Comscore Tracker

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!

Rasanya benar-benar bikin terpikat

Banchan adalah istilah dari Korea Selatan yang berarti side dish atau hidangan pendamping. Karakteristik olahan tersebut terletak pada bahan-bahan yang simpel dan proses masak yang sangat minimalis.

Bahkan beberapa jenis banchan ada yang dibuat menggunakan sayur-mayur, sehingga lebih sehat dan cocok untuk kamu yang gak terbiasa mengonsumsi bahan kaya manfaat tersebut.

Ada sekitar lima kreasi banchan super gampang yang dibuat dari sayur-mayur, seperti berikut ini. Yuk, cari tahu!

1. Sukju-namul

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!ilustrasi olahan sukju-namul (pixabay.com/sonnea)

Sukju-namul adalah penganan yang terbuat dari tauge dan dimasak dengan cepat. Hidangan ini benar-benar cocok untuk mendampingi sesi makan makanan utama, karena bisa bikin kenyang sekaligus mengandung rasa yang super enak.

Cara membuatnya dilakukan dengan merebus tauge memakai sedikit garam kurang lebih satu menit. Setelah diperas airnya, tinggal bumbui menggunakan bawang putih, minyak wijen, garam dan lada, daun bawang, serta taburi memakai wijen biar tambah wangi.

2. Oi muchim

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!ilustrasi olahan oi muchim (pixabay.com/JaimeAP)

Punya mentimun tetapi bosan kalau dibuat jadi lalapan? Yuk, olah bahan tersebut sebagai banchan ala Korea dengan sebutan oi muchim. Penganan ini punya rasa segar disertai sensasi pedas yang memikat, bikin orang yang gak suka sayur tertarik mencicipinya.

Cukup potong-potong mentimun dan marinasi pakai garam kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu campurkan bumbu perasa dari bubuk cabai gochugaru, bawang putih, cuka, gula, daun bawang, minyak wijen, dan taburi juga pakai biji wijen.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Banchan untuk Galbi, Bikin Makan makin Lahap!

3. Gaji namul

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!ilustrasi olahan gaji namul (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Gaji namul merupakan olahan selanjutnya yang dimasak menggunakan terung ungu. Olahan ini terbilang lebih sehat karena dimasak menggunakan prosesi pengukusan, sehingga cocok buat disajikan bersama nasi dan lauk lain.

Proses pengukusan terung ungu perlu memakan waktu sampai tiga menit saja. Setelah itu, potongan terung dapat segera dibumbui menggunakan daun bawang, bawang putih, minyak wijen, kecap asin, cabai bubuk gochugaru, biji wijen, lada, serta gula pasir.

4. Sigeumchi namul

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!ilustrasi olahan sigeumchi namul (pixabay.com/윤세정)

Hidangan satu ini dibuat langsung menggunakan sayur bayam. Kalau biasanya bahan tersebut sering dijadikan makanan berkuah, kini kamu dapat menyajikan sayuran hijau itu sebagai kreasi banchan populer, sigeumchi namul.

Makanan ini dibuat dengan cara merebus bayam selama 30 detik atau satu menit. Kemudian bilas pakai air dingin dan peras airnya. Potong-potong daun bayam lalu bumbui pakai bawang putih, irisan daun bawang, kecap asin, minyak wijen, dan biji wijen.

5. Gamja bokkeum

5 Banchan ala Korea yang Irit Bahan, Bikin Kamu Doyan Sayur!ilustrasi olahan gamja bokkeum (pixabay.com/nadeco70)

Hidangan kelima yang masih termasuk olahan banchan ala Korea Selatan bukan lain adalah gamja bokkeum dari kentang. Penganan ini memiliki rasa gurih dan manis, tetapi sangat pas untuk dijadikan pelengkap bekal makan siang.

Makanan tersebut dibuat dengan cara memotong-motong kentang dan cuci bersih di air mengalir. Tumis bawang putih dan bombai, masukkan kentang, lalu biarkan beberapa saat. Tambahkan air, kecap asin, sirup jagung, gula pasir, dan terakhir adalah minyak wijen.

Banchan adalah hidang pendamping super simpel yang gak memerlukan banyak proses masak. Makanya penganan-penganan yang didominasi oleh bahan baku dari sayuran ini cocok sekali untuk dijadikan inspirasi lauk makan biar semua doyan sayur.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Banchan, Side Dish Korea yang Beragam Jenis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya