Comscore Tracker

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasa

Selain geprek,  ada jugatelur asam manis #LokalIDN

Telur ceplok atau telur mata sapi adalah sebutan bagi olahan telur yang dimasak dengan cara digoreng secara langsung. Hidangan ini menjadi sajian praktis untuk menu makan di segala situasi, mulai dari sarapan sampai makan malam.

Akan tetapi, bila kamu bosan dengan sajian telur ceplok atau telur mata sapi yang sama setiap saat, kamu bisa menyajikan olahan tersebut dengan menggabungkan telur bersama bumbu-bumbu masak khas Nusantara dengan lima contoh sajian berikut ini.

1. Telur ceplok bumbu kecap

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasayummy.co.id/frisna nugroho

Salah satu variasi telur ceplok kesukaan masyarakat Tanah Air ialah telur ceplok bumbu kecap. Olahan ini biasanya dimasak untuk menemani nasi hangat agar tidak terlalu seret saat disantap.

Tidak sulit mengolah hidangan ini. Cukup siapkan irisan cabai, bawang-bawangan, dan kecap manis, masak sebentar agar semua menyatu dan tuang ke dalam goreng telur yang sudah disiapkan sebelumnya. Sajian telur ceplok bumbu kecap pun siap dinikmati.

2. Telur ceplok geprek

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasayummy.co.id/Hana Arnin

Geprek merupakan sebutan bagi sambal yang dimasak dengan siraman minyak panas. Olahan ini biasanya terdiri dari cabai rawit dan bawang-bawangan yang dihaluskan menggunakan cobek.

Biasanya hidangan yang digeprek adalah daging ayam. Namun kali ini kamu bisa juga membuat geprek dengan menggunakan telur ceplok kesukaan. Rasanya sama-sama enak dan menggugah selera, terlebih jika kamu suka dengan makanan pedas.

Baca Juga: Resep Sosis Telur Orak-arik Asam Manis, Inspirasi Lauk Hemat dan Mudah

3. Telur ceplok bumbu kuning

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasayummy.co.id/Ummu Alfard

Bumbu kuning adalah salah satu sajian yang kerap kali dipakai untuk mengolah aneka ragam masakan, mulai dari daging-dagingan, ikan, sampai sayur-mayur sekalipun. Rasa kuah yang gurih sedap dari santan sangat cocok berpadu dengan nasi hangat.

Selain bahan-bahan di atas, siapa sangka, komponen olahan sekelas telur pun cocok diolah menjadi telur ceplok bumbu kuning, khususnya kamu yang ingin menikmati sajian berkuah dengan bahan baku ekonomis.

4. Telur ceplok balado

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasayummy.co.id

Apabila kamu senang dengan makanan pedas namun ingin sesuatu yang mudah dibuat, sesekali bisa menjadikan telur ceplok sebagai bahan baku untuk mengolah makanan dengan cara balado.

Kalau biasanya kanmu memakai telur rebus utuh sebagai komponen utama, sesekali bisa juga mengganti proses pemasakan telur menjadi digoreng supaya lebih praktis dan cocok untuk kamu yang ingin makan enak dengan waktu masak terbatas.

5. Telur ceplok asam manis

5 Cara Sajikan Telur Mata Sapi dengan Bumbu Indonesia yang Kaya Rasayummy.co.id/Dapur Mama Hanum

Bumbu asam manis cocok diaplikasikan ke dalam masakan apabila kamu menginginkan hidangan yang segar namun tetap serasi saat dimakan bersama nasi hangat untuk lauk pauk sehari-hari.

Kalau biasanya asam manis lebih sering dipakai untuk olahan ikan atau seafood, kamu juga bisa menggunakan olahan yang satu ini dalam membuat telur ceplok agar tambah berbumbu. Jangan lupa nikmati sajian tersebut bersama kerupuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat.

Itu dia kelima kreasi mengolah telur ceplok atau telur mata sapi dengan ragam bumbu khas Nusantara yang bikin makan semakin lahap. Kalau kamu sendiri kira-kira sudah pernah memasak telur mata sapi dengan bumbu yang mana saja?

Baca Juga: Resep Oyong Kuah Telur dan Sayur Bening Oyong Bihun, Keduanya Endeus!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya