummy.co.id)

Bila ada tahu, maka tempe juga perlu maju untuk menghasilkan santapan yang nggak kalah menggugah selera. Biar makin sempurna, sajian perlu dikombinasikan bersama buncis supaya teksturnya jadi bertambah ramai.

Berbeda dari beberapa olahan sebelumnya, tempe buncis kecap ini hanya memerlukan irisan bawang dan cabai merah. Kemudian masukan potongan tempe beserta buncis, untuk dilengkapi menggunakan kecap manis.

4. Ikan tongkol kecap

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!ilustrasi ikan tongkol kecap (yummy.co.id)

Ikan tongkol acap kali terhidang di atas meja untuk dinikmati bersama nasi hangat dan sambal. Proses pemasakannya pun cukup dengan digoreng, sampai mendapatkan tekstur bagian luar yang garing dan lembut di dalamnya.

Namun, sekarang kamu bisa juga membuat bumbu halus dari bawang dan rempah lain untuk ditumis kembali dengan tongkol. Kemudian tambahkan kecap manis serta sedikit air, supaya terdapat kuah dalam makanan yang bikin sedap.

5. Ceker bumbu kecap

5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!ilustrasi ceker bumbu kecap (pixabay.com/한국어)

Ceker selalunya ditemukan dalam olahan sayur sup. Tapi kini, kamu bisa menggunakan bahan baku tersebut sebagai santapan nikmat dengan berbalut bumbu kecap yang menggugah selera.

Supaya ceker terasa lebih empuk, jangan lupa untuk merebus bahan ini selama beberapa saat. Kemudian haluskan bawang-bawangan bersama cabai, tumis seluruh bahan baku, selanjutnya tinggal berikan kecap manis.

Memiliki sentuhan rasa gurih dan manis bikin bumbu kecap disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, di antara berbagai lauk makan praktis di atas, mana kira-kira yang paling kamu sukai untuk disantap dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Jenis Shoyu, Kecap Asin Khas Jepang dengan Cita Rasa Unik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya