Comscore Tracker

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!

Pencinta makanan manis harus coba beberapa kreasi terbaiknya

Dump cake merupakan salah satu kreasi makanan penutup yang memiliki penampilan hampir mirip dengan cobbler. Penamaan kudapan ini merujuk pada kata dump, yaitu bahan-bahan dicampur sekenanya.

Selain itu, dump cake pun sering kali meminjam ragam olahan populer untuk dikreasikan sedemikian rupa. Kemudian bagian topping-nya akan dilengkapi memakai adonan kue, hingga rasanya jadi unik.

Yuk, cari tahu ragam kreasi dari dump cake ini, seperti lima santapan berikut.

1. Gingerbread dump cake

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!ilustrasi gingerbread dump cake (pixabay.com/Roundhere44)

Gingerbread merupakan salah satu kudapan populer berupa kue hangat mengandung jahe. Makanan ini menjadi idola karena perpaduan rasa manis dan hangat khas rempah yang membuat siapapun sulit berhenti makan.

Karena kepopulerannya tersebut, gingerbread bisa dijadikan dump cake dengan mempersiapkan susu evaporasi, applesauce, telur, dan gula. Sedangkan topping diolah dari adonan kue siap pakai yang dibentuk serupa crumble.

2. Pumpkin pie dump cake

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!ilustrasi pumpkin pie dump cake (pixabay.com/congerdesign)

Pumpkin pie alias pai labu adalah makanan selanjutnya yang juga turut menjadi sorotan di dunia kuliner. Biasanya, santapan akan dengan mudah ditemui jelang perayaan tertentu, mulai dari halloween atau tahun baru.

Berbeda dengan pai biasa, kreasi dump cake ini cenderung tidak menggunakan pastri. Melainkan langsung disisipi bubur labu, susu evaporasi, telur, gula cokelat, dan rempah-rempah. Lalu buat topping memakai yellow cake mix instan dan mentega.  

3. Black forest dump cake

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!ilustrasi black forest dump cake (unsplash.com/montatip lilitsanong)

Black forest menjadi kue berikutnya yang berhasil diadaptasi menjadi dump cake. Kudapan klasik berbahan dasar bolu cokelat ini memang sudah diidolakan sejak dulu, apalagi terdapat penggunaan selai ceri yang bikin sajian tambah manis.

Di samping hal tersebut, dump cake juga dimasak menggunakan cherry pie filling siap pakai dan kemudian ceri hitam segar. Lalu tutup adonan memakai crumble dari chocolate cake mix yang dicampur mentega, serta kacang-kacangan.

4. Strawberry cheesecake dump cake

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!ilustrasi strawberry cheesecake dump cake (unsplash.com/Louis Hansel)

Ketika proses pembuatan cheesecake, biasanya lapisan yang diterapkan akan dimulai dari dasar kue yang paling kasar dulu, kemudian naik tingkat ke dalam adonan cream cheese yang lembut, sebelum disempurnakan memakai aneka topping.

Sebaliknya, dalam kreasi dump cake susunannya diubah. Isian dasar yang digunakan adalah percampuran dari strawberry pie filling dan cream cheese. Sedangkan topping-nya merupakan perpaduan butter dan cake mix.

5. Banoffee dump cake

5 Sajian Dump Cake dari Olahan Kue Terkenal, Unik Banget!ilustrasi banoffee dump cake (pixabay.com/congerdesign)

Banoffee adalah perpaduan makanan yang terbuat dari gabungan antara pisang dan saus karamel. Hidangan ini sangat populer dan cocok dijadikan pencuci mulut yang memiliki tekstur lembut dan lumer di mulut.

Pada olahan banoffee dump cake, lapisan pertama akan diisi memakai biskuit rasa jahe. Lalu buat isian utamanya dari susu kental, cokelat, pisang, hingga karamel. Selanjutnya berikan topping hasil perpaduan cake mix.

Dump cake begitu terasa unik dan berbeda dari kebanyakan kudapan tersaji. Terlebih karena ada penggunaan topping dari macam-macam adonan kue yang membuatnya terasa lebih maksimal ketika dicicipi. Sudah coba yang mana saja?

Baca Juga: 5 Kreasi Cake Mayones untuk Ide Bikin Kue yang Unik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya