Comscore Tracker

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makan

Cocok buat hidangan asin dan manis, lho!

Setiap negara memiliki beberapa bumbu andalan untuk bisa menciptakan masakan yang berbeda dengan tempat lain. Begitu pun yang sering kita jumpai pada macam-macam masakan ala Timur Tengah.

Bumbu tersebut dikenal sebagai sumac. Ciri khas yang terletak pada bahan baku ini adalah sensasi rasa asam acid, agak pedas, serta warna merah menyala yang begitu kontras dengan bumbu lainnya. Ingin coba masakan berbahan sumac yang kaya manfaat ini? Yuk, cari tahu 5 referensi olahnnya di bawah ini.

1. Sumac grilled chicken breast

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makanilustrasi sumac grilled chicken breast (unsplash.com/Ankit Sinha)

Sumac bisa menjadi salah satu bahan penunjang yang maksimal dalam pengolahan ayam bakar. Rasanya akan semakin enak, disertai aroma yang terkesan lebih menggugah selera sewaktu disantap.

Bumbu marinasi tersebut bisa dicampur dengan bawang putih, air lemon, bumbu perasa, sumac, dan sedikit minyak. Balurkan ke seluruh daging bagian dada, kemudian diamkan beberapa saat sebelum dimasak dalam bakaran.

2. Blueberry sumac pie

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makanilustrasi blueberry sumac pie (unsplash.com/Anna Wlodarczyk)

Sumac dapat memberikan perpaduan rasa yang baik terhadap isian dari bluberry pie. Maka dari itu, keberadaan bahan ini menjadi sangat krusial dan begitu direkomendasikan untuk hadir di setiap dapur.

Pengolahan sumac tepat dicampurkan dengan bluberi yang dimasak bersama gula. Selain itu, diperlukan pula sedikit maizena dan garam untuk menghasilkan filling pai yang lembut dan agak sedikit padat.

Baca Juga: 5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!

3. Sumac steak

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makanilustrasi sumac steak (unsplash.com/Ashley Byrd)

Steik menjadi salah satu bahan masak yang tidak memerlukan banyak penambah rasa. Dengan begini, kenikmatan daging pun akan terasa lebih maksimal sekaligus bisa menjaga rasanya agar tetap nikmat.

Siapkan daging yang hendak dimasak, kemudian lumuri dengan lada dan garam, minyak, dan sumac. Istirahatkan daging selama beberapa saat, kemudian masak di atas wajan sampai mendapatkan kematangan yang pas.

4. Sumac scones

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makanilustrasi sumac scones (unsplash.com/Ben Stein)

Scone menjadi salah satu kue biskuit yang paling pas untuk disantap sebagai menu sarapan hingga camilan sedap. Isiannya bisa dimaksimalkan dengan irisan buah segar supaya terasa lebih enak.

Kali ini, kamu bisa mencampurkan aneka buah beri, sumac, dan lemon. Sedangkan bahan utamanya terdiri dari tepung, bubuk pengembang, mentega, telur, krim, gula, dan garam sebagai penambah rasa.

5. Shrimp with sumac sauce

5 Masakan Berbumbu Sumac yang Bisa Menambah Selera Makanilustrasi shrimp with sumac sauce (unsplash.com/Mika Baumeister)

Hidangan selanjutnya yang cocok sekali disantap bersama sumac adalah udang. Berbeda dengan ragam olahan sebelumnya, kali ini bumbu masak ala Middle East tersebut bisa digunakan sebagai saus.

Gunakan bawang bombai, sumac, bubuk cabai, mentega, dan sedikit kaldu untuk dimasak bersamaan. Setelah itu, tambahkan udang dengan berbagai ukuran, kemudian diamkan beberapa saat hingga matang.

Macam-macam hidangan dengan bahan sumac bisa membuat makanan tersebut terasa lebih sedap. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba buat salah satu makanan di atas?

Baca Juga: 5 Ragam Masakan dengan Bumbu Marjoram yang Bikin Tambah Wangi

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya