Comscore Tracker

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Ini

Coba jadikan stroberi sebagai sorbet, yuk!

Stroberi menjadi buah favorit yang dapat disajikan tanpa diolah ataupun dihidangkan sebagai penambah rasa sebuah makanan. Sifatnya yang mudah lembek membuat stroberi tidak bisa lama-lama dalam kondisi terbuka. Sehingga ia akan menjadi sangat matang dan mengganggu tekstur aslinya.

Jika sudah begini biasanya stroberi rentan terbuang karena dianggap tidak lagi bisa diolah, namun sebenarnya kamu masih bisa memanfaatkan stroberi yang terlampau matang untuk lima kudapan berikut ini.

1. Perasa alami campuran kue

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Initasteofhome.com

Dalam urusan baking, perasa menjadi salah satu komponen yang menentukan citarasa sebuah kudapan. Apalagi jika makanan tersebut dengan sengaja dihidangkan untuk memenuhi permintaan tertentu, sudah pasti seorang pembuat akan mencari teknik terbaik agar hidangan mereka dapat diterima.

Kalau kamu mempunyai stok buah stroberi yang banyak dalam kondisi terlalu matang, maka kamu dapat membuat buah-buah tersebut menjadi perasa alami. Beberapa contohnya adalah untuk pembuatan kue bolu atau biskuit.

2. Selai homemade

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Inidelish.com

Buah yang terlalu matang biasanya memiliki tekstur yang rapuh dan cenderung lembek jika ia adalah tipikal buah yang mengandung air cukup banyak. Oleh sebab itu, terkadang jika disimpan terlalu lama, buah akan berair dan meninggalkan noda dimana-mana.

Untuk itu, cara paling cepat mengolah buah yang terlalu matang seperti stroberi dapat dilakukan dengan cara mengubahnya menjadi selai. Selain lebih ekonomis, kamu bisa menakar sendiri apa saja yang akan ditambahkan ke dalamnya.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Stroberi biar Tetap Segar dan Tahan Lama

3. Stroberi cokelat

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Iniwalmart.com

Salah satu camilan terkenal dari stroberi yang mendunia adalah menjadikan buah tersebut sebagai bahan yang dicocol dengan cokelat cair. Rasa masam dan manisnya cokelat cocok disajikan sebagai kudapan untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk menghindari buah yang melunak saat dicocol ke dalam cairan cokelat ada baiknya kamu bekukan atau tusuk terlebih dahulu buah tersebut agar bentuknya tidak mudah berubah.

4. Sorbet stroberi

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Iniaheadofthyme.com

Sorbet merupakan bagian dari kudapan jenis es yang biasa disandingkan bersama es krim dan gelato. Perbedaan paling mencolok dari sorbet ialah dari tekstur dan rasa. Ia memiliki rasa yang sangat tajam, karena hampir kebanyakan komponen dibentuk dari buah.

Bila kamu tipikal orang yang senang dengan sajian segar dan dingin, maka kamu dapat menggunakan buah stroberi matang tersebut untuk diolah menjadi sorbet.

5. Campuran agar-agar atau pudding

Stroberi Terlalu Matang Jangan Dibuang, Olah Jadi 5 Sajian Cantik Inirecipes.sainsburys.co.uk
Agar buah stroberi yang terlampau matang tidak terbuang percuma, kamu juga bisa menambahkan buah berwarna merah ini ke dalam adonan agar-agar atau pudding yang sedang dibuat.
 
Buah dapat dijus terlebih dahulu untuk mempertajam rasa stroberi atau dijadikan hiasan dengan cara dipotong dua atau diiris tipis. Selain membuat pudding atau agar-agar semakin kaya rasa, cara ini juga bisa menambah keindahan pada makanan yang dibuat.
 
Itulah kelima kudapan yang bisa diolah dari stroberi terlalu matang. Kalau kamu sendiri lebih suka tipe stroberi yang dijadikan sebagai tambahan makanan apa?

 

Baca Juga: Resep Pancake Souffle Stroberi ala Jepang yang Fluffy, Bikin Kenyang! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya