Comscore Tracker

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidah

Penggemar seafood bisa coba, nih!

Scallop merupakan salah satu hidangan laut yang masuk dalam keluarga kerang. Hidangan ini juga akrab dengan sebutan kerang kampak atau simping di Indonesia.

Jenis seafood tersebut memiliki rasa yang cenderung gurih dan lembut saat dikonsumsi. Selain itu, terdapat berbagai cara menarik dalam mengolah kerang ini menjadi hidangan sedap. Salah satunya dimasak dengan beraneka saus yang turut memanjakan lidah.

Nah, bagi kamu penikmat kerang, berikut ini terdapat 5 inspirasi olahan scallop yang dapat menjadi referensi masakan di rumah.

1. Spicy mango scallop

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidahilustrasi spicy mango scallop (tasteofhome.com)

Olahan pertama ini mengandung beberapa komponen yang memiliki rasa berbeda, sehingga mampu melengkapi satu sama lain saat dikonsumsi.

Bahan tersebut adalah mangga chutney alias acar yang kerap dipakai untuk menjadi saus. Tidak hanya itu, diperlukan pula air jus dari nanas untuk kemudian dimasak bersama scallop dan chutney.

Tambahan bubuk cabai juga diperlukan supaya saus yang dihasilkan menjadi lebih segar dan pedas saat disantap bersama nasi.

2. Scallop with yogurt sauce

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidahilustrasi scallop with yogurt sauce (unsplash.com/Marika Sartori)

Sajian scallop berikutnya diolah dengan cara dipanggang untuk kemudian disajikan bersama saus bercita rasa manis, asam, dan segar. Nantinya kerang dimasak bersama campuran yoghurt dan aneka rempah.

Saus tersebut bisa dijadikan dipping sauce atau dicampur langsung bersama kerang yang telah masak. Dalam menyeimbangkan rasa masakan, jangan lupa untuk memberikan sour cream terhadap campuran yoghurt.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan yang Kamu Dapat dari Kerang Simping atau Scallop

3. Scallop avocado sauce

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidahilustrasi scallop avocado (delicious.com.au)

Alpukat menjadi salah satu buah kaya lemak yang senantiasa dijadikan pendamping bagi banyak olahan enak, salah satunya adalah scallop.

Dikarenakan ia memiliki rasa cenderung gurih, alpukat cocok sekali bila diolah menjadi saus, lho. Tentu proses pembuatan tersebut bisa diolah dengan cara melumatkan daging buah sampai lunak dan lembut.

Kemudian, masukkan sedikit tambahan rempah dan perasa untuk disajikan bersama kerang.

4. Creamy garlic scallop

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidahilustrasi creamy garlic scallop (unsplash.com/MadMax Chef)

Bagi kamu penggemar suatu hidangan dengan campuran saus kental yang gurih dan berbau rempah agak tajam. Creamy garlic scallop ini bisa dijadikan inspirasi dalam memasak hidangan laut.

Saus tersebut diproses dari bahan-bahan yang terdiri dari bawang putih, heavy cream, dan beberapa tambahan penyedap, serta rempah-rempah yang dimasak bersama dengan kerang tanpa cangkang.

5. Scallop citrus ginger sauce

5 Referensi Hidangan Scallop dengan Beragam Saus Memanjakan Lidahilustrasi scallop ginger sauce (unsplash.com/Lana Mattice)

Scallop citrus ginger sauce ini cocok disajikan bagi kamu yang gemar akan makanan bercita rasa gurih, segar, dan pastinya menghangatkan.

Hal tersebut dikarenakan oleh campuran saus yang diolah dari parutan jahe bersama perasaan lemon dan air jeruk.

Selain itu, kamu pun dapat menambahkan perasa dan rempah-rempah lain untuk mendulang aroma masakan menjadi tambah kaya yang menggugah selera.

Nah, itu dia kelima olahan scallop alias kerang simping dengan bermacam-macam saus, mulai dari yang gurih, pedas, hingga asam segar. Selain enak, tentu kerang ini memiliki manfaat baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Resep Scallop with Peas Puree ala Yummy, Seenak di Resto Mahal

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya