Comscore Tracker

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putih

mengatur pola makan yang nggak bikin nyiksa

Manjaga bentuk tubuh atau sedang dalam upaya menurunkan berat badan akan selalu berhubungan dengan menu makanan.

Ada yang meninggalkan jenis-jenis hidangan tertentu dan beralih ke makanan yang cenderung lebih sehat.

Sebagian besar orang yang tengah menjaga bentuk badannya seringkali menyiksa diri dengan menghindari nasi putih, tidak masalah jika kamu sudah terbiasa. Namun yang belum terbiasa, bagaimana?

Teruntuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan dan belum bisa jauh-jauh dari makanan pokok yang satu ini, kamu tetap bisa memakan nasi putih dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Menghitung kebutuhan kalori

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putihunsplash.com/yunmai

Diet bukan cuma perkara memotong jumlah porsi makan dan membiarkan tubuh kelaparan, agar tidak salah saat menjalankan program tersebut, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jumlah kalori harian yang diperlukan.

Ketika kamu sudah mengetahuinya, maka tugas kamu selanjutnya adalah menghitung kalori yang ada di setiap makanan termasuk nasi.

2. Membatasi asupan karbohidrat

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putihunsplash.com/rodediaz

Setelah mengetahui kalori yang kamu butuhkan per hari, kini kamu harus menentukan jumlah karbo yang masuk ke dalam tubuh setiap kali kamu makan. Ingat ya, makanan yang kamu konsumsi tidak boleh semuanya karbo!

Salah satu influencer yang kerap membahas tentang diet, yakni Yulia Baltschun memberikan tips bagaimana kita bisa membatasi karbo yang masuk ke dalam tubuh.

Yaitu dengan menghitung seperti cara berikut:

Jumlah kalori harian x 50% dan dibagi 4.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Shirataki, Bisa Jadi Pengganti Nasi Pas Diet

3. Dikurangi secara perlahan

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putihunsplash.com/joannakosinska

Buat kamu yang terbiasa makan nasi tidak mesti harus benar-benar mengurangi porsi tersebut, sebagai salah satu menyiasatinya, kamu bisa mengurangi sedikit demi sedikit dan tidak perlu sekaligus ekstrem sampai berkurang hingga satu sendok per hari.

4. Memperbanyak asupan protein dalam makanan

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putihunsplash.com/carolineattwood

Seringkali kita menemukan makanan di sebuah piring berisikan nasi, mie instan, dan kentang, tanpa kita sadari bahwa semua makanan tersebut mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Jika kamu masih ingin makan nasi, cobalah untuk mengganti lauk pauknya menjadi sesuatu yang mengandung lebih banyak protein.

Tidak perlu mahal-mahal, telur pun bisa menjadi salah satu alternatif.

5. Atur jam makannya

5 Cara Agar Tetap Turun Berat Badan Meski Makan Nasi Putihunsplash.com/insungyoon

Kamu tetap bisa makan nasi dengan mengatur kapan harus makan makanan tersebut dalam sehari. Semisal jika hari ini kamu ingin makan nasi di siang hari, maka di pagi hari kamu harus memilih makanan lain yang tinggi serat dan protein.

Itulah tips menurunkan berat badan namun tetap mengonsumsi nasi. Bagaimana pun, tubuhmu tetap membutuhkan asupan energi yang cukup sehingga gak masalah kalau tetap makan nasi. Semangat!

Baca Juga: Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Intan Pratiwi Buchr Photo Community Writer Intan Pratiwi Buchr

an amateur fiction-writer | an article enthusiast | and also a potterhead.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You