Comscore Tracker

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumah

Belimbing dan kiwi juga bisa dijadikan permen lho!

Tanghulu merupakan sajian yang sangat populer dari streetfood di Tiongkok. Ini adalah permen buah di mana ia disajikan dengan cara ditusuk menyerupai sate menggunakan tusukan bambu serta dibaluri dengan lelehan gula.

Nah, untuk membuat lelehan gula kamu hanya perlu memasak gula pasir dan air secara bersamaan sehingga ia bisa mencair dengan baik. Setelah larut, barulah potongan buah itu disiram agar bisa mengkristal dan siap dimakan.

Apabila kamu ingin mencoba membuat tanghulu untuk stok camilan di rumah, ada enam buah yang paling cocok dijadikan tanghulu. Ini dia contohnya.

1. Kiwi

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahpexels.com/Anthony

Buah kaya vitamin yang masuk ke dalam katagori buah tinggi manfaat ini memang cukup sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sebuah hidangan. Nah, kali ini kiwi tidak akan masuk ke dalam sop buah atau salad, melainkan dijadikan permen.

Untuk membuat permen buah dari kiwi, ada baiknya kamu mengupas bagian luar kulit lalu potong-potong kiwi menjadi lingkaran dengan ketebalan yang pas. Hal ini dilakukan supaya keseluruhan potongan buah terkena saus gula sehingga memudahkan kamu dan keluarga ketika hendak memakannya.

2. Belimbing

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahsuwanneerose.com

Belimbing adalah buah-buahan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Bentuk buah ini unik dengan rasa asam manis yang khas. Biasanya belimbing sering dijadikan obat karena kekayaan manfaat yang terkandung di dalamnya. Namun jika kamu bosan memakan belimbing dengan cara yang biasa, maka kamu bisa mengolahnya menjadi tanghulu.

Sama seperti kiwi, sebelum kamu menusuk buah belimbing maka ada baiknya buah dipotong-potong terlebih dahulu. Karena bentuknya yang sudah cantik, jadi potong belimbing menyerupai bintang agar semakin eyecathcy ketika disajikan ya.

3. Stroberi 

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahfoodisafourletterword.com

Buah berwarna merah yang satu ini memang tidak diragukan lagi manfaat dan kandungan vitamin yang ada di dalamnya, maka tidak heran apabila stroberi masih menjadi buah favorit di tengah keluarga Indonesia. Selain dikonsumsi tanpa olahan lebih lanjut, stroberi juga kerap kali dijadikan perasa alami untuk hidangan-hidangan terkenal seperti kue, es krim, sampai agar-agar.

Namun demikian ia tetap bisa diolah menjadi banyak hal, salah satunya adalah permen buah. Sensasi rasa asam manis yang terkandung membuat stroberi cocok dijadikan tanghulu dan dinikmati di tengah panas terik.

Untuk mengolah buah ini, kamu hanya perlu menyingkirkan dedaunan dan batang yang masih berada di antara daging buah.

Baca Juga: Dari Kuis Ini, Kami Tahu Chinese Food Kesukaanmu Lho?

4. Blueberry

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahindiamart.com

Miliki antioksidan yang cukup tinggi membuat blueberry banyak disarankan untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh manusia, maka tidak heran apabila buah berwarna biru gelap ini mempunyai harga yang lebih tinggi di pasaran.

Blueberry sangat cocok disandingkan dengan beragam olahan. Beberapa makanan terkenal yang mencapurkan blueberry ke dalam adonannya ialah muffin dan cheesecake. Nah, jika kamu ingin mengolah blueberry menjadi sesuatu yang lebih mudah, maka kamu dapat menggunakan buah satu ini sebagai tanghulu.

Blueberry tidak perlu melewati prosesi pemotongan. Sebab kamu cukup menaruhnya di tusuk satai secara beruntun sehingga bentuknya akan menyerupai sate yang biasa kita lihat.

5. Ceri

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahsafaus.org

Buah cantik ini memiliki dua warna utama yang sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia, yakni merah dan hijau. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang tidak sedikit sehingga seringkali dikonsumsi atas alasan kesehatan.

Kalau kamu memiliki stok ceri di rumah dan bingung ingin dibuat apa, maka tidak ada salahnya untuk dijadikan permen lho! Jangan lupa buang batang yang ada pada buah ceri sebelum ditusuk menggunakan tusukan sate.

6. Nanas

6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumahthespruceeats.com

Nanas merupakan buah tropis yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Karakteristik yang unik dengan mahkota yang berada di atas buah membuat nanas menjadi sangat ikonik. Nah, kadang nanas dinikmati sebagai buah potong namun ada juga yang mencampur nanas dengan ragam sayuran untuk dijadikan jus kesehatan.

Kalau kamu ingin membuat nanas menjadi olahan enak namun enggan repot, maka dijadikan tanghulu adalah solusinya. Hanya saja, perlu ditekankan sekali lagi bahwa dalam mengolah nanas jadi permen, kamu harus mengupas kulit dengan benar dan memotongnya menjadi bagian yang tidak terlalu besar agar mudah dimakan, ya!

Nah, itu dia keenam buah-buahan yang paling cocok dihidangkan sebagai tanghulu atau permen buah. Kalau kamu sendiri kira-kira lebih suka buah yang mana?

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Pastry Renyah dan Lezat, Cocok untuk Camilan Santai!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya