Comscore Tracker

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedap

Sudah pernah mencicipi gorengan dari ketupat?

Mengolah kembali makanan yang sudah dimasak merupakan salah satu cara menampilkan sajian menjadi lebih menarik. Hal ini cukup efektif untuk beberapa olahan yang sudah jarang disentuh agar bisa dimakan sampai habis dan tidak terbuang sia-sia.

Sebelum memutuskan untuk menghangatkan makanan berulang kali sampai kering, ada baiknya masakan diolah menjadi gorengan, camilan khas Indonesia. Ada lima masakan yang cocok dibuat gorengan. Berikut contohnya.

1. Urap kacang

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedapyoutube.com/Dapur Mamah Hawa

Salah satu sajian yang populer di tanah Sunda ini disebut dengan urap kacang. Biasanya makanan ini sering digunakan untuk hidangan saat pagelaran hajatan, seperti khitanan atau pernikahan.

Olahan urap kacang cukup sering dikonsumsi dengan nasi hangat dan lauk-pauk sejenis. Namun jika dalam pengolahan terdapat prosesi yang kurang baik, maka urap ini cenderung mudah basi.

Jika kamu memiliki urap kacang yang jarang disentuh di rumah, maka kamu dapat mengolah urap menjadi penganan khas, yakni gorengan.

Biasanya orang-orang mengenal gorengan ini dengan sebutan cicang atau rarawuan. Cara masaknya pun cukup mudah. Campurkan tepung dan kacang dengan air serta penyedap rasa, kemudian goreng di atas api sedang sampai matang.

2. Suwir ayam

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedapcookpad.com/yunimega

Ayam menjadi unggas yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia. Hampir seluruh bagian dari hewan bersuara lantang ini bisa dimasak dan diolah menjadi beragam hidangan.

Bagi yang hanya menyukai bagian-bagian tertentu dari daging ayam, olahan paling mudah dan banyak dimasak salah satunya adalah ayam suwir. Selain bebas tulang, penganan ini lebih enak dijadikan hidangan walaupun tanpa nasi.

Nah, kalau kamu masih memiliki stok ayam suwir berlebih di rumah, enggak ada salahnya untuk mengolah makanan ini menjadi gorengan.

Gorengan yang identik dengan suwir ayam adalah cireng isi. Berbeda dari cireng kebanyakan, jenis gorengan satu ini memiliki kulit tipis dengan isian berlimpah.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran yang Enak Dibikin Gorengan, Gak Kalah dari Mendoan

3. Ketupat

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedapcookpad.com/Nurhayati

Makanan hari raya di Indonesia yang masih menjadi favorit keluarga dari tahun ke tahun adalah ketupat. Olahan dari beras yang dibungkus menggunakan daun kelapa ini biasanya dihidangkan menggunakan rendang atau opor ayam.

Namun seringkali ketupat malah menumpuk di dapur dan tidak termakan karena keburu bosan. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa mengolah ketupat menjadi hidangan berbeda.

Ketupat cocok dibuat sebagai bahan utama untuk gorengan. Kamu cukup membuat adonan basah dari campuran terigu dan air, tambahkan penyedap rasa, kemudian masukan potongan ketupat lalu goreng.

Jenis gorengan ini cocok dihidangkan selagi hangat dengan tambahan saus sambal atau saus tomat sebagai cocolan.

4. Mie goreng

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedapyummy.co.id/Andina Rahayu

Mie goreng adalah salah satu penganan alternatif yang mudah ditemukan. Pengolahan yang singkat serta rasa yang tak kalah enak ini membuat mie goreng banyak dicari.

Kadang-kadang mie goreng dengan tekstur yang keras dan dingin sudah jarang disentuh lagi. Daripada kamu membuangnya, akan lebih bermanfaat bila mie goreng diolah lagi menjadi makanan enak.

Mie goreng dapat dimanfaatkan sebagai isian dari beberapa jenis gorengan seperti risol atau tahu isi. Nah, bagi kamu penggemar tahu ini, sayur yang biasanya menjadi isian bisa diganti menggunakan mie.

5. Bihun goreng

Kerap Bersisa, 5 Makanan ini Cocok Diolah Kembali Jadi Gorengan Sedapyummy.co.id/Susi Faniati

Bihun masuk ke dalam kategori mie yang memiliki warna lebih putih dan lebih tipis. Proses pemasakan bihun biasanya melibatkan sayur dan seafood untuk semakin menambah rasa.

Jika kamu memiliki kelebihan olahan bihun, tak perlu khawatir bila tidak akan termakan, sebab kamu bisa membuat bihun tersebut semakin enak dengan cara mengolahnya kembali menjadi gorengan.

Bihun goreng bisa dijadikan isian untuk beberapa gorengan populer, misalnya adalah kroket kampung atau pastel yang berkulit renyah.

Itu dia kelima masakan yang bisa diolah kembali menjadi gorengan sedap. Kira-kira kamu tim gorengan yang mana nih?

Baca Juga: 8 Jenis Gorengan Khas Jepang yang Populer, Renyah dan Lezat! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya