Comscore Tracker

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!

Bagel dan donat, kimbap dan sushi, sering dianggap sama lho!

Saat ini ada beragam jenis makanan yang datang dari berbagai penjuru dunia dengan cita rasa yang unik sekaligus enak. Oleh sebabnya, tidak heran jika terkadang kita menemukan ada banyak sekali makanan yang mirip-mirip dari satu hidangan dengan hidangan lain, apalagi melalui bentukan yang ikonik.

Tak hanya itu, kadang kala makanan seperti ini sering dianggap sama padahal jauh berbeda lho! Enam di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Kimbap dan sushi

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!sbs.com.au/kimbap

Kimbap dan sushi merupakan makanan yang sama-sama menggunakan nasi dengan digulung oleh rumput laut atau nori sebagai bahan baku utama. Meski terlihat sama, sebetulnya dua hidangan ini memiliki cukup banyak perbedaan.

Sushi berasal dari negeri Jepang dengan isian yang identik dengan menggunakan beragam ikan mentah, seperti makarel, salmon, atau telur ikan. Nasi yang dipakai pun biasanya akan ditambah cuka dengan pendamping seperti washabi.

Lain halnya dengan kimbap, makanan dari Korea Selatan ini justru memiliki isian yang ditaruh dalam kondisi matang dan tidak harus selalu daging. Ada telur, sayuran, hingga kimchi. Serta nasi yang digunakan pun cenderung lebih banyak menggunakan minyak wijen, bukan cuka.

2. Donat dan bagel

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!hungry-girl.com/bagel

Donat dan bagel merupakan kudapan yang sama-sama berbentuk lingkaran dengan lubang di bagian tengah, keduanya juga bisa disajikan dengan topping atau polos tanpa olesan apapun. Namun demikian, persamaan tersebut tidak lantas membuat keduanya menjadi satu makanan serupa. Sebab keduanya jelas memiliki beberapa perbedaaan.

Salah satu perbedaan yang mencolok nampak dari bagaimana keduanya dimatangkan. Donat diolah dengan cara digoreng setelah terlebih dahulu didiamkan agar mengembang, sementara bagel akan melalui dua tahapan sebelum disajikan, yakni dengan direbus terlebih dahulu, sebelum kemudian masuk ke dalam panggangan.

Keduanya juga mempunyai perbedaan mencolok dari segi ukuran. Selain itu bagel lebih condong fleksibel dalam penyajiannya, sebab ia bisa diisi dengan topping manis atau asin sesuai selera.

3. Asinan dan manisan

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!dapurkobe.co.id/asinan-bogor

Dua hidangan ini masuk dalam katagori oleh-oleh terkenal di Indonesia. Meski dari namanya yang sudah jelas bertolak belakang, namun rupanya masih banyak yang menyamaratakan asinan dan manisan ke dalam satu makanan yang sama.

Padahal, keduanya memiliki karakteristik rasa dan tampilan yang cukup berbeda. Hal itu kemudian dijadikan patokan untuk mengidentifikasi beragam olahan manisan dan asinan.

Dalam segi proses penyajian pun, asinan menggunakan air garam sebagai metode pengolahannya. Sementara itu manisan memakai air gula sebagai cara untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Makan Malam, Ganggu Kesehatan

4. Muffin dan cupcake

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!bbc.co.uk/muffin

Dua hidangan cantik ini sangat sering ditampilkan melalui display toko roti dan kue dimana-mana. Bahkan, jika tidak ada nama yang disematkan di bagian depan setiap kue, kedua kudapan ini bisa saja tertukar karena sering dikira sama.

Menyingkap soal persamaan dalam segi penyajian, ternyata muffin dan cupcake berangkat dari berbagai proses pembuatan yang berbeda. Hal yang paling kentara dibuktikan oleh bagian topping. Cupcake acapkali memiliki hiasan yang meriah, elegan, dan sangat eye-catchy. Sementara muffin biasanya tampil polos dengan bagian atas yang mumbul tak tertutupi kertas roti.

Komposisi bahan pun mempengaruhi tekstur dari kedua kue ini, yang mana cupcake memiliki lebih banyak mentega atau margarin sehingga ia memiliki tingkat kelembutan yang baik, sementara muffin lebih banyak menggunakan tepung sehingga ia memiliki kepadatan yang berbeda dari kembarannya.

5. Kue mangkok dan bolu kukus

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!yummy.co.id/Maulinna Kusumo Wardhani

Keberadaannya yang sering hadir menghiasi acara-acara penting di dalam negeri rupanya membuat dua kue ini dianggap sama bahkan kerapkali tidak bisa dibedakan apabila hanya menilik dari bentuk luarnya saja.

Kenyataannya, baik bolu kukus maupun kue mangkok ternyata tidak sama dalam berbagai sisi kecuali tampilan. Bagi yang sudah jelas mengenal kue mangkok dan bolu kukus, pasti sudah tahu letak perbedaan keduanya, terutama dari segi permukaan antar kue tersebut.

Bolu kukus hadir dengan menawarkan tekstur lembut sehingga mudah untuk dimakan, sementara kue mangkuk seringkali memiliki tekstur yang agak berat dengan rasa unik hasil perpaduan dari tepung dengan tape.

6. Pie dan tart

Serupa tapi Beda, 6 Makanan Ternama ini Sering Dijadikan Kembaran!foodnetwork.com/pie

Dua hidangan ini menjadi kembaran yang selalu disamakan karena bentuknya yang hampir mirip dan nyaris tak memiliki beda. Akan tetapi, ternyata keduanya merupakan dua kudapan yang berbeda dengan berbagai komposisi detail yang bertolak belakang.

Pie seringkali disajikan dalam kondisi tertutup oleh pastri, baik di bagian bawah ataupun bagian atas. Sementara untuk tart, ia cenderung memiliki lapisan pastri di bagian bawah saja, sementara atasnya akan dibiarkan terbuka dengan memperlihatkan isiannya.

Nah, itu dia keenam hidangan yang sering disandingkan karena dianggap kembar atau sama, padahal beberapa di antaranya memiliki latar bahan hingga proses pembuatan yang berbeda. Kalau kamu, lebih suka yang mana di antara para 'kembaran' ini?

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Makan Malam, Ganggu Kesehatan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya